Pengertian Populasi

Friday, January 9th, 2015 - Biologi, Pendidikan

Pengertian Populasi dalam Lingkup Biologi – Pengertian populasi dalam lingkup biologi yaitu sekumpulan beberapa individu dengan ciri-ciri yang sama atau satu spesies yang hidup di tempat yang sama dan memiliki kemampuan bereproduksi di antara sesamanya. Konsep pengertian populasi banyak digunakan dalam ekologi dan genetika makhluk hidup. Ekologiwan memandang populasi sebagai unsur dari sistem yang lebih luas.

Pengertian Populasi

Pengertian Populasi

Pengertian Populasi

Populasi suatu spesies merupakan bagian dari suatu komunitas. Selain itu, evolusi juga bekerja melalui populasi. Ahli-ahli genetika, di sisi lain, memandang bahwa populasi sebagai sarana serta wadah bagi pertukaran alel-alel yang dimiliki oleh individu-individu anggotanya. Dinamika frekuensi alel dalam suatu populasi menjadi perhatian utama dalam kajian genetika populasi.

Pengertian Populasi lainnya yaitu berupa kumpulan individu dari suatu jenis organisme. Pengertian ini dikemukakan untuk menjelaskan bahwa individu- individu suatu jenis organisme dapat tersebar luas di muka bumi, namun tidak semuanya dapat saling berhubungan untuk mengadakan perkawinan atau pertukaran informasi genetik, karena tempatnya terpisah.

Individu- individu yang hidup disuatu tempat tertentu dan antara sesamanya dapat melakukan perkawinan sehingga dapat mengadakan pertukaran informasi genetik dinyatakan sebagai satu kelompok yang disebut populasi. Dalam penyebarannya individu-individu itu dapat berada dalam kelompok-kelompok, dan kelompok-kelompok itu terpisah antara satu dengan yang lain. Pemisahan kelompok-kelompok itu dapat dibatasi oleh kondisi geografis atau kondisi cuaca yang menyebabkan individu antar kelompok tidak dapat saling berhubungan untuk melakukan tukar menukar informasi genetik.

Ciri-ciri Populasi dalam Lingkup Biologi

Ditinjau dari pengertian populasi dalam lingkup biologi, populasi memiliki ciri-ciri tertentu. Ciri biologis dari populasi yang merupakan karakteristik yang dipunyai oleh individu-individu pembangun populasi itu sendiri. Berikut ciri populasi dalam lingkup biologi:

pengertian-populasi-1

  1. Mempunyai struktur dan organisasi tertentu, yang sifatnya ada yang konstan dan ada pula yang berfluktuasi dengan berjalannya waktu (umur) 
  2. Ontogenetik, mempunyai sejarah kehidupan (lahir, tumbuh, berdiferensiasi, menjadi tua  = senessens, dan mati) 
  3. Dapat dikenai dampak lingkungan dan memberikan respons terhadap perubahan  lingkungan 
  4. Mempunyai hereditas 
  5. Terintegrasi oleh faktor- faktor hereditas atau genetik dan ekologi, termasuk dalam hal ini adalah kemampuan populasi untuk beradaptasi, ketegaran reproduktif dan persistensi. Persistensi dalam hal ini adalah adanya kemungkinan untuk meninggalkan keturunan untuk waktu yang lama.

Contoh Populasi

Begitu banyak contoh populasi yang menempati daerah tertentu. Berikut ini beberapa contoh populasi:

pengertian-populasi-2

Populasi Kelapa

  • Populasi sapi
  • Populasi kuda
  • Populasi nyamuk
  • Populasi ayam
  • Populasi semut
  • Populasi jengkrik
  • Populasi tebu
  • Populasi jagung
  • Populasi kacang hijau
  • Populasi kelapa

Sebenarnya masih banyak contoh dari populasi yang tersebar luas di berbagai wilayah. Intinya untuk mengetahu jenis populasi tertentu terlebih dahulu memahami apa pengertian populasi dalam lingkup biologi. Demikian penjelasan mengenai pengertian populasi, semoga bermanfaat.

(Baca: Pengertian Ekologi dan Pengertian Protein)

Kata Kunci:

contoh populasi,sekelompok organisme dikatakan sebagai satu populasi jika memiliki karakteristik utama berupa,ciri ciri populasi,pengertian populasi dalam biologi,sekelompok individu dengan ciri yang sama serta memiliki kemampuan bereproduksi diantara sesamanya yaitu,populasi semut materi biologi,pengertian populasi sejarah,pengertian populasi dan contohnya,conytoh populasi rawdom,contoh populasi?
Pengertian Populasi | Wawang Armansyah | 4.5