Alat Reproduksi Manusia (Pria dan Wanita)

Saturday, December 28th, 2013 - Biologi

Alat Reproduksi Manusia Alat reproduksi manusia merupakan penyusun sistem reproduksi manusia. Alat reproduksi manusia dibedakan menjadi alat reproduksi manusia pada pria dan wanita. Alat reproduksi pria menghasilakan sperma dan alat reproduksi wanita menghasilkan ovum (sel telur).

1. Alat Reproduksi Manusia pada Pria

Alat Reproduksi Manusia pada pria dibedakan menjadi dua, yaitu alat reproduksi luar dan alat reproduksi dalam. Alat reproduksi luar berupa penis dan skrotum. Alat reproduksi dalam berupa testis, saluran kelamin, dan kelenjar kelamin.

Alat Reproduksi Pria

Alat Reproduksi Pria

Alat reproduksi manusia pada pria bagian luar :

1. Penis

Penis merupakan alat reproduksi manusia untuk memasukan sperma ke dalam saluran kelamin wanita. Di dalam penis terdapat tiga rongga. Dua rongga bagian atas tersusun atas jaringan spons korpus kavernosa. Satu rongga bawahnya tersusun atas jaringan spons korpus spongiosum. Korpus spongiosum membungkus uretra. Uretra pada penis dikelilingi oleh pembuluh darah dan ujung-ujung saraf perasa.

2. Skrotum (kantong pelir)

Alat reproduksi manusia pada pria bagian luar berikutnya yaitu skrotum merupakan kulit terluar yang melindungi testis. Skrotum berjumlah dua buah, yaitu skrotum kanan dan skrotum kiri. Antara skrotum kanan dan skrotum kiri terdapat jaringan ikat dan otot polos. Adanya otot polos mengakibatkan skrotum dapat mengerut dan mengendur. Dalam skrotum terdapat otot lurik yang berfungsi mengatur suhu di sekitar testis agar selalu stabil (pembentukan sperma memerlukan suhu sedikit di bawah suhu tubuh).

Alat reproduksi manusia pada pria bagian dalam :

1. Testis (Gonad Jantan)

Testis merupakan alat reproduksi manusia untuk memproduksi sperma. Untuk memproduksi sperma diperlukan suhu yang sedikit lebih rendah dari suhu tubuh. Dalam testis terdapat saluran-saluran halus yang disebut saluran penghasil sperma (tubulus seminiferus). Dalam tubulus seminiferus inilah terjadi pembentukan sperma.2. Saluran kelamin
Alat reproduksi manusia berupa saluran kelamin berfungsi menyalurkan sperma dari testis ke luar tubuh. Saluran kelamin meliputi epididimis, vas deferens, saluran ejakulasi, dan uretra.

  • Epididimis merupakan saluran berkelok-kelok dalam skrotum yang keluar dari testis. Epididimis berfungsi sebagai tempat penyimpanan sperma sementara. Sperma yang telah matang disalurkan menuju vas deferens.
  • Vas deferens merupakan saluran yang mengarah ke atas dan merupakan lanjutan dari epididimis. Vas deferens berfungsi sebagai saluran yang dilalui sperma dari epididimis menuju vesikula seminalis (kantong sperma).
  • Saluran ejakulasi merupakan saluran penghubung vesikula seminalis dengan uretra. Fungsi saluran ejakulasi untuk mengeluarkan sperma menuju uretra.
  • Uretra merupakan alat reproduksi manusia terakhir pada wanita. Fungsi uretra sebagai saluran kelamin dari vesikula seminalis dan saluran urine dari kantong kemih.

3. Kelenjar kelamin

Di dalam alat reproduksi manusia pada saluran kelamin, sperma mengalami penambahan cairan-cairan kelamin. Cairan kelamin berguna untuk mempertahankan hidup gerak sperma. Cairan-cairan kelamin dihasilkan oleh vesikula seminalis, kelenjar prostat, dan kelenjar cowper.

  • Vesikula seminalis menghasilakan cairan yang berfungsi sebagi sumber energi dan untuk memudahkan gerakan sperma.
  • Kelenjar prostat menghasilkan cairan yang memberi suasana basa pada cairan sperma. Cairan tersebut mengandung kolesterol, garam, dan fosfolipid.
  • Kelenjar cowper/kelenjar bulbouretra yang menghasilkan cairan yang bersifat basa.

2. Alat Reproduksi Manusia pada Wanita

Alat Reproduksi Manusia pada wanita terdiri atas alat reproduksi luar dan alat reproduksi dalam. alat reproduksi luar berupa vulva dan labium serta alat reproduksi dalam berupa ovarium dan saluran kelamin.

Alat Reproduksi Wanita

Alat Reproduksi Wanita

Alat reproduksi manusia pada wanita bagian luar :

  1. Vulva merupakan celah paling luar dari alat reproduksi manusia pada wanita. Pada bagian dalam vulva terdapat saluran urine dan saluran reproduksi. Pada daerah dekat ujung saluran kelamin terdapat hymen/selaput dara. Hymen mengandung banyak pembuluh darah.
  2. Labium merupakan bagian alat reproduksi manusia yang membatasi Vulva. Ada dua macam labium, yaitu labium mayora (terletak di sebelah luar) dan labium minora (terletak di sebelah dalam). Antara labium mayora dan minora bagian atas terbentuk tonjolan kecil yang disebut klitoris. Pada klitoris terdapat korpus kavernosa yang mengandung banyak pembuluh darah dan ujung saraf perasa.

Alat reproduksi manusia pada wanita bagian dalam :

  1. Vagina merupakan saluran akhir alat reproduksi wanita. Vagina bermuara di vulva. Vagina mengandung banyak lendir yang dihasilkan kelenjar Bartholin. Lender ini berguna pada saat koitus dan mempermudah kelahiran bayi.
  2. Uterus merupakan rongga besar yang merupakan pertemuan oviduk kanan dan kiri. Bagian terbawah uterus menyempit yang disebut serviks (leher rahim). Uterus berfungsi sebagai tempat pertumbuhan dan perkembangan embrio hingga siap lahir. Uterus dibatasi oleh dinding endometrium yang kaya pembuluh dara. Dinding endometrium akan menebal ketika terjadi kehamilan.
  3. Oviduk atau tuba fallopi merupakan alat reproduksi manusia berupa sepasang saluran yang ujungnya berbentuk corong yang disebut infundibulum.
  4. Ovarium merupakan penghasil ovum. Terdapat dua buah ovarium, sebelah kiri dan kanan.

Alat reproduksi manusia pada wanita berfungsi menghasilkan ovum (sel telur). Sel telur terbentuk melalui oogenesis yang terjadi di dalam ovarium.

Demikian penjelasan tentang Alat Reproduksi Manusia, semoga bermanfaat. Lihat juga penjelasan tentang Metabolisme Lipid, dan Pengertian Bioteknologi, terima kasih.

Kata Kunci:

belajar alat reproduksi manusia,pembagian respirasi aerob,alat reproduksi konitas secara berurutan,organ reproduksi pria yang berfungsi mengatur suhu tubuh,organ reproduksi wanita pria bagian luar dan dalam,pada reproduksi terc,pada skrotum yang berfungsi mengatur suhu,pembentukan sel sperma memerlukan suhu sedikit di bawah suhu badan oleh karena itu dalam sistem reproduksi pria terdapat Organ yang berfungsi mengatur suhu di sekitar testis pada,persaman organ reproduksi pria dan wanita,saluran yg berkelok kelok pd alat kelamin pria
Alat Reproduksi Manusia (Pria dan Wanita) | Wawang Armansyah | 4.5