Transplantasi Organ

Monday, December 30th, 2013 - Materi Kuliah

Materi Kuliah: Transplantasi Organ – Transplantasi organ adalah pemindahan organ, atau jaringan dari si pendonor kepada orang lain yang membutuhkan penggantian organ disebabkan kegagalan organ, kerusakan sel maupun jaringan dengan tujuan untuk mengembalikan fungsi organ, sel, maupun jaringan yang telah rusak tersebut.

Transplantasi Organ

Transplantasi Organ

Transplantasi Organ

Transplantasi organ merupakan hal luar biasa ditemukan dalam dunia kedokteran modern. Melibatkan donasi organ dari satu manusia kepada manusia lain yang menjadikan ribuan orang diseluruh dunia setiap tahunnya terselamatkan jiwanya.

Hampir semua organ, jaringan dan sel manusia dapat ditransplantasikan. Berikut ini yang organ, jaringan maupun sel yang dapat ditransplantasikan:

Organ dalam rongga dada

  • Jantung (Hanya Donor Mati)
  • Paru (Donor Hidup dan Mati)
  • En bloc Jantung/Paru (Donor Mati dan Transplantasi Domino)

Organ dalam rongga perut

  • Ginjal (Donor Hidup dan Mati)
  • Hati (Donor Hidup dan Mati)
  • Pankreas (Hanya Donor Mati)
  • Usus (Deceased-donor and Living-Donor)

Jaringan, Sel dan Cairan

  • Tangan (Hanya Donor Mati)
  • Kornea (Hanya Donor Mati)
  • Kulit termasuk Face replant (autograft) dan transplantasi wajah (sangat jarang sekali)
  • Islets of Langerhans (merupakan bagian dari pankreas yang mengandung endokrine) (Donor Hidup dan Mati)
  • Sumsum tulang/sel induk dewasa (Donor Hidup dan Autograft)
  • Transfusi Darah/Transfusi Komponen Darah (Donor hidup dan Autograft)
  • Pembuluh darah (Autograft dan Donor Mati)
  • Katup Jantung (Donor Mati, Dono Hidup dan Xenograft[Porcine/bovine])
  • Tulang (Donor Hidup dan Mati)

Pembagian Transplantasi Organ Dari Segi Pemberi Organ (Pendonor)

Jika ditinjau dari sudut penyumbang atau pendonor organ tubuh, maka transplantasi dapat dibedakan menjadi:

a. Transplantasi dengan donor hidup

Transplantasi organ dengan donor hidup adalah pemindahan jaringan atau organ tubuh seseorang yang hidup kepada orang lain atau ke bagian lain dari tubuhnya sendiri tanpa mengancam kesehatan. Biasanya yang dilakukan adalah transplantasi ginjal, karena memungkinkan seseorang untuk hidup dengan satu ginjal saja. Akan tetapi mungkin bagi donor hidup juga untukmemberikan sepotong/sebagian dari organ tubuhnya misalnya paru, hati, pankreas dan usus. Juga donor hidup dapat memberikan jaringan atau selnya degeneratif, misalnya kulit, darah dan sumsum tulang.

b. Transplantasi dengan donor mati atau jenazah

Transplantasi organ dengan donor mati atau jenazah adalah pemindahan organ atau jaringan dari tubuh jenazah orang yang baru saja meninggal kepada tubuh orang lain yang masih hidup. Pengertian donor mati adalah donor dari seseorang yang baru saja meninggal dan biasanya meninggal karena kecelakaan, serangan jantung, atau pecahnya pembuluh darah otak.Dalam kasus ini, donasi organ akan dipertimbangkan setelah usaha penyelematan mengalami kegagalan. Pasien mungkin meninggal dalam kamar emergensi ataupun dalam kondisi mati batang otak. Jenis organ yang biasanya didonorkan adalah organ yang tidak memiliki kemampuan untuk regenerasi misalnya jantung, kornea, ginjal dan pankreas, hati, jantung dan hati.

Dari Penerima Organ (Resipien)

Sedangkan ditinjau dari sudut penerima organ atau resipien, maka transplantasi dapat dibedakan menjadi:

a. Autograft

Autotransplantasi adalah transplantas organ atau jaringan ke tempat lain dalam tubuh orang itu sendiri. Biasanya transplantasi organ ini dilakukan pada jaringan yang berlebih atau pada jaringan yang dapat beregenerasi kembali. Sebagai contoh tindakan skin graft pada penderita luka bakar, dimana kulit donor berasal dari kulit paha yang kemudian dipindahkan pada bagian kulit yang rusak akibat mengalami luka bakar. Kemudian dalam operasi bypass karena penyakit jantung koroner.

b. Isograft

Termasuk dalam autograft adalah “syngraft” atau isograft yang merupakan prosedur transplatasi organ yang dilakukan antara dua orang yang secara genetik identik. Transplantasi model seperti ini juga selalu berhasil, kecuali jika ada permasalahan teknis selama operasi. Operasi pertama ginja yang dilakukan pada tahun 954 merupakan operasi transplantasi syngraft pertama antara kembar identik.

c. Allograft

Allograft adalah transplantasi organ atau jaringan dari tubuh seseorang ke tubuh orang lain. Misalnya pemindahan jantung dari seseorang yang telah dinyatakan meninggal pada orang lain yang masih hidup. Kebanyakan sel dan organ manusia adalah Allografts.

d. Xenotransplantation

Xenotransplantation adalah transplantasi organ atau jaringan dari species bukan manusia kepada tubuh manusia. Contohnya pemindahan organ dari babi ke tubuh manusia untuk mengganti organ manusia yang telah rusak atau tidak berfungsi baik.

e. Transplantasi Domino (Domino Transplantation)

Merupakan multiple transplantasi organ yang dilakukan sejak tahun 1987. Donor memberikan organ jantung dan parunya kepada penerima donor, dan penerima donor ini memberikan jantungnya kepada penerima donor yang lain. Biasanya dilakukan pada penderita “cystic fibrosis” (hereditary disease) dimana kedua parunya perlu diganti dan secara teknis lebih mudah untuk mengganti jantung dan paru sebagai satu kesatuan. Biasanya jantung dari penderita ini masih sehat, sehingga jantungnya dapat didonorkan kepada orang lain yang membutuhkan.

f. Transplantasi Dibagi (Transplantation Split)

Kadangkala donor mati khususnya donor hati, hatinya dapat dibagi untuk dua penerima, khususnya dewasa dan anak, akan tetapi transplatasi ini tidak dipilih karena transplantasi organ keseluruhan lebih baik.

Demikian penjelasan tentang transplantasi organ, semoga bermanfaat. Baca juga penjelasan tentang Pengertian GenetikaAlat Reproduksi Manusia (Pria dan Wanita), dan Jaringan Epitel.

Kata Kunci:

xenotransplantation adalah,xenotransplantion merupakan,apakah transplantasi organ selalu berhasil,bagaimana bisa jantung orang meninggal karena kecelakaan bisa ditransplantasi,Kegagalan proses transplantasi organ dari orang lain dapat disebabkan oleh,transplantasi organ dan contohnya,transplantasi organ organ ditijau dari sudut cara pelaksanaannya
Transplantasi Organ | Wawang Armansyah | 4.5