Protista Mirip Jamur (Materi Lengkap)

Monday, December 1st, 2014 - Biologi, Pendidikan

Protista Mirip Jamur (Jamur Protista) – Protista mirip jamur merupakan spesies yang berada dalam kingdom protista tetapi memiliki kemiripan dengan jamur. Kemiripannya dengan jamur ditinjau dari ciri-ciri yang dimiliki serta proses fisiologinya. Salah satu protista mirip jamur diantaranya jemur lendir. Kelompok jamur lendir dan jamur air dimasukkan dalam kingdom protista. Kelompok ini memiliki ciri-ciri aktif seperti Amoeba yang akan berkembang menjadi fase multiseluler dan akan menghasilkan spora.

Protista Mirip Jamur

Protista Mirip Jamur

Protista Mirip Jamur

Filum protista mirip jamur dibagi dalam dua filum yaitu Myxomycota (jamur lendir) dan Oomycota (jamur air).

Filum Myxomycota (Jamur Lendir)

Filum protista mirip jamur salah satunya Myxomycota. Yang termasuk ke dalam filum ini adalah filum jamur lendir dimana terdapat banyak di hutan basah, batang kayu yang membusuk, tanah lembab, sampah basah, kayu lapuk. Jamur lendir dapat bereproduksi dengan cara vegetatif dan cara generatif.

Filum Myxomycota

Filum Myxomycota

Fase vegetatif, plasmodium bergerak ameboid mengelilingi dan menelan makanan berupa bahan organik. Makanan dicerna dalam Vacuola makanan, sisa yang tidak dicerna ditinggal sewaktu plasmodium bergerak. Jika telah dewasa plasmodium membentuk sporangium (kotak spora).

Sporangium yang masak akan pecah dan spora tersebar dengan bantuan angin. Spora yang berkecambah akan membentuk sel gamet yang bersifat haploid, dan sel gamet ini melakukan singami. Yang dimaksud dengan singami adalah peleburan dua gamet yang bentuk dan ukurannya sama (yang tidak dapat dibedakan jantan dan betinanya). Hasil peleburan berupa zigot dan zigot tumbuh dewasa.

Jamur lendir ini memiliki dua tipe yaitu tidak bersekat (Mixomycota) dan bersekat (Acrasiomycota). Siklus hidup Acrasiomycota merupakan sel tunggal yang bebas. Sel berkumpul membentuk suatu masa multiseluler tunggal. Masa sel berbentuk siput, bergerak atau bermigrasi menuju lokasi yang cacah. Ketika berhenti bergerak, siput mengatur untuk membentuk tangkai (stalk) dengan kotak spora diujung (dipuncak). Pada saat kotak spora matang, kotak spora melepaskan spora ke udara. Spora tersebut terdiri dari sel yang haploid. Contohnya adalah Dictyostelium discoideum

Filum Oomycota (Jamur Air)

Filum Oomycota merupakan jamur yang hidup pada habitat dengan kondisi lembab (air). Ada beberapa ciri-ciri yang dimiliki oleh filum oomycota yang membedakan dengan filum Myxomycota. Berikut ciri-cirinya:

Filum Oomycota

Filum Oomycota

  • Oomycota memiliki benang-benang hifa yang tidak bersekat melintang di dalamnya, serta memiliki inti dalam jumlah yang banyak.
  • Dinding sel pada filum ini terdiri dari selulosa
  • Melakukan reproduksi secara aseksual dengan membentuk zoospore serta memiliki 2 flagela yang digunakan untuk berenang. Untuk reproduksi seksualnya dengan membentuk gamet, setelah fertilisasi akan membentuk zigot dan mengalami pertumbuhan menjadi oospora.

Contoh jamur pada filum oomycota atau jamur air yang termasuk protista mirip jamur diantaranya Saprolegnia, Phytophtora, dan Pythium. Jamur jenis Saprolegnia merupakan jamur yang hidup saprofit pada hewan-hewan yang mati di air.

Jamur Phytophthora merupakan jamur karat putih yang memiliki dua sifat yaitu ada yang hidup saprofit dan ada juga yang hidup sebagai parasit. Jamur karat putih yang hidup sebagai parasit diantaranya Phytophtora infestans yang bersifat parasit pada kentang. Phytophtora nicotinae hidup parasit pada tembakau dan Phytophtora palmifera hidup parasit pada kelapa.

Contoh Filum Oomycota Saprolegnia

Contoh Filum Oomycota Saprolegnia

Protista mirip jamur ini terkadang susah untuk dibedakan dengan kingdom fungi (jamur). Perlu pemahaman yang baik untuk dapat membedakannya. Pemahaman terhadap ciri-ciri yang dimiliki mempermudah dalam pengelompokannya sebagai protista mirip jamur.

Demikian penjelasan mengenai protista mirip jamur di atas, semoga bermanfaat.

[Baca juga penjelasan lain tentang protista mirip tumbuhan].

Kata Kunci:

protista mirip jamur,reproduksi protista mirip jamur,protista,filum oomycota,pengertian protista mirip jamur,singami pada daur reproduksi protista mirip jamur adalah peleburan dua gamet yang,materi tentang protista mirip jamur,Ciri ciri protista mirip jamur,protista mirip jamur lendir,Jelaskan tentang pembagian filum protista mirip jamur
Protista Mirip Jamur (Materi Lengkap) | Wawang Armansyah | 4.5