Pengertian Motivasi Belajar dan Upaya untuk Meningkatkannya

Friday, March 13th, 2015 - Motivasi Belajar, Pengertian

Pengertian Motivasi Belajar dan Upaya untuk Meningkatkannya – Untuk pengertian motivasi belajar itu sendiri sangatlah beragam, tergantung siapa dan bagaimana proses belajar itu terjadi. Beberapa uraian berikut yang menjelaskan pengertian-pengertian motivasi dan pengertian motivasi belajar. Sebelum mengerti apa yang dimaksud dengan motivasi belajar, terlebih dahulu mengerti apa arti kete motivasi itu sendiri. Kata motivasi digunakan untuk menjelaskan suatu dorongan, kebutuhan, atau keinginan untuk melakukan sesuatu.

Pengertian Motivasi Belajar

Pengertian Motivasi Belajar

Pengertian Motivasi Belajar

Motivasi merupakan suatu proses dan hasil dari suatu proses belajar. Sebagai suatu proses, motivasi adalah suatu kondisi dari suatu proses pembelajaran. Sebagai suatu hasil, motivasi merupakan hasil dari suatu pembelajaran yang efektif. Menurut Paulina Pannen motivasi adalah sesuatu yang mendorong dan mengalahkan individu untuk melakukan sesuatu. Motivasi merupakan salah satu persyaratan yang paling penting dalam belajar. Motivasi adalah menggerakkan peserta didik untuk melakukan sesuatu atau ingin melakukan sesuatu. 

Menurut Amran YS motivasi adalah dorongan (baik sadar atau tidak) untuk melakukan sesuatu dengan tujuan tertentu. Menurut kamus ilmiyah populer, motivasi menunjuk kepada seluruh proses gerakan, termasuk situasi yang mendorong, dorongan yang timbul dalam diri individu, tingkah laku yang ditimbulkan oleh tingkah laku tersebut dan tujuan atau akhir daripada gerakan atau perbuatan.

Pengertian motivasi belajar yang lain adalah sebagai a general state dan sebagai a situation-specific state. Sebagai a general state, motivasi belajar adalah suatu watak yang permanen yang mendorong seseorang untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam suatu kegiatan belajar. Sebagai a situation-specific state, motivasi belajar muncul karena keterlibatan individu dalam suatu kegiatan tertentu diarahkan oleh tujuan memperoleh pengetahuan atau menguasai keterampilan yang diajarkan. 

Dan juga pengertian motivasi belajar adalah kemampuan internal yang terbentuk secara alami yang dapat ditingkatkan atau dipelihara melalui kegiatan yang memberikan dukungan, memberikan kesempatan untuk memilih kegiatan, memberikan tanggung jawab untuk mengontrol proses belajar, dan memberikan tugas-tugas belajar yang bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan pribadi. 

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar yang menentukan motivasi masing-masing orang yang mengalami proses belajar. Berikut ini penjelasan dari masing-masing faktor yang mempengaruhi motivasi belajar seseorang yaitu:

1. Sikap 

Sikap adalah kombinasi antara konsep, informasi, dan emosi yang menyebabkan kecenderungan individu untuk mereaksi senang atau tidak senang terhadap orang, kelompok, ide, kejadian atau objek-objek tertentu.

2. Kebutuhan 

Kebutuhan adalah suatu kondisi kekurangan yang mendorong individu untuk untuk melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan.

3. Rangsangan 

Rangsangan adalah segala perubahan dalam persepsi atau pengalaman dengan lingkungan yang menyebabkan individu menjadi aktif.

4. Emosi 

Emosi, mengacu pada pengalaman individu selama proses belajar.

5. Kemampuan 

Kemampuan, mengacu kepada kemampuan individu untuk merespon sebagai hasil belajar.

6. Penguatan 

Penguatan adalah segala kegiatan yang memelihara dan meningkatkan kemungkinan untuk merespon lebih lanjut.

Upaya yang diperlukan dalam meningkatkan Motivasi Belajar Seseorang – Pengertian Motivasi Belajar

1. Memberikan hadiah

Hadiah dapat menjadi motivasi belajar yang kuat, dimana peserta didik tertarik pada bidang tertentu yang akan diberikan hadiah. Tidak demikian jika hadiah diberikan untuk suatu pekerjaan yang tidak menarik menurut peserta didik.

2. Melakukan kompetisi sehat

Persaingan, baik yang individu atau kelompok, dapat menjadi sarana untuk meningkatkan motivasi belajar. Karena terkadang jika ada saingan, peserta didik akan menjadi lebih bersemangat dalam mencapai hasil yang terbaik.

3. Memberi angka atau nilai yang transparansi

Angka dalam hal ini sebagai simbol dari nilai kegiatan belajarnya. Banyak peserta didik yang justru untuk mencapai angka atau nilai yang baik. Sehingga yang dikejar hanyalah nilai ulangan atau nilai raport yang baik. Angka-angka yang baik itu bagi para peserta didik merupakan motivasi belajar yang sangat kuat. Yang perlu diingat oleh guru, bahwa pencapaian angka-angka tersebut belum merupakan hasil belajar yang sejati dan bermakna. Harapannya angka-angka tersebut dikaitkan dengan nilai afeksinya bukan sekedar kognitifnya saja.

4. Ego-involvement

Menumbuhkan kesadaran kepada peserta didik agar merasakan pentingnya tugas dan menerimanya sebagai tantangan sehingga bekerja keras adalah sebagai salah satu bentuk motivasi yang cukup penting. Bentuk kerja keras peserta didik dapat terlibat secara kognitif yaitu dengan mencari cara untuk dapat meningkatkan motivasi.

5. Memberikan pujian

Apabila ada peserta didik yang berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik, maka perlu diberikan pujian. Pujian adalah bentuk reinforcement yang positif dan memberikan motivasi yang baik bagi peserta didik. Pemberiannya juga harus pada waktu yang tepat, sehingga akan memupuk suasana yang menyenangkan dan mempertinggi motivasi  belajar serta sekaligus akan membangkitkan harga diri.

6. Memberikan ulangan atau tes

Para peserta didik akan giat belajar kalau mengetahui akan diadakan ulangan. Tetapi ulangan jangan terlalu sering dilakukan karena akan membosankan dan akan jadi rutinitas belaka.

7. Mengetahui hasil dan mempublikasikan hasil

Mengetahui hasil belajar bisa dijadikan sebagai alat motivasi belajar anak. Dengan mengetahui hasil belajarnya, peserta didik akan terdorong untuk belajar lebih giat. Apalagi jika hasil belajar itu mengalami kemajuan, peserta didik pasti akan berusaha mempertahankannya atau bahkan termotivasi untuk dapat meningkatkannya.

Demikian penjelasan tentang pengertian motivasi belajar dan upaya untuk meningkatkannya, semoga bermanfaat.

(Lihat juga Beberapa Teori Belajar Kognitif dari Tokoh Dunia, dan Teori Belajar Menurut Para Ahli).

Kata Kunci:

arti motivasi dan upaya membangkitkan,orang yang memberi dorongan untuk belajar lebih giat dan berikan penjelasanyh,pengertian motifasi belajar dan cara meningkatkannya
Pengertian Motivasi Belajar dan Upaya untuk Meningkatkannya | Wawang Armansyah | 4.5