Pengertian Jamur

Sunday, October 5th, 2014 - Pengertian

Pengertian Jamur – Pengertian jamur merupakan kelompok organisme eukariotik yang membentuk dunia jamur atau regnum fungi. Kita telah mengenal jamur dalam kehidupan sehari-hari meskipun tidak sebaik tumbuhan lainnya. Hal itu disebabkan karena jamur hanya tumbuh pada waktu tertentu, pada kondisi tertentu yang mendukung, dan lama hidupnya terbatas.

Pengertian Jamur

Pengertian Jamur

Pengertian Jamur

Sebagai contoh, jamur banyak muncul pada musim hujan di kayu-kayu lapuk, serasah, maupun tumpukan jerami. namun, jamur ini segera mati setelah musim kemarau tiba. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia telah mampu membudidayakan jamur dalam medium buatan, misalnya jamur merang, jamur tiram, dan jamur kuping.

Jamur juga merupakan tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil sehingga bersifat heterotrof, tipe sel sel eukarotik. Jamur ada yang uniseluler dan multiseluler. Tubuhnya terdiri dari benang- benang yang disebut hifa, hifa dapat membentuk anyaman bercabang-cabang yang disebut miselium.

Reproduksi jamur berdasarkan pengertian jamur terbagi menjadi dua yaitu ada yang dengan cara vegetatif ada pula dengan cara generatif. Selain memiliki berbagai macam cara untuk berkembangbiak, jamur juga terdiri dari aneka macam jenis baik yang bermanfaat maupun yang berbahaya/beracun. Saat ini sebagian besar  jamur yang dibudidayakan masyarakat adalah jamur yang bermanfaat, khususnya jamur konsumsi yang bisa dimakan atau dimanfaatkan sebagai obat.

Sebagai makhluk heterotrof, jamur dapat bersifat parasit obligat, parasit fakultatif, atau saprofit. Cara hidup jamur lainnya adalah melakukan simbiosis mutualisme. Jamur yang hidup bersimbiosis, selain menyerap makanan dari organisme lain juga menghasilkan zat tertentu yang bermanfaat bagi simbionnya.

Simbiosis mutualisme jamur dengan tanaman dapat dilihat pada mikoriza, yaitu jamur yang hidup di akar tanaman kacang-kacangan atau pada liken. Jamur  berhabitat pada bermacam-macam lingkungan dan berasosiasi dengan banyak organisme. Meskipun kebanyakan hidup di darat, beberapa jamur ada yang hidup di air dan berasosiasi dengan organisme air. Jamur yang hidup di air biasanya bersifat parasit atau saprofit, dan kebanyakan dari kelas Oomycetes.

Ciri-ciri Umum Jamur  – Pengertian Jamur

Pengertian jamur pada umumnya merupakan organisme multiseluler (bersel banyak). Ciri-ciri jamur berbeda dengan organisme lainnya dalam hal cara makan, struktur tubuh, pertumbuhan, dan reproduksinya.

1. Struktur Tubuh Jamur

Struktur tubuh jamur tergantung pada jenisnya. Ada jamur yang satu sel, misalnya khamir, ada pula jamur yang multiseluler membentuk tubuh buah besar yang ukurannya mencapai satu meter, contohnya jamur kayu. Tubuh jamur tersusun dari komponen dasar yang disebut hifa. Hifa membentuk jaringan yang disebut miselium. Miselium menyusun jalinan-jalinan semu menjadi tubuh buah.

Bagian-bagian Jamur

Bagian-bagian Jamur

Pengertian hifa adalah struktur menyerupai benang yang tersusun dari dinding berbentuk pipa. Dinding inimenyelubungi membran plasma dan sitoplasma hifa. Sitoplasmanya mengandung organel eukariotik.Kebanyakan hifa dibatasi oleh dinding melintang atau septa. Septa mempunyai pori besar yang cukup untukdilewati ribosom, mitokondria, dan kadangkala inti sel yang mengalir dari sel ke sel. Akan tetapi, adapulahifa yang tidak bersepta atau hifa senositik.

Struktur hifa senositik dihasilkan oleh pembelahan inti sel berkali-kali yang tidak diikuti dengan pembelahansitoplasma.Hifa pada jamur yang bersifat parasit biasanya mengalami modifikasi menjadi haustoria yang merupakanorgan penyerap makanan dari substrat; haustoria dapat menembus jaringan substrat.

2. Cara Makan dan Habitat Jamur

Semua jenis jamur bersifat heterotrof. Namun, berbeda dengan organisme lainnya, jamur tidak memangsa dan mencernakan makanan. Untuk memperoleh makanan, jamur menyerap zat organik dari lingkungan melalui hifa dan miseliumnya, kemudian menyimpannya dalam bentuk glikogen.

Oleh karena jamur merupakan konsumen maka jamur bergantung pada substrat yang menyediakan karbohidrat, protein,vitamin, dan senyawa kimia lainnya. Semua zat itu diperoleh dari lingkungannya. Sebagai makhluk heterotrof, jamur dapat bersifat parasit obligat, parasit fakultatif, atau saprofit seperti dijelaskan sebelumnya. Berikut spesifikasi sifat yang dimilikioleh jamur:

a. Sifat Parasit Obligat Jamur

pengertian-jamur-2

Pengertian sifat parasit obligat jamur merupakan sifat jamur yang hanya dapat hidup pada inangnya, sedangkan di luar inangnya tidak dapat hidup. Misalnya, Pneumoniacarinii (khamir yang menginfeksi paru-paru penderita AIDS).

b. Sifat Parasit Fakultatif Jamur

pengertian-jamur-3

Sifat parasit fakultatif jamur adalah jamur yang bersifat parasit jika mendapatkan inang yang sesuai, tetapi bersifat saprofit jika tidak mendapatkan inang yang cocok.

c. Sifat Saprofit Jamur

pengertian-jamur-4

Merupakan jamur pelapuk dan pengubah susunan zat organik yang mati. Jamur saprofit menyerap makanannya dari organisme yang telah mati seperti kayu tumbang dan buah jatuh. Sebagian besar jamur saprofit mengeluarkan enzim hidrolase pada substrat makanan untuk mendekomposisi molekul kompleks menjadi molekul sederhana sehingga mudah diserap oleh hifa. Selain itu, hifa dapat juga langsung menyerap bahan bahan organik dalam bentuk sederhana yang dikeluarkan oleh inangnya.

Sekian penjelasan mengenai pengertian jamur yang mungkin jenisnya ada di lingkungan sekitar, semoga bermanfaat. Untuk lebih jelasnya bisa juga mempelajari tentang klasifikasi jamur.

(Baca juga: Pengertian Populasi)

Pustaka: Belajar Bagus.

Kata Kunci:

pengertian jamur,jamur yang bersifat parasit dan saprofit,jamur yang bisa bersifat parasit dan saprofit disebut,jenis jamur saprofit pada kayu kayu telah mati adalah,nicook kita mulai give awaynya ya berhadiah 50k jawablah pertanyaan ini: jamur biasanya tumbuh pada musim penghujan dan tumbuh pada pokok pohon yang tumbang ataupun di tumbuhan yang lembab jamur dikatakan juga tumbuhan??,apa itu sifat sap,pengertian jamur menurut ilmu pendidikan,pengertian Jamur saprofit menurut jenis makananya,pengertian substrat pada jamur,sebutkan perbedaan oomycota dan mycomycota dan cara reproduksinya
Pengertian Jamur | Wawang Armansyah | 4.5