Perkembangbiakan Makhluk Hidup

Friday, February 20th, 2015 - Biologi

Perkembangbiakan Makhluk HidupPerkembangbiakan makhluk hidup merupakan salah satu ciri-ciri makhluk hidup itu sendiri. Dengan berkembang biak makhluk hidup dapat menghasilkan keturunan baru dan menjaga kelestarian jenisnya. Jutaan jenis makhluk hidup yang berbeda menghuni bumi. Makhluk hidup baru dihasilkan melalui proses yang disebut dengan perkembangbiakan makhluk hidup atau reproduksi. Perkembangbiakan amat penting bagi semua makhluk hidup. Tanpa perkembangbiakan, organisme jenis tertentu tidak dapat lestari atau akan punah.

Perkembangbiakan Makhluk Hidup

Perkembangbiakan Makhluk Hidup

Perkembangbiakan Makhluk Hidup

Selama perkembangbiakan makhluk hidup sifat-sifat akan diwariskan dari induk ke keturunan. Sifat ini terdapat di dalam zat kimia yang disebut ADN (Asam Deoksiribo Nukleat) yang antara lain terdapat di dalam inti sel. ADN mengontrol bagaimana perwujudan suatu makhluk hidup baru, dan bagaimana alat tubuhnya akan bekerja.

Makhluk hidup ada yang mempunyai daya berkembang biak (reproduksi) rendah dan ada yang tinggi. Makhluk hidup dikatakan mempunyai tingkat reproduksi rendah apabila kemungkinan terjadinya reproduksi untuk setiap masa reproduksinya sangat kecil dan hanya menghasilkan satu atau beberapa individu baru dalam setiap masa perkembangbiakan makhluk hidup. Misalnya pada badak, gajah, hariamau dan juga manusia.

Sedangkan makhluk hidup dikatakan mempunyai tingkat reproduksi tinggi jika kemungkinan terjadinya reproduksi untuk setiap masa reproduksinya cukup besar dan  menghasilkan banyak individu baru dalam setiap masa reproduksinya. Selain itu siklus reproduksinya relatif singkat. Contohnya pada tikus, babi dan bakteri. Perkembangbiakan organisme dapat dibedakan menjadi dua cara, yaitu perkembangbiak secara vegetatif dan perkembangbiakan makhluk hidup secara generatif.

1. Perkembangbiakan makhluk hidup secara vegetatif

Pada setiap kejadian tersebut, makhluk hidup baru dibentuk dari satu induk tunggal, dengan  tidak ada kombinasi baru materi genetik karena tidak terjadi perkawinan. Kunyit, rumput, dan kentang memiliki materi genetik yang sama (identik) dengan materi genetik induk yang menghasilkannya. Jadi perkembangbiakan vegetatif adalah terjadinya individu baru tanpa adanya peleburan  sel  kelamin jantan dan  sel  kelamin  betina.

Oleh karena  itu  individu baru hasil keturunan perkembangbiakan makhluk hidup vegetatif mempunyai sifat identik dengan induknya. Perkembangbiakan vegetatif disebut juga perkembangbiakan tak kawin (aseksual). Contoh perkembangbiakan vegetatif yang lain adalah dengan pembentukan tunas (misalnya pada pisang, jamur ragi), membelah diri (misalnya pada bakteri), spora (misalnya pada jamur, tumbuhan paku dan lumut), dan fragmentasi.

Perkembangbiakan aseksual melalui pembelahan biner pada bakteri dan melalui mitosis pada Protista seperti Paramaecium. Sel anak dan sel induk memiliki informasi genetik yang sama (identik). Hydra berkembangbiak secara aseksual dengan membentuk tunas, Begonia dapat tumbuh dari satu bagian tanaman induk, Bintang laut dapat tumbuh kembali atau meregenerasi bagian tubuhnya yang hilang atau membentuk seekor hewan utuh. Bila membentuk satu hewan utuh, maka dapat disebut perkembangbiakan melalui regenerasi.

2. Perkembangbiakan makhluk hidup secara generatif

Kelinci dan kucing adalah salah satu contoh hewan yang berkembangbiak secara generatif. Perkembangbiakan generatif disebut juga perkembangbiakan secara kawin (seksual). Perkembangbiakan secara generatif adalah terjadinya individu baru  didahului oleh peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina seperti yang disebut fertilisasi (pembuahan) , hasilnya adalah individu baru yang memiliki jumlah kromosom sebanyak 44 dalam intinya.

Ayam berkembangbiak makhluk hidup secara generatif

Ayam berkembangbiak makhluk hidup secara generatif

Individu baru yang dihasilkannya merupakan perpaduan dari kedua induknya. Sifat yang dihasilkan berbeda atau hampir sama dengan kedua induknya. Contoh perkembangbiakan secara generatif adalah perkembangbiakan dengan ovipar (bertelur), ovovivipar (bertelurberanak), dan vivipar (beranak).

Demikian penjelasan mengenai perkembangbiakan makhluk hidup baik itu secara vegetatif maupun secara generatif. Semoga bermanfaat.

Kata Kunci:

makhluk hidup dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik jika hidup sesuai dengan,keturunan yang mempunyai sifat yang sama dengan induknya dihasilkan melalui,jelaskan dua perkembangbiakan makhluk hidup,Mengapa organisme hasil perkembangbiakan secara kawin mempunyai sifat yang berbeda dengan sifat induknya,sebutkan 2 cara makhluk hidup berjembang biak,cara berkembangbiakan organisme,perkembangbiakan organisme,perkembangbiakan makhluk hidup juga disebut dengan istilah,makhluk hidup berkembang biak secara genertif dan vegetatif dan alat perkkembang biakan melalui,perkembangbiakan disebut juga
Perkembangbiakan Makhluk Hidup | Wawang Armansyah | 4.5