Cara Menetapkan Bentuk Penelitian

Monday, September 2nd, 2013 - Biologi
Cara Menetapkan Bentuk Penelitian – Cara menetapkan bentuk penelitian merupakan hal yang pertama yang harus di lakukan sebelum melaksanakan sebuah penelitian. Secara garis besar, penelitian dapat di bedakan dari beberapa aspek bagaimana suatu bentuk penelitian di lihat dan di bedakan.
Cara Menetapkan Bentuk Penelitian

Cara Menetapkan Bentuk Penelitian

Cara Menetapkan Bentuk Penelitian

Beberapa aspek tinjauan tersebut, antara lain, aspek tujuan dan aspek metode.
  • Aspek tujuan

Jika mengarah pada perluasan ilmu, disebut penelitian dasar. Jika mengarah pada pemecahan masalah dan untuk mendapatkan manfaat bagi masyarakat, di sebut penelitian terapan.

  • Aspek metode

Berdasarkan aspek metode, bentuk penelitian di bedakan menjadi sebagai berikut:

1. Penelitian Deskriptif ( Penelitian Praeksperimen)

Dalam penelitian ini, dilakukan eksplorasi untuk menggambarkan suatu objek tertentu secara jelas dan sistematis yang bertujuan untuk memprediksi gejala yang berlaku atas dasar data yang di peroleh di lapangan.

2. Penelitian sejarah

Penelitian sejarah hampir mirip dengan penelitian deskriptif. Hal yang membedakan adalah penelitian sejarah memfokuskan pencarian data dengan metode wawancara pada pelaku sejarah, misalnya, para pemimpin yang terlibat dan tokoh-tokoh masyarakat yang berhubungan dengan suatu peninggalan sejarah.

3. Penelitian survei

Penelitian survei atau penelitian normatif atau penelitian status populasi yang luas dengan tujuan sebagai bentuk awal penelitian, mengembangkan ekplorasi objek, dan melakukan klasifikasi terhadap masalah yang akan di pecahkan.

4. Penelitian ekperimen

Penelitian ini merupakan metode inti dari model peneiltian yang ada. Para peneliti eksperimen melakukan tiga persyaratan penelitian, yaitu mengontrol, memanipulasi, dan observasi. Dalam penelitian ini, peneliti harus membagi objek yang di teliti menjadi dua grup, yaitu grup perlakuan atau yag memperoleh perlakuan dan grup kontrol yang tidak memperoleh perlakuan. Penelitian ini sering di gunakan di bidang IPA, termasuk biologi.

Demikian penjelasan mengenai cara menetapkan bentuk penelitian, semoga bermanafaat.

Baca juga penjelasan tentang Proses, Teknik, dan Tujuan Kultur Jaringan.

Cara Menetapkan Bentuk Penelitian | Wawang Armansyah | 4.5