Paru paru Basah

Tuesday, December 31st, 2013 - Biologi

Gejala Paru paru Basah – Paru paru basah dalam bahasa medis juga dikenal dengan nama Pneumonia, yaitu infeksi satu atau kedua paru-paru yang biasanya disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Sebelum penemuan antibiotik untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit ini, sepertiga dari semua orang yang menderita penyakit ini kemudian meninggal karena infeksi. Dari data yang ada, paru paru basah merupakan penyebab kematian utama keenam yang dialami oleh masyarakat di Amerika Serikat.

Gejala Paru paru Basah

Gejala Paru paru Basah

Paru paru Basah

Paru paru Basah merupakan istilah di masyarakat yang sering digunakan dokter atau oleh petugas medis untuk menunjukkan kelainan pada rongga paru-paru yang terisi cairan pada paru-paru. Penyakit ini di ikuti kata basah, karena memang paru-paru terisi cairan radang terutama pada bagian alveolus tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida hasil pembakaran di dalam tubuh.

Bronchitis akut  atau yang dikenal juga dengan Paru paru basah merupakan gangguan kesehatan yang terjadi ketika saluran bronchial dalam paru-paru terendam dengan cairan. Beberapa kasus paru paru basah terjadi oleh karena menghirup tetesan kecil yang mengandung organisme yang dapat menyebabkan pneumonia. Setelah organisme memasuki ke dalam paru paru, mereka biasanya menetap di kantung udara dan bagian-bagian dari paru-paru di mana mereka berkembang biak dengan cepat sehingga jumlahnya menjadi banyak.

Tanda Paru paru basah

Kebanyakan orang yang mengalami gejala paru paru basah biasanya mereka sering pilek yang kemudian diikuti dengan demam tinggi, menggigil, dan batuk dengan produksi dahak. Dalam beberapa kasus paru paru basah, jaringan spons dari paru-paru yang mengandung kantung udara lebih terlibat. Dalam hal ini, proses mengikat oksigen dari darah dapat terganggu, sehingga menyebabkan paru-paru menjadi kaku dan menyebabkan sesak napas atau asma.

Nyeri dada pada penyakit ini mungkin berkembang jika aspek-aspek luar dari paru-paru dekat dengan pleura (rongga pada paru-paru). Semua tanda-tanda paru paru basah bisa bervariasi dari ringan sampai berat, sesuai dengan faktor-faktor, resiko dan bentuk dari penyakit ini. Ciri-ciri penyakit paru paru basah salah satunya adalah batuk.

Resiko

Siapapun bisa memiliki resiko terkena penyakit paru paru basah, tetapi resiko terkena penyakit ini adalah seseorang yang sudah memiliki mekanisme pertahanan tubuh yang lemah dan tidak bisa membentuk antibodi klamidia. Orang yang memiliki lebih banyak resiko paru paru basah adalah bayi dan anak-anak, orang yang berusia 65 tahun dan lebih tua, orang yang bekerja di konstruksi atau pertanian atau pekerjaan yang membutuhkan tenaga lebih, dan orang yang suka merokok. Jadi orang yang memiliki usia muda juga memiliki resiko tinggi terkena penyakit ini apabila kecanduan rokok.

Pengobatan

Pengobatan tergantung pada jenis paru paru basah yang diderita oleh seseorang, seberapa parah gejala-gejalanya, bagaimana kesehatan secara keseluruhan, juga usia penderita. Untuk paru paru basah bakteri, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik. Bila penderita memiliki radang paru-paru, dokter spesialis penyakit ini mungkin akan berbicara kepada penderita tentang metode untuk mengobati gejala. Jika sesorang memiliki semacam paru paru basah, sangat penting untuk mendapatkan banyak tidur dan minum banyak cairan.

Komplikasi Paru paru basah

Kasus yang parah mungkin memerlukan pengobatan paru paru basah di rumah sakit. Komplikasi Paru paru Basah meliputi efusi pleura dan bakteri di dalam aliran darah. Untuk mengosongkan cairan, tabung mungkin perlu untuk pergi berhubungan dengan paru-paru bersama dengan dinding dada si penderita, atau mungkin perlu diadakan operasi terhadap penderita.Bakteri dalam aliran darah terjadi jika infeksi pada paru-paru Anda menyebar untuk darah Anda. Individu yang memiliki masalah jantung atau paru-paru, perokok, dan orang-orang yang berumur 65 tahun atau lebih tua mungkin mengalami komplikasi akibat paru paru basah.

Cara Mencegah Paru paru basah

Anda dapat membantu meringankan masalah paru paru basah dengan melakukan beberapa tindakan. Penyakit ini sering berkembang setelah seseorang terkena flu. Dengan mendapatkan vaksinasi flu setiap tahunnya, anda dapat menurunkan kesempatan terkena penyakit baik flu terlebih dapat mencegah paru paru basah. Kelainan pada paru-paru yang telah mencapai tahap kronis biasanya disebut emfisema.

Vaksin pneumokokus tidak akan mencegah semua jenis paru paru basah. Dengan mencuci tangan dapat membunuh kuman yang dapat memungkinkan anda untuk sakit, termasuk kuman yang menciptakan penyakit paru paru basah. Merokok dapat merusak paru-paru dan menyebabkan penyakit paru-paru, lebih sulit untuk system kekebalan di dalam tubuh anda untuk memberikan antibodi diri dari kuman dan penyakit ini.

Demikian penjelasan tentang Paru paru Basah, semoga bermanfaat. Baca juga penjelasan tentang Sistem Ekskresi, Transplantasi Organ, dan Jaringan Otot, terima kasih.

Kata Kunci:

dalam sistem bahaasa apa yang dimaksud paru basa
Paru paru Basah | Wawang Armansyah | 4.5