Jaringan Ikat

Friday, October 11th, 2013 - Biologi, Biologi SMA Kelas 11

Biologi Kelas XI : Jaringan Ikat

By Wawang Armansyah

Jaringan ikat merupakan jaringan pada hewan dan manusia yang menghubungkan antara jaringan yang satu dengan jaringan yang lain. Jaringan ikat terdiri atas serabut sebagai substansi dasar, sel-sel dan beberapa cairan ekstraselular (disebut matriks).

Jaringan Ikat

Jaringan Ikat

Fungsi jaringan ikat antara lain;

  1. Mengikat atau mempersatukan jaringan-jaringan menjadi organ dan berbagai organ menjadi sistem organ.
  2. Menjadi selubung atau melindungi jaringan atau organ tubuh.
  3. Melekatkan suatu jaringan ke jaringan lain.
  4. Membungkus organ.
  5. Mengisi rongga di antar organ.
  6. Mengangkut zat oksigen dan makanan kejaringan lain.
  7. Mengangkut sisa-sisa metabolisme ke alat pengeluaran.
  8. Menghasilkan kekebalan.

Berdasarkan struktur dan fungsinya jaringan ikat dibedakan menjadi :

a. Jaringan ikat longgar

Memiliki ciri sel-selnya jarang dan sebagian tersusun atas matriks yang mengandung serabut kolagen elastic. Terdapat di sebagian besar tubuh terutama sekitar organ, pembungkus pembuluh darah dan saraf. Termasuk jaringan ini adalah, fibroblast, sel plasma, makrofag dan berbagai sel darah putih.

b. Jaringan ikat padat

Sering disebut jaringan pengikat serabut putih karena terbuat dari serabut kolagen yang berwarna putih. Jaringan ini bersifat fleksibel tetapi tidak elastik. Fungsi jaringan ini adalah menghbungkan berbagai organ tubuh seperti otot dengan tulang dan tulang dengan tulang. Terdapat pada selaput urat, selaput pembungkus otot atau fasia, ligament dan tendon. Fasia adalah jaringan pengikat berbentuk lembaran yang menyelimuti otot. Ligamen adalah jaringan pengikat berbentuk seperti tali yang berperan sebagai penghubung antar tulang.Jaringan ikat dapat dikelompokkan menjadi jaringan ikat biasa, jaringan ikat khusus, jaringan ikat penyokong, dan jaringan ikat penghubung.

1. Jaringan ikat biasa

Jaringan ikat biasa dibedakan menjadi jaringan ikat padat dan jaringan ikat longgar. Jaringan ikat padat misalnya jaringan pada tendon otot. Tendon otot adalah ujung berkas otot yang melekat pada tulang. Jaringan ikat longgar merupakan jaringan pengisi ruangan di antara organ-organ.

2. Jaringan ikat khusus

Jaringan ikat khusus mempunyai fungsi khusus, misalnya menyimpan energi dalam bentuk lemak, menahan goncangan, dan membentuk darah. Contoh jaringan ikat khusus adalah jaringan lemak yang ada di bawah kulit.

3. Jaringan ikat penyokong

Jaringan ikat penyokong terdiri dari jaringan tulang rawan dan jaringan tulang sejati. Jaringan tulang sejati juga berfungsi untuk menghasilkan sel darah merah (eritrosit).

4. Jaringan ikat penghubung

Jaringan ikat penghubung terdiri atas darah dan limfa. Jaringan darah terdiri atas plasma darah dan butiran darah. Butiran darah terdiri dari sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan keeping darah (trombosit). Jaringan darah berfungsi mengangkut oksigen, karbondioksida, sari makanan, zat-zat sisa, dan hormon. Jaringan limfa terdiri dari cairan limfa yang beredar pada pembuluh limfa. Cairan limfa berfungsi untuk mengangkut lemak.

Demikian penjelasan tentang jaringan ikat, semoga bermanfaat. Baca juga penjelasan materi biologi tentang jaringan pada tumbuhan dan pengertian sel.

Kata Kunci:

disebut apakah jaringan pengikat berbentuk seperti tali yang berperan sebagai penghubung antartulang,disebut apakah jaringan pengikat berbentuk seperti tali yang berperan sebagai penghubung antar tulang,disebut apakah jaringan pengikat berbentuk seperti tali yang berperan sebagai penghubung antartulang?,di sebut apakah jaringan berbentuk seperti tali yang berperan sebagai penghubung antar tulang?,disebut apa jarungan pengikat berbentuk seperti tali yg berperan sebgai penghubung antar tulang,jaringan ikat antar tulang tali,jaringan ikat berbentuk tali yang menghubungkan antar tulang adalah,jaringan pengikat berbentuk seperti tali yang berperan sebagai penghubung antartulang,jaringan pengikat yang bebentuk seperti tali yang berperan sebagai penghubung antartulang
Jaringan Ikat | Wawang Armansyah | 4.5