Tahap-tahap Perkembangan Anak

Thursday, November 28th, 2013 - Biologi, Pendidikan

Tahap-tahap Perkembangan Anak – Pada tahap perkembangan manusia, seseorang juga harus melalui tahap-tahap perkembangan anak. Tahap-tahap perkembangan anak ini dimulai sejak anak berusia 2 tahun sampai usia 12 tahun. Pada tahap-tahap perkembangan anak di bagi menjadi beberapa tahapan, yaitu tahapan perkembangan kognitif, tahapan perkembangan psikoseksual, dan tahapan perkembangan anak prasekolah.

Tahap-tahap Perkembangan Anak

Tahap-tahap Perkembangan Anak

Tahapan perkembangan kognitif [Tahap-tahap Perkembangan Anak]

Tahapan perkembangan kognitif merupakan tahap-tahap perkembangan anak yang terjadi dalam proses berpikir anak berpusat pada penguasaan symbol-simbol, seperti kata-kata. Pada tahap ini konsep yang stabil dibentuk, penalaran mental muncul, egosentrisme mulai kuat dan kemudian melemah serta keyakinan terhadap hal yang magis terbetuk. Anak masih kesulitan menguasai masalah yang berkaitan dengan konservasi dan perceptual centration.

Pada usia 7-11 tahun tindakan-tindakan mental yang masih harus dilakukan secara konkret. Pada tahap-tahap perkembangan anak diusia ini ini anak sudah mulai menguasai masalah yang berkaitan dengan konservasi dan perceptual centration. Pada usia > 11 tahun, anak sudah mampu berfikir abstrak, analitis dan sebab akibat.

Tahapan Perkembangan Psikoseksual

Tahun-tahun pertama kehidupan pada tahap-tahap perkembangan anak memiliki peranan yang menentukan bagi pembentukan kepribadian individu. Tahapan perkembangan ini ditentukan oleh cara-cara reaksi suatu zona tubuh tertentu. Seperti pada usia 2-3 tahun disebut sebagai fase anal yaitu pengeluaran feses dapat dapat menghilangkan ketidaksenangan dan memberikan rasa lega. Pada usia 3-5 tahun disebut fase phallic yaitu organ kelamin merupakan daerah erogen terpenting.

Kemudian pada usia 5-12 tahun dalam tahap-tahap perkembangan anak disebut sebagai fase latent yaitu impuls-impuls cenderung untuk berada dalam keadaan tertekan sampai muncul kembali hingga dating masa pubertas. Pada usia >12 tahun disebut sebagai fase genital yaitu kepuasan pada masa phallic yang bersifat narsitis, sekarang diarahkan pada obyek di luar dirinya. Pada fase ini fungsi biologis yang pokok adalah reproduksi.

Tahapan Perkembangan Anak Prasekolah

  • Pekembangan jasmani atau fisik

Anak mulai mengembangkan gerakan-gerakan motorik kasar seperti gerakan dalam berjalan, berlari, loncat, dan melempar. Di dalam tahap-tahap perkembangan anak ini, Anak juga mulai mengembangkan keterampilan-keterampilan motorik halus. Dan kemudian anak juga mengembangkan keterampilan motorik kasar dan motorik halus yang berkaitan dengan self help skills.
Tujuan dari perkembangan jasmani atau fisik ini pada tahap-tahap perkembangan anak diantaranya:

  1. Mampu mengontrol gerakan motorik kasar, yaitu gerakan otot-otot besar dalam tubuh, khususnya mengontrol gerakan tangan dan kaki, menjaga keseimbangan dan stabilitas gerakan, seperti lari, meloncat, melempar, dan menangkap.
  2. Mampu mengontrol gerakan motorik halus, yaitu kemampuan untuk menggunakan dan mengkoordinasikan otot-otot halus dalam tangan dan pergelangan tangan dengan terampil.
  • Perkembangan kognitif

Kognitif sering diartikan kecerdasan atau berfikir. Kognitif adalah pengertian yang luas mengenai berfikir dan mengamati. Jadi kognitif pada tahap-tahap perkembangan anak merupakan tingkah laku yang mengakibatkan munculnya pengetahuan. Perkembangan kognitif ditandai dengan mengenalkan anak terhadap konsep, sign dan simbol-simbol.

Tujuan perkembangan kognitif:

  1. Belajar dalam memecahkan masalah, yaitu  dengan menggunakan informasi, sumber-sumber dan materi yang diperoleh.
  2. Berfikir logis dengan mengumpulkan dan menggunakan informasi yang masuk akal dengan cara membandingkan, membedakan, meneglompokkan, meghitung, mengukur dan mengenal pola.
  3. Menampikan dan berfikir secara simbolis dengan menggunakan benda-benda secara unik.
  • Perkembangan bahasa

Dalam perkembangan bahasa yang mengalami perkembangan yaitu cara berbicara, terdapat pertumbuhan bahasa reseptif dan bahasa ekspresif. Terdapat komunikasi diri atau berbicara dalam hati pada usia kanak-kanak dalam tahap-tahap perkembangan anak. Pada perkembangan bahasa ini anak sudah mulai mengembangkan kosa kata, mengucapkan kata dan menyusun kata-kata menjadi kalimat. Tujuan dari perkembangan bahasa anak dapat mendengar dan berbicara, serta membaca dan manulis.

  • Perkembangan emosi dan sosial

Dalam perkembangan emosi dan sosial, anak sudah mulai belajar memahami emosi sendiri, mengungkapkan emosi secara tepat, bersosialisasi, dan mengikuti tahap perkembangan bermain anak.

Demikian penjelasa tentang tahap-tahap perkembangan anak, semoga bermanfaat.

Baca juga penjelasan tentang Organ Dalam Manusia, Pengertian Metabolisme, Substansi Genetika, dan Pengertian Jaringan.

Kata Kunci:

apa istilah dari Perceptual Centration,arti perceptual centration,istilah perceptual centration,jelaskan tahap tahap perkembangan anak pada gerak melempar dan menangkap,perceptual centration perkembangan anak
Tahap-tahap Perkembangan Anak | Wawang Armansyah | 4.5