Pengertian Pencemaran Lingkungan (Pengertian Lengkap)

Wednesday, February 4th, 2015 - Pengertian

Pengertian Pencemaran LingkunganPengertian pencemaran lingkungan menurut menurut UU Pokok pengelolaan lingkungan hidup adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi dan atau komponen lain ke dalam lingkungan, atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya.

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Pengertian pencemaran lingkungan menurut SK menteri lingkungan hidup adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi dan atau komponen lain ke dalam air/udara dan atau berubahnya tatanan (komposisi) air/udara oleh kegiatan manusia dan proses alam, sehingga kualitas air atau udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya.

Peristiwa penyebaran bahan kimia dengan kadar tertentu yang dapat merubah keadaan keseimbangan pada daur materi baik keadaan struktur maupun fungsinya sehingga mengganggu keseimbangan. Penjelasan tersebut merupakan pengertian pencemaran lingkungan ditinjau dari segi ilmu kimia lingkungan.

Berdasarkan penjelasan sebelumnya mengenai pengertian pencemaran lingkungan, peningkatan eksploitasi terhadap sumber daya alam (SDA) akan menyebabkan peningkatan kerusakan ekosistem, sebagai contoh timbulnya zat sampah yang mengakibatkan terjadinya pencemaran.

Faktor-faktor pencemaran lingkungan hidup

Berdasarkan pengertian pencemaran lingkungan yang telah dijelaskan, adapun faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pencemaran adalah:

  • Pertambahan penduduk yang tak terkendali (over popula-tion);
  • Pesatnya perkembangan dan penyebaran teknologi;
  • Adanya polutan dalam jumlah besar dan alam tidak bisa lagi menetralisir. Suatu zat dapat dikatakan sebagai polutan jika kadarnya melebihi batas kadar normal atau ambang batas, berada pada waktu yang tidak tepat, dan berada pada tempat yang tidak semestinya.

Polutan

Bagaimana sifat-sifat polutan:

  • Merusak untuk sementara dan setelah bereaksi dengan lingkungan, zatnya tidak merusak lagi.
  • Merusak setelah jangka waktu tertentu, misalnya DDT dan Pb.

Dalam kadar yang rendah, DDT dan Pb tidak mematikan manusia. Namun, apabila zat ini tertimbun dalam lemak dengan jumlah yang melebihi batas normal akan menimbulkan kerusakan jaringan.

Pembagian pencemaran lingkungan hidup

Pencemaran lingkungan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis.

1. Pencemaran air dan tanah

Pencemaran Air dan Tanah

Pencemaran Air dan Tanah

Pencemaran air terjadi karena masuknya zat-zat yang mengakibatkan kualitas air terganggu. Hal ini dapat terjadi pada sumber mata air, sungai, waduk, dan air laut. Pencemaran tanah terjadi akibat masuknya zat atau komponen lain ke dalam areal tanah.

2. Pencemaran udara

Pencemaran udara disebabkan adanya pembakaran yang tidak sempurna dari minyak bumi, batubara, asap rokok, dan gas-gas lain yang mencemari udara, misalkan gas CO, CO2, NO, NO2, SO, SO2, CH4, CFC3.

Pencemaran Udara

Pencemaran Udara

Kadar polutan di udara dinyatakan dengan ppm (part per million), yaitu jumlah cm3 polutan per m3 udara. Polutan yang dimaksud disini dapat berbentuk partikel, cairan, atau gas.

3. Pencemaran suara

Pencemaran suara disebabkan oleh suara bising yang berlangsung secara terusmenerus. Satuan kekuatan suara dikenal dengan satuan desibel (dB). Dibawah ini dijelaskan gambaran mengenai polusi udara, antara lain.

Pencemaran Suara

Pencemaran Suara

Percakapan normal : 40 dB

  • Keributan : 80 dB
  • Suara kereta api : 95 dB
  • Pesawat jet lepas landas : 150 dB

Suara yang timbul apabila melebihi kadar dapat mengganggu pendengaran dan mempengaruhi sistem metabolisme antara lain:

  • Perubahan tekanan darah,
  • Gangguan jantung,
  • Perubahan denyut nadi,
  • Stress
  • Kontraksi perut.

4. Pencemaran lingkungan dari benda-benda radioaktif

Penyebabnya adalah benda-benda radioaktif, debu radioaktif yang berasal dari ion nuklir serta reaktor-realtor atom.

Reaktor-realtor Atom dari Bom Atom

Reaktor-realtor Atom dari Bom Atom

Bahaya yang ditimbulkan, yaitu radioaktif sinar alfa (α), sinar beta (β), sinar gamma (λ). Efek yang ditimbulkan zat radioaktif adalah terjadinya perubahan struktur zat serta pola reaksi kimianya yang dapat merusak sel tubuh. Bila hal ini terjadi pada gen akan menyebabkan terjadinya mutasi gen dan dapat juga menyebabkan kanker.

5. Pencemaran sosial-budaya

Pencemaran Sosial-Budaya

Pencemaran Sosial-Buday

Tidak terfilternya kebudayaan asing yang masuk ke dalam suatu daerah akan menyebabkan tergesernya nilai budaya suatu daerah tanpa disadari, apalagi dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya.

Demikian penjelasan mengenai pengertian pencemaran lingkungan, semoga bermanfaat bagi kita semua.

(Baca: Sistem Koordinasi pada Manusia, Sistem Ekskresi pada Hewan, dan Sistem Peredaran Darah pada Manusia)

Kata Kunci:

Pengertian pencemaran lingkungan,pencemaran lingkungan,pencemaran lingkungan hidup,pencemaran lingkungan adalah,definisi pencemaran lingkungan,pengertian pencemaran lingkungan hidup,pencemaran adalah,pengertian pencemaran lingkungan dan contohnya,pengertian pencemaran,konsep dasar pencemaran lingkungan
Pengertian Pencemaran Lingkungan (Pengertian Lengkap) | Wawang Armansyah | 4.5