Bioma Tundra

Saturday, February 8th, 2014 - Biologi, Pendidikan

Ciri ciri Bioma Tundra – Bioma tundra merupakan salah satu bagaian dari ekosistem darat yang dibagi berdasarkan posisi geografis, iklim, garis lintang dan ketinggian letak dari permukaan laut. Ada beberapa macam bioma tundra, salah satunya terdapat di belahan bumi utara di dalam lingkaran kutub utara yang disebut tundra artik dan di puncak gunung disebut tundra alpin.

Bioma Tundra

Bioma Tundra

Sama dengan bioma lain dalam ekosistem darat, bioma tundra juga memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan bioma lainnya. Ada beberapa ciri-ciri dari bioma ini diantaranya sebagai berikut:

1) Bioma tundra memiliki curah hujan sekitar 10 cm per tahun

Ciri yang pertama yang dimiliki oleh bioma tundra yaitu mengenai curah hujan yang terdapat pada bioma ini. Pada bioma ini, memiliki curah hujan 10 cm pertahun. Hal ini juga merupakan salah satu perbedaan bioma ini dengan bioma lainnya.

Dengan curah hujan hanya sekitar 10 cm pertahun menyebabkan spesies tumbuhan yang hidup pada bioma tundra juga berbeda dengan tumbuhan yang hidup pada sebagian besar bioma yang ada dalam ekosistem darat.

2) Iklimnya iklim kutub dengan musim dingin yang panjang dan gelap serta musim panas yang panjang dan terang terus menerus.

Pada bioma tundra, iklim yang dominan yaitu iklim kutub yang artinya memiliki suhu yang dingin. Memiliki musim dingin yang panjang yang berlangsung sampai berbulan bulan bahkan mencapai perhitungan tahunan. Hal ini terjadi begitu lama, sehingga hanya beberapa organisme yang mampu bertahan dan beradaptasi di lingkungan bioma tundra.

Cahaya matahari pada bioma ini kadang memerlukan waktu yang panjang baru dapat kelihatan, sehingga rata-rata keadaan pencahayaan di bioma tundra menjadi terbatas, bahkan biasanya selalu diselimuti kegelapan, maksudnya keadaan gelap.

Pada saat tiba musim panas, biasanya berlangsung cukup lama. Hampir sama pada saat mengalami musim dingin yang berkepanjangan. Dan juga saat matahari terlanjur menyinari daerah bioma tundra, hal ini juga biasanya berlangsung cukup lama dan terang terus menerus.

3) Tidak ada pohon yang tinggi pada bioma tundra, kalaupun ada terlihat tebal seperti semak.

Keadaan curah hujan serta perubahan iklim dan penerangan yang secara terus menerus berlangsung dalam jangka waktu yang lama di setiap perubahan musim dan keadaan pencahayaan oleh cahaya matahari pada bioma tundra menyebabkan hanya sebagian kecil makhluk hidup yang dapat hidup di bioma ini.

Tidak ada pohon yang menjulang tinggi yang hidup pada bioma tundra ini, sekalipun ada hanya terlihat seperti semak saja. Hanya makhluk hidup, dalam hal ini adalah tumbuhan dan hewan tertentu saja yang dapat menghuni bioma tundra.

4) Tumbuhan semusim biasanya berbunga dengan warna yang mencolok dalam masa pertumbuhan yang pendek.

Ada beberapa jenis tumbuhan yang dapat bertahan hidup pada bioma tundra, salah satunya spesies tumbuhan semusim yang bercirikan dengan warna yang mencolok. Kelangsungan hidup tumbuhan yang menghuni bioma ini biasanya berumur pendek dengan pernakan yang minim dan terbatas.

5) Vegetasinya Spaghnum, lumut kerak, dan perdu.

Vegetasi yang hidup di bioma tundra seperti vegetasi spaghnum, tumbuhan sejenis lumut seperti spesies lumut kerak, dan juga tumbuhan yang memiliki ketinggian di bawah 6 meter yang biasa disebut dengan tumbuhan perdu. Kemungkinan hanya tumbuhanyang telah disebutkan tadi yang hanya dapat beradaptasi dengan baik pada bioma tundra.

Varietas tumbuhan yang hidup pada bioma ini sampai sekarang masih dalam proses pengembangan dalam mencari tumbuhan atau organisme yang mampu bertahan dengan kondisi iklim dan musim pada bioma tundra.

6) Hewannya Muskox, rusa kutub, kelinci, serigala, rusa dan domba.

Selain spesies tumbuhan yang mampu bertahan hidup pada bioma ini, ternyata ada beberapa Janis dari kingdom animalia yang mampu bertahan hidup dengan keadaan dominan seperti ini. Iklim dan musim pada bioma tundra tidak membuat kapok para hewan muskox untuk hidup pada bioma ini. Seperti rusa kutub yang mampu menyesuaikan diri dengan suhu yang di bawah rata-rata.

Disamping rusa kutub, ternyata kelinci juga ikut andil dalam penambahan spesies yang mampu bertahan hidup. Tidak ketinggalan serigala, rusa dan domba yang juga mampu beradaptasi dengan lingkungan yang ekstrim di bioma tundra.

Sebagian besar cara adaptasi dari masing-masing hewan muskox tersebut dengan melakukan adaptasi fisiologi dan morfologi, seperti tumbuhanya bulu pada hewan tersebut dengan lebat dan panjang pada saat dating musim dingin. Ada juga hewan yang lebih banyak tidur sepanjang musim salju datang daripada mencari makan seperti yang dilakukan oleh rusa kutub. Ini merupakan salah satu contoh dari adaptasi tingkah laku yang dilakukan oleh makhluk hidup pada bioma tundra.

Demikian penjelasan mengenai Bioma Tundra, semoga bermanfaat.

Baca juga penjelasan mengenai  Jaringan Parenkim, terima kasih.

Kata Kunci:

adaptasi hewan muskox,bagaimana fauna di daerah tundra menyesuaikan diri dengan lingkungan,cara adaptasi rusa kutub,ciri ciri tundra,gambar tundra,jenis tanaman yang mampu beradaptasi dengan iklim tundra,organisme yang mampu bertahan hidup di lingkungan bioma tundra,tumbuhan yg hidup pada bioma tundra dan cara beradaptasi terhadap lingkungan
Bioma Tundra | Wawang Armansyah | 4.5