Tumbuhan Langka

Sunday, December 7th, 2014 - Biologi, Pendidikan

Tumbuhan Langka di Dunia – Tumbuhan langka merupakan tumbuhan yang spesiesnya kini terancam hilang dari peradaban atau akan punah dan tinggal sejarah kingdom plantae. Tumbuhan langka wajib dipelihara dan dilindungi untuk melangsungkan spesiesnya ke masa yang akan datang.

Tumbuhan Langka

Ada beberapa tumbuhan langka sebagai berikut:

1. Dionaea muscipula

Salah satu tumbuhan langka yaitu tanaman karnivora dengan aktivitas paling terkenal, karena aktivitas dan efisiensinya dalam memerangkap mangsa. Pasangan daunnya yang menjadi ciri khas tanaman ini adalah perangkap yang memiliki rambut yang ultra sensitif, yang dapat merasakan adanya hewan atau serangga kecil yang datang. Begitu rambut di daun ini tersentuh, maka daun akan menutup dan memerangkap hewan apapun yang mendekatinya.

Dionaea Muscipula

Dionaea muscipula

Flytraps yang memiliki lebih dari 7 daun adalah koloni yang dibentuk oleh mawar yang dibagi di bawah tanah. Ilustrasi dari Majalah Botanical Curtis oleh William Curtis (1746-1799). Tepi lobus yang dibatasi oleh rambut seperti kaku tonjolan atau silia, yang mesh bersama dan mencegah mangsa besar dari melarikan diri. Jika mangsa terlalu kecil dan lolos, perangkap akan dibuka kembali dalam waktu 12 jam. Kecepatan yang dekat perangkap dapat digunakan sebagai indikator kesehatan umum tanaman.

The Venus penangkap lalat merupakan satu dari beberapa tumbuhan langka yang menunjukkan variasi dalam bentuk tangkai daun dan panjang dan apakah daun terletak datar di tanah atau meluas sampai pada sudut sekitar 40-60 derajat. Empat bentuk utama adalah typica  yang paling umum, dengan petioles yg berbaring luas; erecta, dengan daun pada sudut 45 derajat, linearis, dengan petioles sempit dan daun pada 45 derajat, dan filiformis, dengan tangkai yang sangat sempit atau linier. 

2. Welwitschia mirabilis – Tumbuhan Langka

Tumbuhan langka ini kelihatannya tidak semenarik tumbuhan langka lainnya, tapi tumbuhan asli Namibia ini memang luar biasa, dan cuma satu-satunya. Tumbuhan ini hanya punya dua daun, dan satu batang dan sistem akar, cuman itu aja! Umur tanaman ini bisa mencapai 400 sampai 15 abad!. Selain itu, tanaman yang dalam bahasa Namibia disebut Onyanga ini ternyata enak untuk dimakan baik dimakan mentah maupun dimasak dalam bara.

Welwitschia mirabilis

Welwitschia mirabilis

Gnetales, Coniferales, Cycadales dan Ginkgoales – muncul selama Akhir Paleozoikum, dan menjadi dominan komponen dari Permian Akhir flora dan Mesozoikum Bukti fosil menunjukkan. Jacobson dan Lester menunjukkan bahwa habitat awal Welwitschiaceae lebih mesic daripada kondisi padang pasir saat ini, dan bahwa distribusi populasi saat ini terfragmentasi dan terisolasi dapat dikaitkan dengan aridification selama Tersier dan Kuarter, yang membatasi tanaman lokal menyediakan air yang cukup untuk kebutuhan mereka.

3. Rafflesia arnoldi

Tumbuhan langka ini mendapat perhatian luar biasa di dunia. Bayangkan ukuran bunganya yang dapat mencapai 1 meter dan beratnya sendiri bisa mencapai 8 kg sampai 12 kg. Makanya bunga ini disebut bunga bangkai di negara kita, yang adalah habitat asli bunga ini. Bunga ini akan mekar seminggu atau tiga hari, dan menarik serangga untuk membuahi dengan bau busuk yang dipancarkan oleh bunga ini. Bunga Rafflesia arnoldii dari tumbuh dengan diameter sekitar satu meter (3 kaki) dan berat hingga 11 kilogram (24 pon).

Rafflesia arnoldi

Rafflesia arnoldi

Tumbuhan langka yang satu ini mirip dengan jamur, individu tumbuh sebagai benang-seperti helai jaringan benar-benar tertanam dalam dan kontak intim dengan sel inang sekitarnya dari mana nutrisi dan air yang diperoleh. Tanaman ini tidak menghasilkan daun, batang atau akar dan tidak memiliki klorofil. Mungkin satu-satunya bagian dari Rafflesia yang diidentifikasi dengan jelas menyerupai tanaman adalah bunga, walaupun, bahkan ini tidak biasa karena mereka mencapai proporsi besar, memiliki warna coklat kemerahan dan bau daging yang membusuk. Aroma ini menarik serangga seperti lalat yang kemudian menyerbuki tanaman langka. Hal ini tidak menjadi bingung dengan titan arum, Amorphophallus titanum, yang juga sering disebut sebagai mayat bunga karena bau menjijikkan nya.

4. Desmodium gyrans

Desmodium gyrans

Desmodium gyrans

Tanaman ini gampang skeali tumbuh, hanya butuh matahari dan air saja tanpa perlu pupuk yang rumit. Tanaman ini terkenal dengan gerakan kecil, selebaran lateral pada kecepatan yang cukup cepat untuk dipahami dengan mata telanjang. Ini adalah strategi untuk memaksimalkan cahaya dengan melacak matahari. Tanaman ini adalah tanaman endemik di daerah Great Karoo, Afrika Selatan. Karena bentuknya yang lucu, banyak penggemar tanaman akhirnya mengambil tanaman ini dan mengkoleksinya, sehingga populasinya rusak berat dan menjadikannya masuk ke daftar tumbuhan langka.

5. Tumbuhan Langka Euphorbia obesa

Euphorbia Obesa terlihat seperti bola yang sempurna, tanpa duri dan sangat dekoratif. Hal ini juga dikenal sebagai tanaman bisbol melihat bentuknya. Diameternya 6 cm untuk kaula muda, tetapi bisa mencapai 15 cm untuk yang lama. Bentuknya bulat untuk individu muda dan silinder untuk yang lama. Ini adalah hijau dengan garis-garis terang atau lebih gelap horisontal. Di alam liar, dan dengan paparan sinar matahari langsung, itu menunjukkan daerah merah dan ungu.

Euphorbia obesa

Euphorbia obesa

Tumbuhan langka ini memiliki bunga-bunga kecil tidak signifikan di puncak. Hidup dalam kondisi yang sama pada dua benua yang berbeda, Euphorbia Obesa menyajikan konvergensi formulir dengan Astrophytum asterias yang merupakan kaktus dari Meksiko.

6. Amorphophallus titanum 

Bunga yang satu ini tinggi besar, bahkan lebih tinggi dari manusia. bunga yang ini yang ternyata mendapat julukan bunga bangkai, karena selain baunya yang memang mirip bangkai, juga warnanya meniru daging yang membusuk. Dalam kasus titan arum, spathe berwarna hijau di bagian luar dan gelap merah anggur merah di dalam, dan sangat berkerut. Kedua bunga jantan dan betina tumbuh di perbungaan yang sama. Hal ini biasanya mencegah bunga dari penyerbukan sendiri.

Amorphophallus titanum

Amorphophallus titanum

Setelah bunga mati kembali, daun tunggal, yang mencapai ukuran pohon kecil, tumbuh dari umbi bawah tanah. Daun tumbuhan langka ini tumbuh pada tangkai yang agak hijau yang cabang menjadi tiga bagian di atas, masing-masing berisi banyak selebaran. Struktur daun bisa mencapai 6 meter (20 kaki) dan 5 meter (16 kaki) di seluruh. Setiap tahun, daun tua meninggal dan yang baru tumbuh di tempatnya. Umbi adalah yang terbesar diketahui, biasanya dengan berat sekitar 50 kilogram (110 lb). 

7. Tumbuhan Langka Boabab

Pohon ini merupakan tumbuhan langka asli daerah Madagaskar, Afrika dan Australia. Pohon ini disebut pohon botol, karena selain bentuknya yang memang mirip botol, pohon ini ternyata memang dapat meyimpan sampai dengan 300 liter air! Adansonia adalah genus dari delapan spesies pohon, enam asli Madagaskar, satu asli daratan Afrika dan Semenanjung Arab dan satu ke Australia. populasi selatan dan timur Afrika.

Baobab

Baobab

Baru-baru ini pohon dibagi menjadi dua bagian dan sangat mungkin bahwa pohon gagah berani sekarang adalah Sunland baobab, juga di Afrika Selatan. Diameter pohon ini adalah 10,64 m (34,9 ft), dengan lingkar perkiraan 33,4 m (110 kaki).

8. Dracaena cinnabari 

Tanaman ini asli kepulauan Socotra. Pohon ini dikenal dengan nama Pohon Darah Naga atau Pohon Naga Socotra. Bentuknya yang unik, seperti payung, ternyata hanya satu dari uniknya pohon ini. Nama darah naga dari pohon ini ternyata diambil dari getah pohon ini yang berwarna merah. Persis seperti darah naga di Harry Potter, ternyata darah naga dari pohon ini berguna untuk pengobatan. The Dragon pohon darah merupakan tumbuhan langka yang paling terkenal dan khas dari pulau Socotra. Spesies ini cemara dinamai resin gelap merah, yang dikenal sebagai darah naga.

Dracaena cinnabari

Dracaena cinnabari

Seiring dengan spesies Dracaena arborescent lain memiliki kebiasaan pertumbuhan yang khas yang disebut Dracoid habitus. Buah-buahan berry berdaging kecil yang berisi antara 1 dan 3 biji. Ketika mereka mengembangkan mereka berubah dari hijau menjadi hitam dan kemudian menjadi oranye sekali mereka yang matang. Berries yang dimakan oleh burung (misalnya spesies Onychognatus) dan dengan demikian tersebar. Benih adalah antara 4mm dan 5mm diameter dan berat rata-rata 68 mg. berries memancarkan resin merah tua, yang dikenal sebagai darah naga.

Ini cabang pada saat jatuh tempo untuk menghasilkan payung berbentuk mahkota, dengan daun yang mengukur sampai 60 sentimeter panjang dan 3 sentimeter lebar. Batang dan cabang-cabang dari darah naga yang tebal dan gemuk dan menampilkan dikotomis bercabang, di mana masing-masing cabang berulang kali membagi dalam dua bagian.

9. Hura brasiliensis

Hura brasiliensis

Hura brasiliensis

Tanaman ini ternyata merupakan salah satu tumbuhan langka yang berasal dari hutan tropis Amazon. Pohon Neraka, atau ada juga yang menjuluki Pohon Kotak Pasir (sandboxtree). Dan buah pohon ini nggak main-main, begitu matang, buah pohon ini akan meledak! Bahkan kekuatan ledakan pohon ini sanggup melukai manusia dan hewan yang tidak sengaja lewat di dekat pohon ini! Pohon Sandbox dapat tumbuh hingga 60 meter (200 kaki), dan daun ovate besar tumbuh dua kaki lebar. Bunga-bunga merah tidak memiliki kelopak. Bunga jantan tumbuh di paku panjang, bunga betina yang soliter di axils. Pohon ini menyukai tanah basah, dan bayangan parsial atau matahari parsial untuk sinar matahari penuh. Hal ini sering dibudidayakan untuk naungan.

Demikian penjelasan tentang tumbuhan langka, semoga bermanfaat.

[Baca juga penjelasan mengenai cacing kremi dan macam macam jamur].

Kata Kunci:

apa penjelasan dari obesa,Pohon langka yang tangkainya warna orange
Tumbuhan Langka | Wawang Armansyah | 4.5