Organ pada Tumbuhan

Tuesday, December 17th, 2013 - Biologi

Organ pada tumbuhan disusun atas beberapa jaringan tumbuhan. Berdasarkan fungsinya, Organ pada Tumbuhan dibedakan menjadi organ sebagai organ hara (orgnna nutritiaum), dan organ reproduksi (organa reproductikum). Alat hara meliputi akar, batang, dan daun, sedangkan organ reproduksi berupa bunga.

Akar (redix) – Organ pada Tumbuhan

Akar merupakan organ pada tumbuhan yang penting karena berperan sebagai alat pencengkeram pada tanah/penguat dan sebagai alat penyerap air. Akar memiliki bagian pelindung berupa tudung akar yang tidak dimiliki oleh organ lain.

Akar

Akar

Fungsi Akar sebagai organ pada tumbuhan yaitu sebagai alat pelekat tumbuhan di tempat hidupnya, menyerap air dan mineral dari dalam tanah, membantu menegakan batang, sebagai alat pernafasan, sebagai tempat penyimpan cadangan makanan, dan sebagai alat berkembang biak.

Struktur akar sebagai organ pada tumbuhan :

  1. Struktur luar terdiri atas rambut akar, tudung akar, (kaliptar) titik tumbuhan dan daerah pemanjang.
  2. Struktur dalam terdiri atas akar sebagai organ pada tumbuhan :
  • Epidermis (kulit luar),  membentuk tonjolan-tonjolan yang disebut bulu akar.
  • Konteks, di sebelah dalam epidermis berbentuk cicin yang berfungsi sebagai tempat cadangan makanan. Pada jenis tumbuhan tertentu banyak yang mengandung lentisel sebagai akar nafas.
  • Endodermis, tersusun atas selapis sel mempunyai bagian seperti pita yang disebut pita kaspari. Endodermis berfungsi mengatur keluar-masuknya bagian dari ke jaringan akar.
  • Silinder pusat (stele), merupakan bagian terdalam dari akar terdiri atas perisikel dan berkas-berkas pembuluh (xilem dan floem).

Pada tumbuhan umumnya dikenal dua macam sistem perakan, yaitu akar tunggang dan akar serabut. Akar tunggang adalah sistem perakaran terjadi bila akar emberio dalam organ pada tumbuhan terus tumbuh menjadi akar utama dan bercabang-cabang menjadi akar kecil. Sedangkan akar serabut adalah sistem perakaran yang akar embrio dalam perkembangannya akan hilang dan kemudian di susul oleh berkembangnya sejumlah akar yang hamper sama besar ukurannya yang berasal dari pangkal batang organ pada tumbuhan.

Beberapa contoh akar sebagai organ pada tumbuhan di tinjau dari penampakannya di atas tanah seperti akar penyangga pada pohon angsana, akar tunjang pada pohon bakau, akar lutut pada pohon tanjang, dan akar tiang pada pohon beringin.

Batang (caulis)

Batang merupakan organ pada tumbuhan yang menjadikan tumbuhan menjadi tinggi dan menjulang. Pada batang, xylem berperang dalam mengangkut zat hara dan air dari dalam tanah menuju ke daun yang nantinya digunakan untuk proses fotosintesis. Dan kemudian floem mengangkut hasil fotosintesis yaitu glukosa menuju ke seluruh organ pada tumbuhan untuk disimpan sebagai cadangan makanan.

Batang

Batang

Fungsi Batang sebagai organ pada tumbuhan yaitu sebagai alat pernafasan, sebagai tempat penyimpan cadangan makanan, sebagai organ reproduksi, sebagai jalur translokasi agar air dan mineral dapat sampai ke daun dan semua bagian tubuh tumbuhan.

Struktur batang sebagai Organ pada Tumbuhan :

  • Epidermis, agak tebal yang dilapisi kutikula dan berfungsi untuk melindungi lapisan-lapisan di dalamnya.
  • Konteks, selnya berbentuk bulat dan berdinding tipis, berfungsi sebagai tempat persediaan makanan bagi batang.
  • Endodermis, pada batang disebut juga floeotern (sarung tepung), tidak begitu jelas dan hampir menyatu dengan lapisan konteks.
  • Silinder pusat, di dalamnya terdapat pembuluh kayu (xilem), pembuluh tapis (floem) dan empelur.

Daun (Folium)

Daun merupakan organ pada tumbuhan yang melekat pada batang. selain itu daun juga merupakan tempat terjadinya fotosintesis. Fotosintesis terjadi di palisade maupun spons (bunga karang). Fotosintesis terjadi di daun, karena di daun terdapat kloroifil yang bisa menyerap energi dari sinar matahari. Fungsi Daun sebagai organ pada tumbuhan yaitu sebagai tempat berfotosintesis, sebagai tempat pertukaran gas, sebagai alat untuk bernafas bagi tumbuhan.

Daun

Daun

Struktur Daun organ pada tumbuhan :

  • Epidermis, merupakan selapis sel tipis yang di lindungi oleh kutikula. kutikula berfungsi untuk membatasi penguapan yang tinggi.
  • Mesofilterdiri atas 2 macam jaringan, yaitu jaringan  palisade yang berfungsi sebagai tempat terjadinya fotosintesis, dan jaringan spon (bunga karang) berfungsi sebagai tempat pertukaran gas dan juga fotosintesis. terdapat bekas pembuluh angkut xilem dan floem.
  • Hipodermis merupakan epidermis bawah yang dilindungi oleh kutikula.

Bunga sebagai organ reproduksi pada tumbuhan

Bunga merupakan organ reproduksi seksual tumbuhan, pada dasarnya merupakan pucuk termodifikasi sehingga daun-daunnya sangat merapat.

Bunga

Bunga

Bunga sebagai organ pada tumbuhan memiliki bagian-bagian seperti tangkai bunga, dasar bunga pada ujung tangkai yang membesar, kelopak (calyx) sebagai hiasan bunga terletak lebih luar berwarna hijau., mahkota bunga sebagai hiasan bunga yang terletak lebih dalam dengan warna tertentu, benang sari merupakan organ kelamin jantan, dan putik merupakan kelamin betina organ pada tumbuhan.

Demikian penjelasan tentang Organ pada Tumbuhan, semoga bermanfaat.
(Baca juga penjelasan tentang Pertumbuhan Kacang HijauRespirasi Aerob, dan Jaringan pada Tumbuhan, terima kasih).

Kata Kunci:

alat hara dan alat reproduksi serta conto,bagian batang yang berfungsi sebagai tempat persediaan makanan adalah,Bagian batang yang berfungsi sebagai tempat persediaan makanan bagi batang adalah,pita kaspari penampakan
Organ pada Tumbuhan | Wawang Armansyah | 4.5