Gen sebagai Substansi Hereditas

Saturday, March 2nd, 2013 - Biologi, Pendidikan

Gen sebagai Substansi Hereditas – Di dalam setiap sel terdapat faktor pembawaan sifat keturunan (materi genetis), misalnya pada sel tulang, sel darah, dan sel gamet. Substansi genetis tersebut terdapat di dalam inti sel (nukleus), yaitu pada kromosom yang mengandung gen. Gen merupakan substansi hereditas yang terdiri atas senyawa kimia tertentu, yang menentukan sifat individu. Gen mempunyai peranan penting dalam mengatur pertumbuhan sifat-sifat keturunan. Misalnya pertumbuhan bentuk dan warna rambut, susunan darah, kulit, dan sebagainya.

Gen sebagai Substansi Hereditas

Gen sebagai Substansi Hereditas

Gen sebagai Substansi Hereditas

Morgan, seorang ahli genetika dari Amerika menemukan bahwa faktor-faktor keturunan yang dinamakan gen tersimpan di dalam lokus yang khas di dalam kromosom. Gen-gen terletak pada kromosom secara teratur dalam satu deretan secara linier dan lurus berurutan. Dengan menggunakan simbol, kromosom dapat digambarkan sebagai garis panjang vertikal dan gen-gen sebagai garis pendek horizontal pada garis vertikal tersebut. Karena letak gen yang linier dan lurus berurutan, maka secara simbolik dapat dilukiskan pula garis-garis pendek horizontal (gen-gen) tersebut berderetan.

Dari sekian banyak gen yang berderet secara teratur pada benang-benang kromosom, masing-masing gen mempunyai tugas khas dan waktu beraksi yang khas pula. Ada gen yang menunjukkan aktivitasnya saat embrio, lainnya pada waktu kanak-kanak ataupun gen lainnya lagi setelah spesies menjadi dewasa. Mungkin juga suatu gen aktif pada suatu organ namun tidak aktif pada organ yang lain. Setiap gen menduduki tempat tertentu dalam kromosom yang dinamakan lokus gen.

Gen sebagai substansi hereditas yang menentukan sifat-sifat dari suatu individu biasanya diberi simbol huruf pertama dari suatu sifat. Gen dominan (yang mengalahkan gen lain) dinyatakan dengan huruf besar dan gen resesif (gen yang dikalahkan gen yang lain) dinyatakan dengan huruf kecil. Sebagai contoh, pada tanaman ercis dapat dinyatakan:

  • T = simbol untuk gen yang menentukan batang tinggi.
  • t = simbol untuk gen yang menentukan batang rendah.

Karena tanaman ercis individu yang diploid, maka symbol tanaman itu ditulis dengan huruf dobel.

  • TT= simbol untuk tanaman berbatang tinggi.
  • tt = simbol untuk tanaman berbatang rendah.

Baca juga materi biologi lainnya tentang cara perkembangbiakan generatif dan vegetatif serta tulang manusia.

Kata Kunci:

ciri ciri gen sebagai substansi hereditas kecuali,ciri ciri gen sebagai substanai hereditas,subtansi hereditas pada gen artinya,substansi hereditas,pengertian gen aktif,mengapa gen sebagai subtansi ereditas?,jelaskan bahwa gen substansi hereditas,jelaskan bahwa gen merupakan subtansi hereditas,Jelaskan bahwa gen merupakan substansi hereditas!,jelaskan bahwa gen merupakan substansi hereditas
Gen sebagai Substansi Hereditas | Wawang Armansyah | 4.5