Pengertian Difusi

Monday, December 1st, 2014 - Biologi, Pendidikan

Pengertian Difusi – Pengertian difusi adalah terjadinya peristiwa mengalir atau berpindahnya suatu zat dalam pelarut dari bagian zat yang berkonsentrasi tinggi menuju ke bagian zat yang berkonsentrasi lebih rendah. Adanya perbedaan konsentrasi yang ada pada dua larutan disebut sebagai gradien konsentrasi. Proses difusi akan terus terjadi sampai seluruh partikel tersebar luas secara merata atau mencapai keadaan kesetimbangan dimana terjadi perpindahan molekul yang tetap terjadi walaupun tidak ada perbedaan keadaan konsentrasi.

Pengertian Difusi

Pengertian Difusi

Pengertian Difusi

Contoh yang sederhana dari pengertian difusi adalah pemberian gula pada cairan teh tawar. Lama-kelamaan cairan teh tawar akan berubah menjadi terasa manis. Contoh lain yakni adanya uap air dari cerek yang berdifusi dalam udara. Ada beberapa proses difusi yang sering terjadi, akan tetapi difusi yang paling sering terjadi adalah proses difusi molekuler. Difusi molekuler terjadi jika terbentuk perpindahan dari sebuah layer atau lapisan molekul yang dalam keadaan diam dari fluida ataukah solid.

Contoh Difusi

Contoh Difusi

Berdasarkan pengertian difusi, proses difusi sangat berpengaruh terhadap faktor internal dan eksternal. Ada beberapa faktor yang memengaruhi kecepatan dari difusi yang terjadi, sebagai berikut:

1. Ukuran dari partikel

Semakin kecil ukuran dari sebuah partikel yang dimiliki suatu zat, maka semakin cepat pula pergerakan dari partike-partikelnya. Hal tersebut memungkinkan kecepatan difusi suatu zat semakin tinggi pula.

2. Ketebalan membran yang hendak dilalui partikel zat

Semakin tebal membrane pembatas yang hendak dilalui oleh partikel-pertikel zat,  maka semakin lambat kecepatan difusi. Sebaliknya apabila membarannya tipis, maka pergerakan pertikel zat akan lebih cepat.

3. Luas suatu area yang ditempati zat untuk mengalir

Semakin luas area yang hendak dilewati zat, maka semakin tinggi pula kecepatan difusinya.

4. Jarak

 Semakin jauh jarak antara kedua konsentrasi zat, maka semakin lambat pergerakan difusi zat.

5. Suhu

Semakin tinggi suhu pada zat yang akna mengalami difusi, maka partikel akan mendapatkan energi untuk bergerak dengan lebih cepat. Energi yang besar memungkinkan pergerakan partikel lebih cepat juga.

Difusi dalam ruang lingkup biologi

Dalam mengambil zat-zat nutrisi yang penting dan mengeluarkan zat-zat yang tidak diperlukan, sel melakukan berbagai jenis aktivitas, dan salah satunya adalah difusi. Berdasarkan pengertian difusi ditinjau dari ruang biologi, terdapat dua jenis difusi yang dilakukan yaitu difusi biasa dan difusi khusus.

Difusi dalam Ruang Lingkup Biologi

Difusi dalam Ruang Lingkup Biologi

Pengertian difusi biasa yaitu difusi yang terjadi ketika sel ingin mengambil nutrisi atau molekul yang hydrophobic atau tidak berpolar atau berkutub. Molekul dapat langsung berdifusi ke dalam membran plasma yang terbuat dari phospholipids. Difusi seperti ini tidak memerlukan energi atau ATP [Adenosine Tri-Phosphate].

Sedangkan pengertian difusi khusus yaitu difusi yang terjadi ketika sel ingin mengambil nutrisi atau molekul yang hydrophilic atau berpolar dan ion. Difusi seperti ini memerlukan protein khusus yang memberikan jalur kepada partikel-partikel tersebut ataupun membantu dalam perpindahan partikel. Hal ini dilakukan karena partikel-partikel tersebut tidak dapat melewati membran plasma dengan mudah. Protein-protein yang turut campur dalam difusi khusus ini biasanya berfungsi untuk spesifik partikel.

Mekanisme difusi

Difusi merupakan proses perpindahan atau pergerakan molekul zat atau gas dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah. Difusi melalui membran dapat berlangsung melalui tiga mekanisme, yaitu simple difusion (difusi sederhana), simple difusion by chanel formed (difusi melalui saluran yang terbentuk oleh protein transmembran), dan fasiliated difusion (difusi difasilitasi).

Pengertian difusi sederhana adalah difusi yang melalui membrane berlangsung karena molekul -molekul yang berpindah atau bergerak melalui membran bersifat larut dalam lemak (lipid) sehingga dapat menembus lipid bilayer pada membran secara langsung. Membran sel permeabel terhadap molekul larut lemak seperti hormon steroid, vitamin A, D, E, dan K serta bahan-bahan organik yang larut dalam lemak, Selain itu, membran sel juga sangat permeabel terhadap molekul anorganik seperti O, CO2, HO, dan H2O.

Beberapa molekul kecil khusus yang terlarut serta ion-ion tertentu dapat menembus membran melalui saluran atau chanel. Saluran ini terbentuk dari protein transmembran, semacam pori dengan diameter tertentu yang memungkinkan molekul yang berdiameter lebih kecil dari diameter pori-pori tersebut dapat melaluinya. Sementara itu, molekul –molekul  yang berukuran lebih besar seperti beberapa garam–garam mineral, asam amino, dan glukosa, tidak bisa menembus membran secara langsung, tetapi memerlukan bantuan protein pembawa atau transporter agar bisa menembus membran. Proses masuknya molekul besar yang melibatkan transforter dinamakan difusi difasilitasi.

Mekanisme difusi difasilitasi

Pengertian difusi difasiltasi (facilitated diffusion) adalah pelaluan zat melalui rnembran plasrna yang melibatkan protein pembawa atau protein transforter. Protein transporter yang tergolong ke dalam protein transmembran yang memliki tempat perlekatan terhadap molekul dan ion yang akan ditransfer ke dalam sel.

Mekanisme Difusi Difasilitasi

Mekanisme Difusi Difasilitasi

Setiap ion danmolekul memiliki protein transforter khusus, misalnya untuk pelaluan suatu molekul glukosa diperlukan protein transforter yang memang khusus dalam mentransfer glukosa ke dalam sebuah sel. Protein transporter untuk glukosa banyak terdapat pada sel-sel otot jantung, rangka, sel-sel hati serta sel lemak, karena keseluruhan sel tersebut selalu membutuhkan glukosa agar dapat mengubahnya menjadi sebuah energi.

Demikian penjelasan mengenai pengertian difusi yang sempat penulis bagikan, semoga bermanfaat.

[Baca juga penjelasa tentang protista mirip tumbuhan, Pengertian Populasi, dan protista mirip jamur].

Kata Kunci:

apa itu difusi molekuler,contoh difusi biasa dan difusi khusus,contoh difusi langsung dan tidak langsung,Difusi vitamin adalah,faktor eksternal yang mempengaruhi kecepatan difusi,kecepatan difusi internal pengertian,pori pori yang mempengaruhi kecepatan difusi,Proses difusi vitamin
Pengertian Difusi | Wawang Armansyah | 4.5