Metamorfosis Sempurna

Wednesday, September 10th, 2014 - Biologi, Pendidikan

Metamorfosis Sempurna – Metamorfosis sempurna merupakan salah satu jenis dari metamorfosis yang terjadi pada kingdom animalia. Sebelum mengetahui apa sebenarnya metamorfosis sempurna, sebaiknya terlebih dahulu mengerti yang dimaksud dengan metamorfosis.

Metamorfosis Sempurna

Metamorfosis Sempurna

Metamorfosis Sempurna

Metamorfosis adalah suatu proses biologi dimana hewan secara fisik mengalami perkembangan biologis setelah dilahirkan atau menetas. Proses ini melibatkan perubahan bentuk atau struktur melalui pertumbuhan sel dan differensiasi sel. Beberapa serangga, amfibi, mollusca, crustacea, echinodermata, dan tunicata mengalami proses metamorfosis sempurna, yang biasanya (tapi tidak selalu) disertai perubahan habitat atau kelakuan.

Dari sekian banyak hewan yang ada di dunia ini, ada beberapa hewan yang hidupnya harus melewati beberapa tahapan berbeda sebelum menjadi dewasa. Tahapan tersebut bisa terlihat dari perubahan bentuk tubuh hewan. Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna cukup banyak, di antaranya adalah katak dan kupu-kupu.

Sebelum mengetahui tahapan metamotphosis pada katak dan kupu-kupu. sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis metamorfosis. Jenis metamorfosis dan proses metamorfosis pada hewan secara umum dibagi menjadi dua yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Perbedaan keduanya terletak pada tahapan pertumbuhan dalam perkembangbiakan hewan.

Pengertian Metamorfosis sempurna

Metamorfosis sempurna adalah metamorfosis yang mengalami 4 tahap pertumbuhan. Tahapan tersebut, yaitu telur, larva, pupa, dan dewasa. Contoh proses metamorfosis sempurna terjadi pada katak dan kupu-kupu.

1. Metamorfosis Kupu-Kupu

Kupu-kupu merupakan bentuk akhir dari suatu proses metamorfosis. Bentuk baru, berupa kupu-kupu, ini dapat terbang jauh dan bebas dari satu pohon ke pohon lainnya, suatu hal yang tidak dapat dilakukan seekor ulat. Makanannya pun tidak lagi daun melainkan sari bunga yang manis.

Metamorfosis Sempurna pada Kupu-kupu

Metamorfosis Sempurna pada Kupu-kupu

Pada Metamorfosis Kupu-Kupu Tahapan yang dialami kupu-kupu, yaitu:

1) Tahap larva (tempayak).

Setelah induk kupu-kupu bertelur, kemudian telur tersebut menetas menjadi larva yang disebut ulat, bentuk ulat sangat berbeda dari bentuk induknya. Tahap ini merupakan masa “makan”, seperti ulat yang terus makan dedaunan yang ada di sekitarnya.

2) Tahap kepompong.

Setelah selesai masa makan, larva membentuk kepompong. Tahap ini merupakan masa istirahat. Di dalam kepompong terjadi perubahan bentuk, menjadi kupu-kupu.

3) Tahap dewasa.

Kupu-kupu dewasa meninggalkan kepompong, lalu terbang mencari makan dengan cara menghisap sari bunga (nektar).

2. Metamorfosis Sempurna Amfibi

Pada awalnya, katak betina dewasa akan bertelur, kemudian telur tersebut akan menetas setelah 10 hari. Setelah menetas, telur katak tersebut menetas menjadi Berudu. Setelah berumur 3 hari, Berudu mempunyai insang luar yang berbulu untuk bernapas. Setelah berumur 4 minggu insang berudu akan tertutup oleh kulit.

Metamorfosis Sempurna pada Katak

Metamorfosis Sempurna pada Katak

Menjelang umur 9 minggu dalam proses metamorfosisnya, kaki belakang berudu akan terbentuk kemudian membesar ketika kaki depan mulai muncul. Umur 16 minggu, kaki depannya mulai berbentuk, ekornya menjadi pendek serta bernapas dengan paru-paru . Setelah pertumbuhan anggota badannya sempurna, katak tersebut akan berubah menjadi katak dewasa.

Ada beberapa hal yang berbeda dari daur amfibi pada umumnya. Beberapa spesies salamander tidak perlu bermetamorfosis untuk menjadi dewasa sepenuhnya secara seksual, dan hanya akan bermetamorfosis dalam tekanan kondisi lingkungan tertentu. Banyak spesies kodok tropis meletakkan telurnya di darat, di mana kecebong bermetamorfosis di dalam telur. Ketika mereka menetas, mereka menjadi dewasa yang belum benar-benar matang, kadang-kadang masih memiliki ekor yang dalam beberapa hari kemudian diserap kembali. Pada metamorfosis sempurna amphibi banyak sekali mengalami perubahan baik secara morfologi, biokimia maupun fisiologi.

Baca juga materi lain seperti: Cara Membuat Biogas

Penjelasan metamorfosis sempurna di atas bersumber dari:
Universitas Sumatera Utara (USU).
Penulis Belajar Bagus.

Kata Kunci:

5 contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna,kerugian yg dialami lingkungan terhadap metamorfosis kupu2,kerugian yang dialami lingkungan terhadap kupu-kupu,kerugian akibat metamorfosis kupu kupu,jelasjan tahap unum yabg dialami olrh hewab yabg bernetanorfosis sempurna,apakah kerugian yg dialami lingkungan terhadap metamorfosis kupu kupu,apakah kerugian yg dialami lingkungan terhadap metaforfosis kupu kupu,apakah kerugian yang dialami lingkungan terhadap metamorfosis kupa-kupa,apakah kerugian metamorfosis kupu-kupu/bagi kehidupan manusia,apa kerugian yg dialami lingkungan akibat metamorfosis kupu kupu
Metamorfosis Sempurna | Wawang Armansyah | 4.5