Dasar Cara Belajar Bahasa Rusia dengan Mudah

Friday, March 13th, 2015 - Belajar Bahasa

Dasar Cara Belajar Bahasa Rusia dengan MudahBelajar bahasa Rusia membutuhkan ketekunan dan ketelitian dalam mempelajarinya. Dalam belajar bahasa Rusia, ada hal terpenting yang harus diketahui yakni Aksara Kiril atau biasa disebut Kirillitsa (Кириллица, aksara Kiril), atau Azbuka (Aзбука sebutan yang berasal dari bunyi aksara Kiril lama: az-buki), atau Alfavit (Алфавит, alfabet). Alfabet Rusia terdiri dari 33 karakter, diantaranya  1 huruf semi-konsonan (terkadang disebut juga sebagai semi-vokal) dan 2 tanda pelafalan, 10 huruf vokal, dan 20 huruf konsonan.

Belajar Bahasa Rusia

Belajar Bahasa Rusia

Belajar Bahasa Rusia

Huruf besar:

А Б В Г Д Е Ё Ж З И Й К Л М Н О П РС Т У Ф Х Ц Ч Ш Щ Ъ Ы Ь Э Ю Я

Huruf kecil:

а  б  в  г  д  е  ё  ж  з  и  й  к  л  м  н  о  п  рс  т  y ф  х  ц  ч  ш  щ  ъ  ы  ь  э  ю  я

Dalam belajar bahasa Rusia, huruf besar dan kecil di atas memiliki penggolongan, berikut penggolongannya:

Huruf vocal:

А а Е e Ё ё И и О оУ y Ы ы Э э Ю ю Я я

Huruf konsonan:

Б б В в Г г Д д Ж ж З з Й й К к Л л М м Н н П п Р рС с Т т Ф ф Х х Ц ц Ч ч Ш ш Щ щ

Yang bukan merupakan huruf tapi hanya tanda pelafalan:

Ъ ъ Ь ь

Cara Baca dalam Belajar Bahasa Rusia

Berikut ini fonetik bunyi dari setiap huruf huruf sebagai dasar belajar bahasa Rusia agar mudah dimengerti:

A a = /a/ 

Б б = /b/

В в = /v/ atau /w/ (bunyi di antara v dan w)

Г г = /g/

Д д = /d/

Е е = /ye/

Ё ё = /yo/

Ж ж = /zh/

З з = /z/

И и = /i/ (“i” lunak)

Й й = /ĭ/ (“i” diftong)

К к = /k/

Л л = /l/

М м = /m/

Н н = /n/

О о = /o/

П п = /p/

Р р = /r/

С с = /s/

Т т = /t/

У у =  /u/

Ф ф = /f/

Х х = /kh/

Ц ц = /ts/

Ч ч = /ch/

Ш ш = /sh/

Щ щ = /sy/

Ъ ъ = tanda pengeras

Ы ы = /y/ (“i” keras, “i” yang diucapkan dengan posisi lidah agak ke belakang)

Ь ь = tanda pelunak

Э э = /e/

Ю ю = /yu/

Я я = /ya/

Keterangan bunyi dari huruf Rusia:

  1. Dalam belajar bahasa Rusia, terdapat sistem cara baca yang disebut dengan tekanan (ударение). Pada tiap-tiap kata, setidaknya terdapat satu bunyi (atau lebih) yang ditekan. Yang dimaksud dengan ditekan, yakni membaca dengan agak dihentakkan atau dibaca agak lebih panjang dari bunyi yang lainnya. Penekanan ini sangat penting karena bisa memengaruhi pembunyian huruf. Misalnya, pada kata “спасибо”, tekanan terdapat pada huruf “и” (selanjutnya dalam blog ini, bunyi yang mendapat tekanan akan diberi tanda dengan garis bawah). Maka kata “спасибо” tidak dibaca /spasibo/, melainkan /spαsibα/ atau /spa-SI-bα/. Bunyi huruf “o” berubah menjadi /α/ atau seperti /a/, karena pada kata tersebut, bunyi “o tidak mendapat tekanan. Untuk mengetahui letak tekanan bunyi pada setiap kata, bisa dilihat dalam kamus bahasa Rusia.
  2. Huruf “д” yang dibaca /d/, akan berbunyi /t/ jika berada di akhir kata. Sebagai contoh, bandingkan antara “дай” yang dibaca /daĭ/ dengan “сад” yang dibaca /sat/.
  3. Huruf “е” yang dilafalkan sebagai /ye/, akan berbunyi /yi/ jika tidak mendapat tekanan. Sebagai contoh, perhatikan dua huruf “e” pada kata “берег” yang dibaca berbeda: /byeryik/.
  4. Huruf “a” yang mendapat tekanan, serta yang terletak sebelum bunyi yang mendapat tekanan, maka dibaca /a/. Sedangkan yang tidak mendapat tekanan, dibaca agak tidak jelas, atau dalam transliterasi dilambangkan dengan /α/. Sebagai contoh, bandingkan antara “кулак” yang dibaca /kulak/,  “паук” yang dibaca /pauk/, dengan “кукла” yang dibaca /kuklα/.
  5. Huruf “б” yang dilafalkan sebagai /b/, akan berbunyi /p/ jika berada di akhir kata. Sebagai contoh, bandingkan antara “хлеба” yang dibaca /khlyebα/ dengan “хлеб” yang dibaca /khlyep/.
  6. Bagi orang Rusia, huruf “в” jika ditulis ke huruf Latin dapat ditulis “v” atau “w”, namun bunyinya ada di antara bunyi “v” dan “w”. Jika berada di akhir kata, maka bunyinya akan menjadi /f/. Sebagai contoh, bandingkan antara “Иван” yang dibaca /Ivan/ dengan “Иванов” yang dibaca /Ivanof/.
  7. Huruf “г” yang dilafalkan /g/, akan berbunyi /k/ jika berada di akhir kata. Contoh: Bandingkan dengan “друг” yang dibaca /druk/. Pengecualian: kata Бог (Tuhan) tidak dibaca /bok/, melainkan /boh:/. Untuk beberapa kata, huruf “г” dibaca seperti /w/, misalnya “его” dibaca /yiwo/, нового dibaca /novαwα/, dsb.
  8. Huruf “ё” yang dilafalkan sebagai /yo/, selalu mendapat tekanan. Contoh: “моё” dibaca /мayo/.
  9. Huruf “ж” yang dilafalkan sebagai /zh/, akan berbunyi /sh/ jika berada di akhir kata. Sebagai contoh, bandingkan antara kata “мужa” yang dibaca /muzhα/ dengan kata “муж” yang dibaca /mush/.
  10. Huruf “з” yang diafalkan sebagai /z/, akan berbunyi /s/ jika berada di akhir kata. Sebagai contoh, bandingkan antara kata “глаза” yang dibaca /glaza/ dengan kata “глаз” yang dibaca /glas/.
  11. Huruf “й” yang dilafalkan sebagai /ĭ/ merupakan  huruf “i” diftong. Bunyinya seperti huruf “i” pada kata “amboi” atau “semai”. Huruf ini dinamakan “i kratkoye” yang berarti “huruf ‘i’ pendek”.
  12. Tidak ada huruf “h” dalam bahasa Rusia. Untuk kata serapan, biasanya bunyi “h” digantikan dengan huruf “х”, misalnya “Allah” menjadi “Аллах”, “Bahrain” menjadi “Бахрейн”. Namun beberapa kata serapan lainnya, terkadang digantikan dengan “г”, misalnya “Hawaii” menjadi “Гавайи”, “handball” menjadi “ганбол”.
  13. Huruf “o” yang dilafalkan sebagai /o/, akan berbunyi /a/ jika terletak sebelum bunyi yang mendapat tekanan, dan akan berbunyi /α/ jika tidak mendapat tekanan. Sebagai contoh, bandingkan antara “двор” yang dibaca /dvor/ dengan “двoряночка” yang dibaca /dvaryanαchkα/.
  14. Huruf “я” yang dilafalkan sebagai /ya/ akan berbunyi /yi/ jika tidak mendapat tekanan. Sebagai contoh, bandingkan antara “яд” yang dibaca /yat/ dengan язык yang dibaca /yizyk/.
  15. Tanda “ь” atau “tanda pelunak”, merupakan tanda yang menjadi pelunak bunyi huruf di sekitarnya. Misalnya, bunyi /n/ akan menjadi /n’/ atau /ny/, bunyi /t/ menjadi /t’/ atau /ty/ atau /ts/, bunyi /d/ menjadi seperti /d’/ atau /dy/ atau /j/, dst. Tanda ini dinamakan “myagkiy znak”, yang berarti “tanda lunak”. Contoh penggunaan: “павильон” dibaca /pαvil’yon/. 
  16. Tanda “ъ” atau “tanda pengeras”, merupakan tanda yang menjadi penegas jika berada di akhir kata (sudah tidak digunakan lagi di akhir kata sejak Revolusi Oktober), dan menjadi penjeda jika berada di antara huruf lainnya di tengah kata. Tanda ini dinamakan “tvyordiy znak”, yang berarti “tanda keras”. Contoh penggunaan: “объект” dibaca /ab–yekt/.

Menulis Alfabet Bahasa Rusia

Untuk lebih mengetahui dasar cara belajar bahasa Rusia dengan mudah, terlebih dahulu mengetahui cara menulis alfabet Rusia versi tulisan tangan. Alfabet Rusia versi tulisan tangan agak berbeda dengan versi huruf cetak. Meski tampak agak sulit, tapi sebenarnya penggunaan huruf jenis ini lebih efisien dan lebih cepat ketika menulis menggunakan pensil atau pulpen.

Selain dapat menulis alfabet Rusia dengan tulisan tangan, belajar bahasa Rusia dapat juga dilakukan melalui komputer atau laptop yang dimiliki terutama untuk komputer atau laptop yang telah terinstal Windows 7. Cara yang dapat dilakukan dalam menulis menggunakan laptop atau komputer sebagai berikut:

  1. Buka Control Panel (Klik Start > Control Panel).
  2. Pilih Clock, Language, and Region, kemudian pilih Regional and Language.
  3. Pilih Change Keyboards > Add, lalu pilih Russian, kemudian pilih OK.
  4. Pilih Apply dari Text Services and Input Languages, lalu pilih OK.
  5. Klik kanan Taskbar (bilah yang biasanya ada di sebelah bawah desktop), lalu pilih Show the language bar. Lalu ubah EN menjadi RU dengan cara mengklik ikonnya.
  6. Jika belum hafal susunan Papan Ketik Rusia ketika menggunakan fungsi menulis menggunakan aksara Kiril ini, Anda dapat melihat susunannya dengan cara: Pilih Start > Accessories > Accessbility > On-Screen Keyboard.

Demikian penjelasan mengenai bagaimana dasar cara belajar bahasa rusia dengan mudah, semoga bermanfaat.

(Baca apa Arti serta Ciri Belajar dan Pembelajaran, dan Teori Belajar Menurut Para Ahli).

Kata Kunci:

belajar bahasa rusia,belajar bahasa rusia untuk pemula,Belajar tulisan Rusia,cara belajar bahasa rusia,bahasa rusia,huruf vokal rusia,huruf rusia dan cara membacanya,belajar huruf rusia,belajar bahasa russia,kamus bahasa rusia dan cara membacanya
Dasar Cara Belajar Bahasa Rusia dengan Mudah | Wawang Armansyah | 4.5