Sistem Organ

Saturday, January 19th, 2013 - Biologi
Sistem Organ – Beberapa organ di dalam tubuh makhluk hidup multiseluler bekerja sama menjalankan suatu fungsi tertentu membentuk sistem organ. Di dalam tubuh organ–organ akan bekerja sama satu dengan lainnya. Tanpa ada kerjasama dengan organ lain proses dalam tubuh tidak akan terjadi. 

Contoh jantung berfungsi untuk mengedarkan darah, tak dapat berkerja tanpa adanya organ lain seperti pembuluh darah. Begitu juga sebaliknya pembuluh tidak dapat berkerja tanpa adanya jantung.

1. Sistem Organ pada Tubuh Hewan Vertebrata dan Manusia

Sistem Organ

Sistem Organ

  • Sistem pencernaan makanan terdiri dari: organ mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar dan anus.
  • Sistem pernafasan manusia terdiri dari : laring, tenggorokan, dan paru-paru.
  • Sistem peredaran darah manusia terdiri dari: jantung, pembuluh darah dan pembuluh getah bening.
  • Sistem pengeluaran terdiri dari : ginjal, kulit, paru-paru, dan hati.
  • Sistem hormon terdiri dari anak ginjal, hifofisis, dan adrenal.

Makhluk hidup multiseluler tingkat tinggi memiliki beberapa sistem organ yang saling berkaitan untuk mendukung kehidupan makhluk hidup tersebut. Jika salah satu sistem mengalami gangguan, tentu akan mempengaruhi sistem organ yang lain.

Misalnya jika mengalami sakit gigi, saraf-saraf yang ada di gusi akan mempengaruhi saraf di kepala, sehingga rasa sakit tidak hanya di gigi saja. Proses pencernaan juga akan terganggu karena makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat dikunyah dengan baik. Karena gigi dan kepala terasa sakit, nafsu makanpun menjadi berkurang sehingga mengganggu kerja lambung dan organ pencernaan lain.

2. Sistem organ pada Tumbuhan

Seperti halnya pada hewan tingkat tinggi dan manusia, tumbuhan tingkat tinggi juga memiliki sistem organ. Organ utama tersebut meliputi daun, batang, dan akar. Ketiga organ tersebut bekerja sama membentuk sistem organ untuk melakukan fungsi/proses tertentu, misalnya proses fotosintesis. Poses fotosintesis yang berlangsung di daun tumbuhan bertujuan untuk menghasilkan cadangan makanan yang disimpan di akar, batang, daun, atau disimpan dalam bentuk buah.

Demikian penjelasan mengenai Sistem Organ, Baca juga materi biologi tentang Sel.

Sistem Organ | Wawang Armansyah | 4.5