Fungsi Membran Sel

Sunday, September 8th, 2013 - Biologi, Biologi SMA Kelas 11

Biologi Kelas 11 SMA: Fungsi Membran Sel

by Wawang Armansyah

Fungsi membran sel sangat berperan dalam membantu setiap fungsi kerja yang dilakukan oleh bagian sel yang lain. Satu sel dibatasi oleh lapisan tipis yang disebut membran sel (plasmalema). Membran sel tersusun atas molekul~molekul protein, lapisan senyawa lemak (fosfolipid), air, karbohidrat, dan sedikit kolestrol. Setiap lapisan senyawa lemak, tersusun gugus lipid dan dan fosfat.

Fungsi Membran Sel

Fungsi Membran Sel

Gugus lipid dari fosfolipid bersifat tidak suka air (hidrofobik), sedangkan gugus fosfat suka air (hidrofilik). Gugus lipid sering disebut ekor dan gugus fosfat disebut kepala. Setiap fosfolipid akan saling berpasangan sehingga membentuk dua lapisan (bilayer) fosfolipid yang saling berlawanan.

Molekul~molekul protein dari membran sel terbagi menjadi dua, yaitu protein Integral (instrinsik) dan protein perifer (ekstrinsik). Protein integlar merupakan protein yang  terletak menembus lapisan lipid, sedangkan protein perifer  hanya menempel di permukaan fosfolipid tersebut. Struktur membran sel ini dikemukakan menjadi teori mosaik cair (fluid mosaic model) oleh dua orang ilmuan, yaitu  Jonathan Singer dan Garth Nicolson.

Fungsi Membran Sel

Untuk fungsi dari membran sel baik bagi tumbuhan maupun hewan, sebenarnya secara umum memiliki fungsi yang sama. Dengan struktur yang demikian kompleks, fungsi membran sel diantaranya sebagai berikut:

1. Transportasi molekul dan ion dalam sel

Membran sel merupakan selaput terluar dari sel yang memiliki fungsi yang spesifik tergantung pada jenis komponen utama penyusunnya, yaitu fosfolipid serta protein. Membran sel mampu bertindak sebagai barier semipermeabel. Hal tersebut nantinya akan memungkinkan terjadinya transportasi molekul-molekul yang berukuran kecil atau ion-ion keluar masuk dalam sel.

2. Sebagai pelindung dan reseptor

Membran sel mampu melindungi serta mengatur keluar masuknya molekul atau ion dari dan ke luar sel melalui beberapa metode, seperti :

  • Difusi – merupakan pergerakan molekul yang memiliki konsentrasi tinggi ke konsentrasi yang lebih rendah.
  • Osmosis – yaitu pergerakan air dari konsentrasi tinggi (banyak air) ke konsentrasi yang lebih rendah (sedikit air)
  • Difusi berfasilitas – yaitu terjadinya perpindahan zat yang menggunakan protein pembawa tanpa memerlukan energi
  • Transport aktif – yaitu terjadinya pergerakan molekul melalui membran yang membutuhkan bantuan energi.

3. Sebagai selektor

Membran sel memiliki sifat selektif permeable dimana ia memiliki kemampuan untuk menyeleksi berbagai jenis ion, molekul, serta senyawa lainnya yang melewati membran sel.

4. Sebagai pembatas

Membran sel merupakan bagian yang mambatasi antara isi sel dengan bagian-bagian di sekitarnya. Selain itu, membran sel juga membatasi terjadinya pergerakan molekul yang dapat terlarut dalam air melalui membran. Membran sel merupakan rintangan selektif dimana terdapat aliran oksigent, nutrien, serta limbah yang cukup guna melayani seluruh sel.

5. Berperan dalan sintesis berbagai zat dalam tubuh

Peran lain dari membran sel yakni sangat membantu dalam sintesis ATP, pensinyalan sel, serta Adhesi sel.

Demikian penjelasan mengenai fungsi membran sel, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Baca juga meteri biologi tentang sifat kimia protoplasma.

Fungsi Membran Sel | Wawang Armansyah | 4.5