Pengertian DNA (Deoxyribo Nukleid Acid)

Wednesday, July 16th, 2014 - Biologi

Pengertian DNA (Deoxyribo Nukleid Acid) adalah macam asam nukleat yang berhubungan dengan hereditas. Penemu DNA merupakan seorang ahli kimia asal Jerman Friederich Mieschier (1869), yang menyelidiki susunan kimia dari nukleus.

Pengertian DNA

Pengertian DNA

Pengertian DNA

Berdasarkan hasil penelitian Rosalind Franklin dan Maurice Wilkins pada DNA dengan menggunakan sinar – X, James Watson dan Francis Crick (1953). mengemukakan suatu model gen yang terkenal dengan nama double helix (tangga tali berpilin ganda).

Watson dan Crick mendapatkan hadiah nobel pada tahun 1962 atas penemuan tersebut. Deoxyribo Nukleid Acid mengandung informasi genetik dari mkhluk hidup, dan kebanyakan terdapat di dalam kromosom. Beberapa kejadian memberi petunjuk secara tidak langsung bahwa inti dari pengertian DNA itu mengandung informasi genetik dari makhluk hidup, misalnya:

  1. Hasil percobaan menyatakan DNA itu terdapat di dalam kromosom, sedangkan RNA dan protein banyak terdapat di sitolplasma. Adanya korelasi yang tepat antara banyaknya DNA tiap sel dengan jumlah sel kromosom dalam tiap sel. Yaitu bahwa kebanyakan sel soatis dari organisme diploid,misalnya mengandung tepat 2x jumlah DNA dari pada jumlah DNA yang terdapat di dalam gamet haploid dri spesies yang sama.
  2. Susunan molekuler dari DNA dalam semua sel yang berbeda beda dari suatu organisme adalah sama (ada beberapa perkeualian, sedangkan susunan RNAdan protein bervariasi dari satu tipe se ke tpe sel lainnya, baik kwalitas maupun kuantitasnya.
  3. DNA memiliki struktur yang terdiri dari 2 utas polinukleotida yang saling melingkari satu sama lain, dan membentuk heliks ganda dengan arah puar ke kanan. Secara struktural DNA terbagi atas 3 tampilan yang berbeda,yaitu A-DNA , B-DNA, Z-DNA. Dimana pada ketiga bentuk tampilan DNA tersebut kedua untai polinukeotida anti paralel tersebut diubungkan berdasarkan prinsip pasangan basa Watson Crick.

Dengan mengacu kepada proses interaksi antar basa pada untai yang sama dengan kerangka gula fospat terdapat pada sisi luar, sementara basa bisa berada pada bagian daam utas heiks ganda. Struktur asam nukleat tersusun atas nukleotida, yang bila terurai terdiri dari gula, pospat dan basa, yang mengandung nitrogen. Karena banyaknya nukleotida yang menyusun molekul DNA , maka molekul DNA merupakan suatu polinukleotida.

  • Gula, molekul gula yang menyusun DNA adalah sebuah pentosa, yaitu deoxiribosa,
  • Pospat, molekul pospatnya berupa PO4.
  • Basa, Basa nitrogen yang menyusun molekul DNA, dibedakan atas kelompok pirimidin, yaitu sitosin dan timin, dan kelompok purin, yaitu adenin dan guanin.

Kemampuan DNA untuk membentuk DNA baru yang sama persis dengan DNA asal (replikasi) disebut kemampuan autokatalitik. Sedangkan kemampuan DNA membentuk molekul kimia lain dari salah satu atau sebagian rantainya disebut kemampuan heterokatalitik.

Mengenai pengertian DNA, ada 3 hipotesis tentang terjadinya replikasi DNA, yaitu:

  1. Teori Konservatif menyatakan bahwa double helix yang lama tetap (tidak berubah), dan langsung terbentuk double helix yang baru.
  2. Teori Dispersif menyatakan bahwa double helix yang lama terputus-putus. Lalu potongan–potongan tersebut memisah dan membentuk potongan-potongan baru yang akan bersambungan dengan potongan-potongan yang lama; sehingga kembali menjadi dua DNA baru yang sama persis.
  3. Teori Semikonservatif menyatakan bahwa dua pita dari double helix memisahkan diri dan masing-masing pita yang lama mendapatkan pasangan pita baru seperti pasangannya yang lama, sehingga terbentuklah dua DNA baru yang sama persis.

Replikasi DNA berlangsung pada sel-sel muda saat interfase pada pembelahan mitosis. DNA ini melibatkan beberapa enzim, antara lain:

  • Helikase, untuk mempermudah membuka rantai ganda DNA menjadi dua buah rantai tunggal.
  • Polimerase, untuk menggabungkan deoksiribosanukleosida trifosfat.
  • Ligase, untuk menyambung bagian-bagian rantai tunggal DNA yang baru terbentuk.

Demikian beberapa penjelasan yang dapat saya bagikan mengenai pengertian DNA atau Deoxyribo Nukleid Acid, semoga ada manfaatnya.

Sumber Belajar Bagus dan Pengertian Populasi.

Kata Kunci:

kemampuan DNA intuk membentuk DNA baru yang sama persis dengan asal disebut kemampuan untuk,kemampuan dna untuk membentuk dna baru
Pengertian DNA (Deoxyribo Nukleid Acid) | Wawang Armansyah | 4.5