Daun Bidara (Ziziphus mauritiana)

Tuesday, September 23rd, 2014 - Biologi Kesehatan, Biologi Pertanian

Daun Bidara (Ziziphus mauritiana) – Daun bidara berasal dari tumbuhan bidara yang tergolong sebagai pohon atau perdu yang menyemak, tingginya tinggi pohon bidara dapat mencapai kira-kira 15 m, tumbuh tegak dan menyebar dengan cabang-cabangnya yang menjuntai. Letak ranting pohon bidara saling simpangsiur, berbulu kempa, penumpunya berduri, menyendiri dan lurus (berukuran 5-7 mm) atau memiliki bentuk dimorfik berpasangan, cabang yang kedua lebih pendek dan melengkung, duri kadang-kadang tidak ada, kemudian pohon bidara selalu hijau atau setengah meranggas.

Daun Bidara

Daun Bidara

Lihat juga deskripsi dari:

Daun Bidara

Adapun spesifikasi dari daun bidara sendiri yaitu:

  1. Daun bidara berupa yang daun tunggal, letaknya berselang-seling.
  2. Berbentuk bundar seperti telur atau jorong sampai berbentuk bundar/telur/lonjong, berukuran 2 cm sampai 9 cm x 1,5 cm sampai 5 cm.
  3. Tepinya sedikit beringgit atau rata, berkilap dan tak berbulu pada lembaran sebelah atasnya.
  4. Berbulu kempa yang rapat, warna daun putih pada lembaran sebelah bawahnya.
  5. Memiliki 3 tulang daun membujur yang nyata, tangkai daunnya berukuran panjang 8-15 mm.

Pohon bidara memiliki cara perbungaan yang muncul dari ketiak daun bidara, berbentuk payung menggarpu, panjangnya 1-2 cm, tersusun atas 7-20 kuntum bunga, gagang perbungaan panjangnya 2-3 mm, bunganya berdiameter 2-3 mm, berwarna kekuningan, sedikit harum, gagang bunganya 3-8 mm panjangnya, daun kelopaknya bercuping 5, berbentuk delta, bagian luarnya berambut, bagian dalamnya gundul, daun mahkota 5 helai, sedikit berbentuk sudip yang cekung, terlentik, benang sarinya 5 utas, bakal buahnya beruang 2, tangkai putiknya bercabang dua, cakramnya bercuping 10 atau beralur-alur.

Buah pohon bidara ini memiliki dskripsi sebagai berikut:

daun-bidara-1

  1. Buahnya bertipe buah batu, berbentuk bulat sampai bulat telur, dapat mencapai ukuran 6 cm x 4 cm untuk yang sengaja pelihara secara khusus, dan umumnya jauh lebih kecil untuk yang tidak dipelihara.
  2. Kulit buahnya halus atau kasar, berkilap, tipis tetapi liat, berwarna kekuningan sampai kemerahan atau kehitaman.
  3. Daging buahnya berwarna putih, mengeripik (crisp), banyak mengandung sari buah, rasanya agak asam sampai manis, menjadi menepung pada buah yang matang penuh.
  4. Bijinya terletak dalam batok yang berbenjol dan beralur tidak beraturan, yang berisi 1-2 inti biji yang berwarna coklat.

Manfaat Daun Bidara (Ziziphus mauritiana)

Ada beberapa manfaat yang dapat diproleh dari daun bidara. Manfaat dari daun bidara menurut Al Qur’an dan Hadist serta dibuktikan dengan penelitian sains. Berikut manfaatnya:

daun-bidara-2

  • Daun bidara digunakan dalam memandikan jenazah sebagaimana di jelaskan dalam beberapa hadist.
  • Daun bidara dapan digunakan sebagai campuran air yang digunakan oleh wanita yang telah selesai haid untuk membersihkan diri atau bersuci.
  • Ada juga beberapa sumber yang menjelaskan bahwa daun ini dapat digunakan sebagai penangkal sihir. Tapi semua ini hanya karena kehendak Allah SWT.

Demikian penjelasan mengenai daun bidara yang sempat penulis biologi sel bagikan kepada anda, semoga bermanfaat.

Pustaka:
Belajar Bagus.

Kata Kunci:

bentuk daun bidara,bidara ziziphus,daun zizipus
Daun Bidara (Ziziphus mauritiana) | Wawang Armansyah | 4.5