Obat Gatal Tradisional

Wednesday, July 2nd, 2014 - Kesehatan

Obat Gatal Tradisional – Obat gatal tradisional banyak terdapat di lingkungan tempat tinggal kita sendiri. Obat ini berasal dari tumbuhan yang tumbuh secara bebas ataukah sengaja di budidayakan oleh masyarakat, terutama masyarakat pedesaan. Pada umumnya tanaman obat gatal ini termasuk ke dalam golongan tanaman temu-temuan yang perkembangbiakannya dengan umbi-umbian.

Obat Gatal Tradisional

Obat Gatal Tradisional

Baca juga: Tanaman Pengusir Nyamuk

Berikut beberapa tanaman obat gatal tradisional yang bisa dimanfaatkan sebagai penghilang rasa gatal di salah satu bagian tubuh yang merasakan gatal karena penyebab tertentu.

Obat gatal tradisional Temu hitam

obat gatal tradisional temu hitam dikenal pula sebagai temu erang, temu ireng, atau temu lotong. Temu hitam adalah terna yang tingginya dapat mencapai 2 m. Batangnya semu, dan tersusun atas kumpulan pelepah daun yang basah dan berwarna hijau. Daunnya berwarna merah lembayung-kecoklatan yang berwarna lebih gelap pada sepanjang tulang daunnya. Daunnya tunggal, panjang, dan terdiri atas 2-9 helai. Helaiannya berbentuk bundar memanjang sampai lanset, ujung dan pangkalnya runcing, berwarna hijau tua pada kiri-kanan tulang daun. Panjang daun 31-84 cm, dengan lebar 10-18 cm.

Temu Hitam

Temu Hitam

Temu Ireng / Temu hitam merupakan tumbuhan semak, batang berwarna hijau dan agak lunak karena merupakan batang semu yang tersusun atas kumpulan pelepah daun, panjang batang kurang lebih 50 cm, dan tinggi tumbuhan dapat mencapai 2 meter.

Temu hitam merupakan tumbuhan yang dapat hidup secara liar di hutan-hutan jati, terutama di Pulau Jawa dari ketinggian 400-1.750 meter di atas permukaan laut dan tumbuhan ini menyukai tanah subur. Daunnya berbentuk lanset lebar dengan helaian daun yang tipis, warna daun hijau sampai coklat keunguan agak gelap. Bunga keluar dari ketiak daun atau samping batang. Obat gatal tradisional ini memiliki bunga tertutup oleh 2-3 pelepah, panjang batang bunga 20-50 cm dan mahkota bunga berwarna krem sampai merah jambu.

Tumbuhan ini menghasilkan rimpang berukuran besar, bercabang merata dan merupakan umbi batang. Obat gatal tradisional temu hitam memiliki nama yang berbeda pada tiap daerah asalnya: Jawa temu ireng (Jawa), koneng hideung (Sunda), temo erang (Madura); Sumatera : temu item, temu erang (Melayu), temu hitam (Minangkabau); Sulawesi : temu lotong (Bugis), temu leteng (Makassar); Nusa Tenggara : temu ireng (Bali).

Obat gatal tradisional Kunci pepet

Kunci pepet atau kunir putih sering disebut kunyit putih atau Curcuma alba , sebutan nama latin yang salah. Karena daunnya bercorak indah dan tumbuhnya tidak tinggi maka sosoknya menyerupai tanaman hias sehingga sering ditanam di pekarangan atau di dalam pot. Selain digunakan sebagai campuran jamu tradisional dan obat gatal tradisional, kunci pepet juga sering digunakan untuk kosmetika tradisional. Tanaman ini terdapat pada dataran rendah dengan ketinggian kurang dari 750 meter dpl.

Kunci Pepet

Kunci Pepet

Obat gatal tradisional Banyak ditemukan di Sumatera dan Jawa. Selain itu, juga ditemukan di India, Srilangka, dan Malaysia. Terna tahunan dengan tinggi 30-70 cm ini tumbuh merumpun dengan batang semu yang tumbuh dari rimpangnya. Bunga keluar dari rimpang dengan batang semu yang amat pendek. Dan rimpang induk keluar akar-akar kasar yang ujungnya terdapat anakan rimpang yang berair dan tampak tumbuh menggerombol menutupi rimpang induk. Jika rimpang dibelah terlihat warnanya putih pucat,. Umbi muda bisa dijadikan lalap. Perbanyakan dengan rimpang.

Lengkuas sebagai obat gatal tradisional

Laos atau lengkuas merupakan salah satu tanaman obat gatal tradisional yang juga banyak dimanfaatkan dalam dunia kuliner. Dalam kajian ilmiah sendiri, lengkuas dikenal dengan nama latin Alpinia galanga (L.) Sw. Dalam kehidupan sehari-hari, lengkuas dimanfaatkan dengan cara sederhana yakni dengan dibersihkan kemudian dimemarkan dan selanjutnya dimasukkan ke dalam masakan atau racikan obat.

Lengkuas

Lengkuas

Berdasarkan beberapa sumber, jenis lengkuas yang populer digunakan dalam dunia pengobatan adalah Alpinia purpurata K Schum atau lengkuas merah. Adapun klasifikasi lengkuas dalam ilmu biologi termasuk ke dalam  divisi Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga).

Dari klasifikasi lengkuas di atas bisa kita peroleh informasi bahwa lengkuas merupakan tanaman dengan bunga. Bagian batangnya tertutupi dengan pelepah daun dengan tunas muda yang keluar di bagian pangkal batang yang telah tua. Adapun daun dari tanaman lengkus ini memiliki tanglai yang pendek dengan bentuk yang lanset dan memanjang. Bagian ujungnya runcing dan pangkalnya tumpul dengan tepi yang rata. Ukuran daun obat gatal tradisional lengkuas ini panjangnya antara 25 sampai 50 cm dan lebarnya antara 7 sampai 15 cm.

Perbungaan lengkuas sendiri digolongkan ke dalam jenis majemuk yang terletak di dalam tandan dengan tangkai yang panjang, cenderung tegak dan tumpul pada ujung tangkai tersebut. Jumlah bunga lengkuas pada bagian batang bawah jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah bunga di bagian batang atas. Bunga obat gatal tradisional lengkuas memiliki bentuk seperti piramida yang memanjang.

Shared: Belajar Bagus.

Kata Kunci:

jamu gatal tradisional,obat erang
Obat Gatal Tradisional | Wawang Armansyah | 4.5