Protista Mirip Tumbuhan

Monday, December 1st, 2014 - Biologi, Pendidikan

Protista Mirip Tumbuhan (Alga) – Protista mirip tumbuhan merupakan kingdom yang anggotanya memiliki persamaan ciri dengan tumbuhan. Anggota kingdom protista yang memiliki kemiripan dengan tumbuhan adalah alga. Ukuran yang dimiliki alga beragam, ada yang berukuran mikroskopis dan ada juga yang berukuran makroskopis. Contoh algamikroskopis yaitu Euglena dan Navicula. Contoh alga makroskopis yaitu Laminaria dan Eucheuma. Sel-sel alga dikelilingi dinding sel sehingga mempunyai bentuk yang tetap. Nukleusnya bersifat eukariotik yaitu intinya membrane.

Protista Mirip Tumbuhan

Protista Mirip Tumbuhan

Protista Mirip Tumbuhan

Alga terdiri atas alga uniseluler (bersel satu) dan alga multiseluler (memiliki sel banyak). Alga uniseluler,ada yang hidup sendiri (soliter) dan ada yang hidup berkoloni. Bentuk alga uniseluler antara lainbulat, oval,atau seperti buah pir. Bentuk protista mirip tumbuhan (alga) multiseluler biasanya berupa lembaran atauberbentuk benang. Alga mempunyai plastida berupa kloroplas sehingga bersifat autotrof yangberarti mampu membuat makanan sendiri. Kloroplas berfungsi untuk menyerap energy cahaya matahari yang berguna untuk proses fotosintesis.

Pada protista mirip tumbuhan ini memiliki pigmen utama untuk fotosintesis yaitu klorofil. Selain klorofil,setiap jenis alga mempunyai pigmen tambahan. Pigmen itu antara lain karoten, fikobilin, xantofil, dan fukosantin. Warna alga ditentukan oleh jenis pigmen yang dominan pada alga kloroplasnya terdapat pirenoid. Pirenoid berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan cadangan. Jenis makanan cadangan setiap jenis alga berbeda-beda. Makanan cadangan dapat berupa paramilon, zat tepung, leukosin, dan laminarin.

Reproduksi Protista Mirip Tumbuhan (Alga)

Alga (protista mirip tumbuhan) bereproduksi secara aseksual dan seksual. Reproduksi aseksual aseksual pada alga terjadi dengan cara pembelahan biner, fragmentasi, dan pembentukan spora. Pembelahan biner hanya terjadi pada Alga uniseluler. Pada pembelahan biner, sel induk alga membelah menjadi dua bagian yang sama, kemudian tumbuh menjadi alga. Fragmentasi terjadi pada alga multiseluler yang berbentuk benang atau lembaran.

Pada fragmentasi, sebagian tubuh alga terputus dan tumbuh menjadi alga baru. Reproduksi aseksual menggunakan spora terjadi pada alga uniseluler dan alga multiseluler. Spora dihasilkan dari dinding sel induk. Setelah masak, spora keluar dari dinding induk dan tumbuh menjadi alga baru yang haploid.. Reproduksi seksual pada alga terjadi dengan penyatuan gamet yang berbeda jenis. Penyatuan dua gamet terjadi dengan perantara air. Penyatuan tersebut menghasilkan zigot yang akan tumbuh menjadi individu protista mirip tumbuhan.

Klasifikasi Protista Mirip Tumbuhan (Alga)

Pengklasifikasian alga berdasarkan padapigmen yang dominan, komponen penyusun dinding sel, jumlah dan posisi flagella, serta bentuk makanan cadangan. Alga dikelompokkan dalam tujuh filum protista mirip tumbuhan yaitu Euglenophyta, Pyrrophyta, Bacillariophyta, Chlorophyta, Chrysophyta, Phaeophyta, dan Rhodophyta.

1. Filum Euglenophyta

Filum Euglenophyta merupakan protista mirip tumbuhan berupa organisme uniseluler yang memperlihatkan ciri seperti tumbuhan sekaligus seperti hewan. Euglenophyta dianggap mirip tumbuhan karena mempunyai dan dapat berfotosintesis. Selain klorofil, Euglenophyta juga mempunyai karatenoid dan xantofil. Euglenophyta dikatakan mirip hewan karena selnya tidak mempunyai dinding, dapat bergerak bebas, dan mempunyai bintik mata. Habitat Euglenophyta didalam tanah, air tawar, dan tempat-tempat yang lembab.

Filum Euglenophyta

Filum Euglenophyta

Contoh Euglenophyta yaitu Euglenasp. Euglena sp. Banyak kita jumpai disawah atau di air yang menggenang. Euglena sp. Berbentuk oval memanjang, disalah satu ujungnya terdapat mulut sel, dan bergerak menggunakan flagella. Reproduksi Euglena sp. dengan cara membelah diri.

2. Filum Pyrrophyta (Alga api)

Filum Pyrrophyta (Alga api) disebut alga api karena beberapa alasan berikut:

Filum Pyrrophyta

Filum Pyrrophyta

  • Mampu berpendar (flurosen) sehingga laut tampak bercahaya pada malamhari. Contohnya : Noctiluca.
  • Jumlahnya dapat melimpah sehingga air laut tampak berwarna merah kecokelatan (red tide). Contohnya Gymnodium dan Gonyaulax. Kedua spesies tersebut dapat menghasilkan racun (toksin) yang dapat membunuh hewan laut disekitarnya. Alga api dikenal juga sebagai Dinoflagellata yang mempunyai ciri uniseluler dan bergerak aktif. Dinding selnya berupa lempengan selulosa berbentuk polygonal, mempunyai pigmen klorofil, karotenoid, dan xantofil. Tubuh alga api berwarna cokelat . Reproduksi aseksualnya dengan cara membelah diri. Sebagian besar Pyrrophyta hidup di laut dan sebagian kecil di air tawar.

3. Filum Bacillarophyta (Diatom)

Filum Bacillarophyta (Diatom) merupakan protista mirip tumbuhan tergolong organisme uniseluler, mempunyai dinding sel dari bahan silikat hidrat, mengandung pigmen klorofil, karotenoid, dan xantofil. Dinding selnya tersusun atas dua belahan yaitu kotak (hipoteka) dan tutup (epiteka). Habitatnya di air tawar dan dilaut.

Filum Bacillarophyta

Filum Bacillarophyta

Contoh Bacillarrophyta : navicula. Navicula dapat dimanfaatkan sebagai campuran semen, bahan penggosok,dan dinamit.

4. Filum Chlorophyta

Filum Chlorophyta ada yang bersifat uniseluler dan ada pula yang multiseluler. Dinding sel protista mirip tumbuhan pada filum ini tersusun atasbahan selulosa. Chlorophyta mempunyai pigmen klorofil dan karotenoid. Tubuhnya berwarna hijau. Habitatnya sebagian besar diair tawar. Beberapa diantaranya hidup diair laut. Reproduksi seksualnya dengan cara konjugasi. Reproduksi aseksual dengan cara pembelahan biner, fragmentasi, dan pembentukan zoospore.

Salah Satu Filum Chlorophyta

Salah Satu Filum Chlorophyta

Beberapa contoh Chlorophyta sebagai berikut:

  • Chlorella Mikroorganisme ini berbentuk bulat dan mempunyai kloroplas berbentuk mangkok. Reproduksi vegetatif dengan cara pembelahan sel. Chlorella mengandung protein tinggi dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan, kosmetik, dan bahan makanan.
  • Chlamydomonas Mikroorganisme ini berbentuk bulat telur dan mempunyai dua flagella sebagaai alatgerak. Pada kloroplasnya yang berbentuk mangkok terdapat stigma dan pirenoid sebagai tempat pembentukan zat tepung. Reproduksi seksualnya dengan cara konjugasi sedangkan reproduksi aseksualnya dengan cara membentuk zoospora.
  • Hydrodictyon Koloni Hydrodictyon berbentuk jala dan banyak ditemukan di air tawar. Reproduksi seksualnya dengan cara konjugasi. Rreproduksi aseksualnya dengan cara fragmentasi dan membentuk zoospora.
  • Volvox Koloni Volvox berbentuk bola. Organisme ini banyak ditemukan di air tawar, bergerak menggunakan flagella, dan mempunyai bintik mata. Reproduksi seksualnya secara konjugasi. Reproduksi aseksualnya secara fragmentasi.
  • Spirogyra Sel Spirogyra berbentuk seperti benang dan kloroplasnya berbentuk spiral. Reproduksi seksualnya secara konjugasi dan reproduksi aseksualnya secara fragmentasi.
  • Ulva Ulva merupakan organisme berbentuk seperti lembaran daun. Organisme ini hidup menempel di dasar perairan laut dangkal. Ulva ini selama daur hidupnya mengalami metagenesis.
  • Chara Chara merupakan organisme yang menyerupai batang beruas-ruas dan bercabang-cabang. Hidupnya di air tawar. Pada ruas-ruas tubuh Charater dapat nukula dan globula. Nukola mengandung arkegonium penghasil ovum. Globula mengandung anteridium penghasil spermatozoid. Pembuahan ovum oleh spermatozoid menghasilkan zigospora yang akan berkembang menjadi individu baru. Reproduksi aseksual Chara dilakukan dengan cara fragmentasi.

5. Filum Chrysophyta

Filum Chrysophyta merupakan organisme uniseluler dan multiseluler berupa protista mirip tumbuhanyang mempunyai pigmen klorofil, karotenoid, dan xantofil. Oleh karena tubuhnya yang berwarna cokelat keemasan, Chrysophyta disebut juga golden brown alga (alga cokelat keemasan). Habitatnya di air tawar dan air laut. Chrysophyta banyak terdapat di perairan laut.

Filum Chrysophyta

Filum Chrysophyta

Contoh Chrysophyta: Ochromonas (uniseluler), dan Synura ( berbentuk koloni).

6. Filum Phaeophyta

Filum Phaeophyta merupakan organism multiseluler yang menyerupai tumbuhan karena mempunyai alat yang bentuknya mirip akar, batang, dan daun. Warna kecokelatan karena mempunyai pigmen fukosantin. Sebagian besaranggota Phaeophyta hidup didasar perairan dan talusnya terapung diperairan. Reproduksi seksualnya dengan cara peleburan sel kelamin.

Filum Phaeophyta

Filum Phaeophyta

Adapun reproduksi aseksualnya dengan cara pembentukan zoospore contohnya Laminaria. Laminaria menghasilkan asam alginat sebagaibahan pembuat gel untuk industry makanan, pakaian, dan kosmetik. Laminaria juga dimanfaatkan sebagai bahan obat karena menghasilkan garam sodium, potasium, dan yodium. Asam alginat juga dihasilkan oleh protista mirip tumbuhan (Phaeophyta) yang lain, misalnya Macroystis, Fucus, dan Ascophylum.

7. Filum Rhodophyta

Filum Rhodophyta merupakan organism multiseluler, bentuk tubuhnya seperti rumput, serta mengandung pigmen klorofil, karotenoid, dan fikobilin.Oleh karena tubuhnya yang berwarna merah. Rhodophyta disebut juga red alga (alga merah). Habitat Rhodophyta di air laut dan reproduksi seksualnya dengan cara peleburan sel kelamin.

Filum Rhodophyta

Filum Rhodophyta

Contoh Rhodophyta yaitu Gelidium dan Eucheuma, sering digunakan sebagai bahan pembuat agar-agar. Gracillaria, Chondrus,dan Porphyra merupakan contoh protista mirip tumbuhan pada filum Rhodophyta yang dapat dikonsumsi sebagai makanan.

Demikian penjelasan mengenai protista mirip tumbuhan, semoga bermanfaat.

[Baca juga penjelasan mengenai Jamur Tiram Putih dan Pengertian Jamur].

Kata Kunci:

protista mirip tumbuhan,sebutkan tujuh filum anggota protista mirip tumbuhan dan jenis makanan cadangan yang dimilikinya,reproduksi protista mirip tumbuhan,sebutkan 7 filum anggota protista mirip tumbuhan dan jenis makanan cadangan yg dimilikinya,protista mirip tumbuhan berdasarkan habitat diperairan,protista mirip tumbuhan berdasarkan pigmennya dan di kelompokan,protista mirip tumbuhan dikelompokan menjadi 7,protista mirip tumbuhan dikelompokkan ke dalam beberapa phylum,protista mirip tumbuhan euglenophyt,protista mirip tumbuham
Protista Mirip Tumbuhan | Wawang Armansyah | 4.5