Cara Merumuskan Tujuan Penelitian

Wednesday, September 4th, 2013 - Biologi
Cara Merumuskan Tujuan Penelitian – Berikut ini akan dibahas bagaimana cara merumuskan tujuan penelitian. Setiap melakukan penelitian pasti ada tujuan hendak di capai. Namun untuk mencapai tujuan dari sebuha penelitian membutuhkan cara yang tepat dan benar tentunya.
Cara Merumuskan Tujuan Penelitian

Cara Merumuskan Tujuan Penelitian

Cara Merumuskan Tujuan Penelitian

Sebelum melakukan perumusan, terlebih dahulu kita ketahui beberapa tujuan penelitian, antara lain, sebagai berikut:

1. Memperoleh informasi baru

Jika fakta atau teori tersebut baru di ungkapkan dan disusun secara sistematis oleh seorang peneliti, dapat dikatakan bahwa data tersebut baru, contohnya, teori relevitas einstein, teori geosentris, dan teori-teori yang di temukan penelitian untuk pertama kalinya.

2. Mengembangkan dan menjelaskan teori yang sudah ada

Ketika para peneliti berusaha memecahkan masalah, perlu di pertimbangkan agar tidak terjadi pengulangan atau penggunaan tenaga yang sia sia. Hal ini dapat di lakukan dengan cara mencari fakta fakta penunjang yang dapat di gali dari sumber-sumber hasil penelitian yang telah di lakukan oleh para peneliti terdahulu, di hubungkan dengan penelitian saat ini, kemudian di lakukan perdalaman terhadap permasalahan yang hendak di pecahkan sehingga akan di peroleh perkembangan wawasan pengetahuan.

Mengidentifikasi dan Merumuskan Masalah

Pertimbangan untuk memilih atau menentukan apakah suatu masalah layak dan sesuai untuk di teliti pada dasarnya di lakukan dari dua arah.

1) Pertimbangan dari arah masalahnya

Dalam hal ini, pertimbangan di buat atas dasar sejauh mana penelitian menganai masalah tersebut akan memberi sumbangan kepada dua hal berikut ini :
  • Pengembangan teori dalam bidang yang berhubungan dengan dasar teori penelitian
  • Pemecahan masalah praktis. Ini berarti bahwa kelayakan suatu masalah untuk diteliti sifat relatif, tidak ada kriteria, dan keputusan tergantung kepada ketajaman calon penelitian untuk melakukan evaluasi secara kritis, menyeluruh, dan menjangkau ke depan.

2) Pertimbangan dari arah calon peneliti

Pertimbangan kelayakan sebuah masalah dalam penelitian yang di dasarkan pada arah calon peneliti di buat atas dasar empat hal, yaitu sebagai berikut.
  • Biaya yang cukup untuk melakukan penelitian
  • Waktu yang dapat di gunakan. Seorang siswa yang waktunya terbatas sebaiknya tidak melakukan penelitian yang memerlukan waktu bertahun-tahun
  • Bekal kemampuan teoritis. Mampukah peneliti melakukan penelitian tersebut? Misalnya, penelitian tentang mahluk hidup yang di beri perlakuan radioaktif. Jika peneliti belum pernah belajar radioaktif, tentu akan sulit mengerjakan penelitian tersebut.
  • Alat-alat dan perlengkapan yang tersedia. Seorang siswa yang tidak memiliki peralatan laboratorium yang memadai sebaiknya tidak melakukan penelitian yang memerlukan alat dan perlengkapan yang rumit dan tidak terjangkau.

Jadi setiap calon peneliti perlu menanyakan kepada diri sendiri, “apakaha masalah yang hendak di teliti sesuai baginya?” jika tidak, sebaiknya di pilih masalah lain atau masalah itu di modifikasi sehingga menjadi sesuai baginya.

Baca juga materi biologi tentang cara menetapkan bentuk panelitian.

Kata Kunci:

cara merumuskan tujuan penelitian,merumuskan tujuan penelitian,cara merumuskan tujuan,cara merumuskan tujuan pene,hal yang di pertimbangkan peneliti untuk menetapkan tujuan penelitian,jelaskan bagaimana cara merumuskan tujuan penelitian,jelaskan cara utk merumuskan tujuan penelitian,merumuskan tujuan penelitian simultan,pengertian merumuskan tujuan penelitian
Cara Merumuskan Tujuan Penelitian | Wawang Armansyah | 4.5