Khasiat Buah Mengkudu

Tuesday, July 15th, 2014 - Biologi Kesehatan, Kesehatan

Berbagai Kandungan dan Khasiat Buah Mengkudu – Khasiat buah mengkudu sangat beragam. Sebelum kita mengetahui apa sebenarnya kahsiat buah mengkudu itu, alangkah baiknya kita kenal dulu buah mengkudu itu sendiri. Mengkudu memiliki nama latin Morinda citrifolia dan termasuk dalam famili Rubiaceae . Mengkudu dalam bahasa Aceh disebut keumeudee, di Jawa dinamakan pace, kemudu, kudu, disebut cangkudu dalam bahasa Sunda, kodhuk di Madura, dan disebut tibah di Bali serta di kampung saya disebutnya baja atau buah jati (Sulawesi Selatan khususnya di kab. Wajo).

Khasiat Buah Mengkudu

Khasiat Buah Mengkudu

Baca juga:

Khasiat Buah Mengkudu

Buah mengkudu berasal daerah Asia Tenggara. Selain di Indonesia, ada penyebutan lain untuk tanaman ini diantaranya untuk bahasa Hawaii disebut Noni, bahasa Tahiti disebut Nono, bahasa Tonga disebut Nonu, bahasa Myanmar disebut Ungcoikan dan dalam bahasa Hindi dinamakan Ach. Selain memiliki khasiat buah mengkudu yang beragam juga memiliki nama yang beragam pula.

Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3-8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Meskipun baunya sangat tidak sedap, namun buah mengkudu yang sudah masak di pohon memiliki banyak manfaat untuk pengobatan. Hal ini karena ada beberapa kandungan zat didalamnya, antara lain morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil, asam kapril dan sorandiyiol.

Mengetahui kandungan zat pada buah mengkudu akan lebih mudah mengerti khasiat buah mengkudu:

  1. Zat nutrisi: Buah mengkudu memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Salah satunya adalah zat nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh, kandungan lain buah Mengkudu adalah protein, vitamin, serta mineral penting. Selenium yang terdapat dalam buah mengkudu merupakan zat antioksidan yang hebat
  2. Zat anti bakteri : Adanya zat-zat aktif pada sari buah mengkudu sangat berguna untuk mematikan bakteri sebagai penyebab infeksi, misalnya adalah Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, Protens morganii, Escherichia coli dan Bacillus subtilis. Zat anti bakteri yang terda[at dalam kandungan khasiat buah Mengkudu tersebut juga berguna untuk mengontrol bakteri pathogen (bakteri yang mematikan) seperti S . typhi, Salmonella montivideo, S . scotmuelleri.
  3. Zat anti kanker : Kandungan zat-zat anti kanker di dalam buah mengkudu sangat efektif untuk melawan sel-sel abnormal.
  4. Terpenoid : Kandungan lainnya yang terdapat pada buah Mengkudu adalah Zat Terpenoid. Zat ini berkhasiat untuk membantu proses sintesis organik dan juga bermanfaat untuk pemulihan sel-sel pada tubuh.

Berikut ini beberapa kegunaan serta khasiat buah mengkudu untuk pengobatan tradisional disertai dengan beberapa cara penggunaannya.

1. Khasiat Buah Mengkudu yang pertama yaitu dapat Mengatasi Hipertensi

Tekanan darah tinggi bisa diatasi dengan ramuan buah mengkudu. Caranya, sediakan 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 sendok makan madu. Buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu. Ramuan ini diminum dua hari sekali.

2. Demam, Masuk angin dan infuenza

Bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencur. Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan hingga tinggal 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan rauan tersebut diminum dua kali sehari, tiap pagi dan sore.

3. Menyembuhkan Batuk

Khasiat buah mengkudu yang lainnya adalah mengobati batuk. Caranya adalah dengan membuat ramuan yang terdiri dari 1 buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai tinggal tersisa 1 gelas. Saring airnya, lalu diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.

4. Obat Sakit Perut juga merupakan salah satu khasiat buah mengkudu

Khasiat buah mengkudu yang selanjutnya adalah sebagai obat sakit perut. Jika Anda atau keluarga terkena sakit perut, ambil saja 2-3 lembar daun mengkudu. Setelah dicuci bersih, kemudian ditumbuk halus, ditambah garam dan diseduh air panas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum.

5. Mengatasi kulit bersisik

Buah mengkudu yang sudah masak di pohon memang memiliki banyak khasiat. Salah satu khasiat buah mengkudu yaitu untuk kecantikan, buah mengkudu bisa digunakan untuk menghaluskan kulit. Caranya, bagian kulit yang bersisik digosok dengan buah mengkudu tersebut sampai merata, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.

6. Mengobati Sakit Kuning

Bahan yang diperlukan adalah 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 potong gula batu. Cara membuatnya, buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu sampai merata. Saring airnya, diminum dan diulangi 2 hari sekali.

Modern ini, buah mengkudu telah dijadikan ekstrak dan dijual dalam bentuk kemasan. Baik dalam bentuk sirup maupun jus. Selain itu khasiat buah mengkudu juga dapat di peroleh dengan mengkonsumsi buahnya secara langsung dengan menambahkan gula pasir secukupnya sebagai pereda rasa pedas dan penetralisir bau yang dikeluarkan oleh buah mengkudu.

Shared: Belajar Bagus.

Khasiat Buah Mengkudu | Wawang Armansyah | 4.5