Sel Manusia

Sunday, September 15th, 2013 - Biologi, Biologi SMA Kelas 11

Biologi Kelas XI : Sel Manusia

By Wawang Armansyah

Sel manusia adalah satu unit dasar dari tubuh manusia dimana setiap organ merupakan gregasi/ penyatuan dari berbagai macam sel yang dipersatukan satu sama lain oleh sokongan struktur-struktur interselluler. Setiap jenis sel manusia dikhususkan untuk melakukan suatu fungsi tertentu. Misalnya sel manusia yaitu sel darah merah yang jumlahnya 25 triliun berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan. Disamping sel darah merah pada sel manusia, masih terdapat sekitar 75 triliun sel lain yang menyusun tubuh manusia, sehingga jumlah sel manusia sekitar 100 triliun sel.

Sel Manusia

Sel Manusia

Lihat juga:

Sel Manusia

Walaupun banyak sel yang berbeda satu sama lainnya, tetapi umumnya seluruh sel manusia mempunyai sifar-sifat dasar yang mirip satu sama lain, misalnya :

  1. Oksigen akan terikat pada karbohidrat, lemak atau protein pada setiap sel untuk melepaskan energi.
  2. Mekanisme umum merubah makanan menjadi energi.
  3. Setiap sel manusia melepaskan hasil akhir reaksinya ke cairan disekitarnya.
  4. Hampir semua sel manusia mempunyai kemampuan mengadakan reproduksi dan jika sel tertentu mengalami kerusakan maka sel sejenis yang lain akan beregenerasi.

Secara umum sel-sel yang menyusun tubuh manusia mempunyai struktur dasar yang terdiri dari membran sel, protoplasma dan inti sel (nukleus). Ketiganya mempunyai komposisi kimia yang terdiri dari air, elektrolit, protein, lemak dan karbohidrat.

Bagian-bagian sel manusia, yaitu:

Protoplasma,  bagian sel manusia yang terdiri atas sebuah badan yang terletak di tengah, yaitu inti atau nukleus, dan sitoplasma atau sisa protoplasma, yang memiliki nukleus.

Sitoplasma, bagian sel manusia terdiri atas beberapa unsur penting seperti berikut:

  1. Mitokondria, yang berupa tongkat-tongkat kecil yang erat berhubungan dengan proses katabolik atau pernapasan badan sel.
  2. Alat Golgi, seperti saluran yang terletak dekat nukleus, dan terlibat dalam kegiatan pengeluaran sekret dari sel manusia.
  3. Sitoplasma dasar, bahan koloid yang sangat kompleks dimana semua struktur lainnya terendam, terutama bertugas dalam kegiatan anabolik atau sintetik dari sel manusia.
  4. Sentrosom, sebagian kecil sitoplasma yang padat, terletak dekat dengan nukleus. Mempunyai peran penting dalam pemecahan sel manusia.
  5. Membran sel, kulit sel bukanlah selaput yang mati. Banyak fungsi penting yang berhubungan dengannya, tetapi khususnya ia bekerja sebagai saringan selektif yang mengizinkan beberapa behan tertentu masuk sel atau menghindarkan bahan lain masuk. Dengan demikian, ia merupakan bagian penting untuk mempertahankan komposisi (susunan) kimia yang tepat dari protoplasma.

Nukleus, terdiri atas massa protoplasma yang lebih kompak (padat), terpisah dari sitoplasma oleh membran nukleus, yang juga bersifat penyaring selektif, yang mengizinkan bahan keluar dari nukleus masuk sitoplasma, atau yang masuk ke dalamnya. Nukleus mengendalikan sel manusia serta semua kegiatannya. Tanpa nukleus sel manusia akan mati.

Baca juga materi biologi tentang biologi sel.

Sel Manusia | Wawang Armansyah | 4.5