Ciri ciri Kingdom Monera

Sunday, January 25th, 2015 - Biologi

Ciri ciri Kingdom MoneraCiri ciri kingdom monera atau yang biasa disebut sebagai dunia prokariota ini begitu beragam. Dalam hal dampak metabolisme dan jumlahnya, monera masih mendominasi biosfer, mengalahkan jumlah gabungan seluruh eukariota atau makhluk hidup lainnya. Jumlah monera yang hidup di ujung jarum, mulut atau kulit manusia jauh melebihi jumlah total manusia yang sudah pernah hidup di bumi. Monera juga merupakan organisme yang paling mudah berkembang biak dan memperbanyak populasinya. Monera juga dapat hidup pada habitat yang terlalu panas, terlalu dingin, terlalu asin, terlalu asam atau terlalu basa untuk eukariota apapun.

Ciri ciri Kingdom Monera

Meskipun monera adalah mikroskopik, dampaknya pada bumi dan seluruh kehidupan sangat luar biasa. Hanya sebagian kecil saja monera yang merugikan kehidupan sedangkan sebagian besar monera sangat menguntungkan bagi kehidupan di muka bumi ini. Sebagai contoh, monera tertentu merombak bahan-bahan dari organisme yang telah mati dan mengembalikan unsur kimia yang penting, yaitu senyawa anorganik yang sangat dibutuhkan oleh tumbuhan yang kemudian akan dikonsumsi manusia dan hewan.

Ciri ciri Kingdom Monera

Ciri ciri Kingdom Monera

Berikut ini ciri ciri kingdom monera yang dimilikinya secara umum sebagai pembeda dengan kingdom-kingdom dari organisme lainnya.

  1. Kingdom monera ciri-ciri selnya tidak memiliki nukleus, materi genetiknya terkonsentrasi pada suatu daerah yang disebut nukleoid, tetapi tidak ada membran yang memisahkan daerah ini dari bagian sel lainnya.
  2. Kingdom monera memiliki flagell sepersepuluh flagel eukariotik.
  3. Organisasi seluler dan genetik kingdom monera memiliki genom yang lebih kecil dan lebih sederhana, kurang lebih ciri ciri kingdom monera memiliki genom seperseribu dari DNA eukariota.
  4. Membran monera telah mengalami spesialisasi, yakni adanya lipatan-lipatan ke arah dalam oleh membran plasma hasil sisa krista-krista mitokondria yang berfungsi dalam respirasi seluler monera aerobik.
  5. Genom monera hanya sebuah molekul DNA sirkular untai ganda.

Ciri ciri Kingdom Monera pada Proses Reproduksinya

a. Reproduksi aseksual kingdom monera

Contoh monera adalah bakteri. Pada umumnya bakteri berkembang biak dengan pembelahan biner, artinya pembelahan terjadi secara langsung, dari satu sel membelah menjadi dua sel anakan. Masing-masing sel anakan akan membentuk dua sel anakan lagi, demikian seterusnya. Proses pembelahan biner diawali dengan proses replikasi DNA menjadi dua kopi DNA identik, diikuti pembelahan sitoplasma dan akhirnya terbentuk dinding pemisah di antara kedua sel anak bakteri.

b. Reproduksi seksual kingdom monera

Ciri ciri kingdom monera – Bakteri berbeda dengan eukariota dalam hal cara penggabungan DNA yang datang dari dua individu ke dalam satu sel. Pada eukariota, proses seksual secara meiosis dan fertilisasi mengkombinasi DNA dari dua individu ke dalam satu zigot. Akan tetapi, jenis kelamin yang ada pada ekuariota tidak terdapat pada prokariota. Meiosis dan fertilisasi tidak terjadi, sebaliknya ada proses lain yang akan mengumpulkan DNA bakteri yang datang dari individu-individu yang berbeda. Proses-proses ini adalah pembelahan transformasi, transduksi dan konjugasi.

  • Transformasi

Dalam konteks genetika bakteri, transformasi merupakan perubahan suatu genotipe sel bakteri dengan cara mengambil DNA asing dari lingkungan sekitarnya. Misalnya, pada bakteri Streptococcus pneumoniae yang tidak berbahaya dapat ditransformasi menjadi sel-sel penyebab pneumonia dengan cara mengambil DNA dari medium yang mengandung sel-sel strain patogenik yang mati.

Transformasi

Transformasi

Transformasi ini terjadi ketika sel nonpatogenik hidup mengambil potongan DNA yang kebetulan mengandung alel untuk patogenisitas (gen untuk suatu lapisan sel yang melindungi bakteri dari sistem imun inang) alel asing tersebut kemudian dimasukkan ke dalam kromosom bakteri menggantikan alel aslinya untuk kondisi tanpa pelapis. Proses ini merupakan rekombinasi genetik-perputaran segmen DNA dengan cara pindah silang (crossing over). Sel yang ditransformasi ini sekarang memiliki satu kromosom yang mengandung DNA, yang berasal dari dua sel yang berbeda. – Ciri ciri kingdom monera.

  • Transduksi

Transduksi

Transduksi

Pada proses transfer DNA yang disebut transduksi, faga membawa gen bakteri dari satu sel inang ke sel inang lainnya. Ada dua bentuk transduksi yaitu transduksi umum dan transduksi khusus. Keduanya dihasilkan dari penyimpangan pada siklus reproduktif faga.

  • Konjugasi dan Plasmid

Konjugasi merupakan transfer langsung materi genetik antara dua sel bakteri yang berhubungan sementara. Proses ini, telah diteliti secara tuntas pada E. Coli. Transfer DNA adalah transfer satu arah, yaitu satu sel mendonasi (menyumbang) DNA, dan “pasangannya” menerima gen. Donor DNA, disebut sebagai “jantan”, menggunakan alat yang disebut piliseks untuk menempel pada resipien (penerima) DNA dan disebut sebagai “betina”. Kemudian sebuah jembatan sitoplasmik sementara akan terbentuk diantara kedua sel tersebut, menyediakan jalan untuk transfer DNA. – Ciri ciri kingdom monera.

Konjugasi dan Plasmid

Konjugasi dan Plasmid

Plasmid  adalah molekul DNA kecil, sirkular dan dapat bereplikasi sendiri, yang terpisah dari kromosom bakteri. Plasmid-plasmid tertentu, seperti plasmid f, dapat melakukan penggabungan reversibel ke dalam kromosom sel. Genom faga bereplikasi secara terpisah di dalam sitoplasma selama siklus litik, dan sebagai bagian integral dari kromosom inang selama siklus lisogenik. Plasmid hanya memiliki sedikit gen, dan gen-gen ini tidak diperlukan untuk pertahanan hidup dan reproduksi bakteri pada kondisi normal. Walaupun demikian, gengen dari plasmid ini dapat memberikan keuntungan bagi bakteri yang hidup di lingkungan yang banyak tekanan. Contohnya, plasmid f mempermudah rekombinasi genetik, yang mungkin akan menguntungkan bila perubahan lingkungan tidak lagi mendukung strain yang ada di dalam populasi bakteri.

Demikian penjelasan mengenai ciri ciri kingdom monera, semoga bermanfaat.

(Baca: Pengertian Menstruasi, Masa Subur Wanita Setelah Menstruasi, dan Pengertian Fertilisasi)

Kata Kunci:

ciri kingdom monera,jelaskan ciri ciri kingdom monera,jelaskan langkah langkah proses reproduksi monera,ciri morfologi kingdom monera,ciri kingdom tertentu,apabila monera mengambil dna yang dilepas monera lain ke lingkungan sekitarnya maka monera tersebut melakukan proses,ciri ciri kingdom monera,ciri ciri bakteri perkembangbiakannya pada manusia untung/rugi,cara berkembang biak kingdom monera,belajar tentang monera
Ciri ciri Kingdom Monera | Wawang Armansyah | 4.5