Masa Subur Wanita Setelah Menstruasi

Sunday, January 25th, 2015 - Biologi

Masa Subur Wanita Setelah Menstruasi – Masa subur wanita setelah menstruas adalah suatu masa dalam siklus menstruasi perempuan dimana terdapat sel telur matang yang siap dibuahi, sehingga bila perempuan tersebut melakukan hubungan seksual maka dimungkinkan terjadi kehamilan. Masa subur merupakan rentang waktu pada wanita yang terjadi sebulan sekali.

Masa Subur Wanita Setelah Menstruasi

Masa Subur Wanita Setelah Menstruasi

Masa Subur Wanita Setelah Menstruasi

Masa subur wanita setelah menstruasi adalah masa di mana ada satu sel telur yang siap untuk dibuahi oleh sel sperma di saluran telur (tuba fallopi) yang terjadi satu bulan sekali. Sel telur ini mampu bertahan hidup dalam keadaan siap dibuahi hanya selama 1-2 hari.

Hormon yang Mempengaruhi Masa Subur Wanita Setelah Menstruasi 

Masa subur berkaitan erat dengan siklus menstruasi yang ditandai dengan peningkatan Luteinizing Hormone (LH), dan Folicle Stimulating Hormone (FSH), selain itu kondisi kejiwaan wanita juga turut mempengaruhi siklus sehingga bisa mengakibatkan siklus maju atau mundur. Siklus menstruasi dikendalikan oleh lingkaran siklus hormon seks wanita. Untuk memudahkan, siklus ini dibagi dalam 2 fase yaitu fase sebelum ovulasi dan fase setelah ovulasi. 

Pada fase sebelum ovulasi dikontrol oleh folicle stimulating hormone (FSH) dan estrogen. Kelenjar pituitari pada dasar otak akan mengeluarkan FSH yang akan merangsang pematangan folikel di ovarium (indung telur). Pematangan folikel ini akan meningkatkan produksi estrogen.

Hormon Masa Subur Wanita Setelah Menstruasi

Hormon Masa Subur Wanita Setelah Menstruasi

Ketika estrogen mencapai tingkat tertentu dalam darah, kelenjar pituitari distimulasi untuk menghasilkan luteinizing hormone (LH) yang meningkat cepat yang kemudian akan menimbulkan ovulasi (pecahnya folikel yang matang dan mengeluarkan ovum) dalam 36 jam kemudian.

Kenaikan kadar LH yang tinggi sesaat sebelum ovulasi dapat digunakan sebagai indikator untuk mengetahui masa sebelum ovulasi terjadi. Kadar LH dapat dideteksi melalui darah dan urin. Fase setelah ovulasi dikontrol oleh progesteron. Setelah ovulasi, Lh menyebabkan pecahnya folikel yang kemudian folikel tersebut akan berkembang menjadi korpus luteum, yang memproduksi progesteron. Di bawah pengaruh progesteron terjadi perubahan-perubahan yang menunjukkan masa tidak subur seperti hilangnya lendir.

Kegunaan Mengetahui Masa Subur

Dengan mengetahui masa subur wanita setelah menstruasi dan tidak subur, maka dapat membantu pasangan suami-istri dalam mengambil keputusan untuk hamil atau tidak hamil. Kemungkinan terjadinya kehamilan pada masa subur sangatlah besar sehingga kalau ingin hamil hendaknya melakukan hubungan seksual pada masa subur.

Cara Menentukan Masa Subur Wanita Setelah Menstruasi 

1. Mendeteksi Suhu Basal 

Alat yang digunakan yakni termometer suhu. Peningkatan suhu menunjukkan adanya ovulasi. Peningkatan suhu yang menetap selama 3 hari mengindikasikan 48 jam setelah ovulasi dan menandakan dimulainya masa tidak subur setelah ovulasi. Lazimnya menjelang ovulasi, suhu tubuh akan meningkat yakni sekitar 0,5º Celcius.

2. Melakukan Pemeriksaan Melalui Air Seni 

Pada pemeriksaan ini menggunakan alat test pengukuran kesuburan, bentuknya hampir sama dengan alat pengukuran kehamilan. Alat ini cukup akurat untuk memperkirakan masa subur, yakni dengan melihat kadar LH sebagai pertanda akan terjadinya ovulasi dalam 24-36 jam.

3. Menggunakan Kalender Menstruasi 

Cara ini lebih sederhana, karena hanya bergantung pada siklus menstruasi.

masa-subur-wanita-setelah-menstruasi-2

Menggunakan Kalender Menstruasi

  • Pada siklus menstruasi ideal, yaitu 28 hari masa subur adalah 14 hari sebelum menstruasi berikutnya.
  • Pada siklus yang tidak ideal, tentukan lama siklus terpendek dan terpanjang. Kemudian siklus terpendek dikurangi dengan 18 hari dan siklus haid terpanjang dikurangi dengan 11 hari. Dua angka yang diperoleh merupakan batasan masa subur.

Demikian penjelasan mengenai masa subur wanita setelah menstruasi, semoga bermanfaat.

(Baca: Pengertian Fertilisasi, Kunci Determinasi atau Identifikasi, dan Cara Penulisan Nama Ilmia atau Sistem Tata Nama Ganda)

Kata Kunci:

tidak subur wanita,cara menentukan masa subur dengan linkaran,fase setelah menstruasi yang bagus buat di buahi sperma
Masa Subur Wanita Setelah Menstruasi | Wawang Armansyah | 4.5