Ayo Hilangkan Stress dengan Memelihara Ikan Hias

Monday, April 27th, 2015 - Tips

Ayo Hilangkan Stress dengan Memelihara Ikan Hias – Ikan merupakan binatang air yang banyak bermanfaat bagi tubuh manusia baik untuk dikonsumsi sebagai makanan yang lezat  yang kaya akan protein, namun ternyata ikan juga bisa berperan sebagai ikan hias untuk menambah keindahan, juga dapat menjadi sebuah gaya hidup. Salah satu manfaat yang juga dapat dirasakan oleh masusia apabila memelihara ikan hias adalah dapat menghilangkan stress. Pusing dan stress ternyata dapat ditawar dengan memperhatikan keindahan ikan hias.

Ikan Koi

Ikan Koi

Ikan Arwana merupakan salah satu ikan yang banyak dianggap oleh sebagian besar orang sebagai pembawa keberuntungan, namun yakinlah bahwa keburuntungan hanya berasal dari Allah semata. Ikan hias arwana memiliki bentuk yang unik dengan tubuh yang ramping dan memanjang yang menyerupai pisau. Selain itu arwana memiliki kaunikan dan ciri khas berupa dua buah sumut yang terdapat di bagian bibir bawahnya. Tahukah kamu karena populasi ikan hias Arwana hampir punah, Ikan Arwana Super Red Albino ini terjual dengan harga 1 Miliyar rupiah di Indonesia Pets Palnts Aquatic Expo tahun 2010 silam.Tahu kamu bahwa ikan ternyata juga bisa tertidur, namun caranya berbeda dengan hewan pada umumnya. Ikan biasnya tertidur apabila terlihat gerakannya diperlambat ataukah bersandar di pinggiran akuarium ataukah berdiam di terumbu karang. Ada banyak sekali ikan hias yang dapat menjadi penghilang stress jika selalu diperhatikan keindahannya, namun yang paling populer dan terkenal adalah ikan hias air tawar yakni ikan Arwana, ikan Lou Han, dan ikan Koi.

Selain keindahan ikan hias Arwana yang bisa menjadi pengobat stress, ada juga ikan hias yang sangat populer dengan benjolan di atas kepalanya yang menyebabkan ikan hias yang satu ini terlihat sangat unik. Ikan hias ini bernama Ikan Lou Han, namun jangan kaget bahwa ikan ini bisa mencapai harga sampai 40 juta rupiah perekornya.

Kedua ikan hias air tawar yaitu ikan Arwana dengan ikan Lou Han memang sangatlah indah, namun jangan melupakan ikan hias yang memiliki 24 varietas yang tersebar di seluruh dunia yaitu ikan Koi. Ikan Koi tidak kalah dengan ikan hias air tawar yang tadi saya jelaskan (Ikan Arwana dan Ikan Lou Han). Perlu diketahui bahwa Ikan Koi merupakan ikan yang berasal dari negeri Tiongkok. Ikan Koi juga memiliki harga yang tergolong mahal, yakni untuk ikan koi yang berukuran 30 cm sampai 40 cm harganya bisa mencapai 5 juta sampai 7 juta rupiah.

Keunikan dari ikan hias ini adalah memiliki corak atau warna yang sangat variatif, bisa berwarnaputih bercampur hitam, warna putih merah dan hitam, ada juga yang bercorak putih merah orange dan hitam, dan masih banyak lagi variasi warna lainnya. Ikan Koi bisa hidup sampai ratusan tahun lamanya, terbukti ikan koi tertua yang hidup di Jepang yang mati pada tahun 1997 berumur sampai 220 tahun lebih. Memelihara ikan koi untuk menjadi pengobat stress bisa dilakukan di kolam atau di dalam akuarium. Ikan koi mutlak membutuhkan pasokan oksigen yang cukup ketika dipelihara di dalam akuarium, namun tips apabila memelihara ikan koi di akuarium dan listrik padam sebaiknya kurangi airnya agar ikan koi dapat bertahan.

Ketiga ikan hias air tawar ini memang tergolong mahal, namun itu tergantung dari minat atau keadaan keungan anda untuk menjadikan ikan mana yang akan menjadi penghilang stress anda. Dan akan lebih nyaman jika ikan hias ini disimpan dalam akuarium yang diletakkan di dekat meja kerja anda. Semoga bermanfaat.

Kata Kunci:

mengapa ikan hias dapat menghilangkan stress,ikan hias air tawar yang dapat menghilangkan stres,ikan yang cocok dipelihara untuk hilangkan stres dan mudah,ukan dalam akuatium penghilang stress
Ayo Hilangkan Stress dengan Memelihara Ikan Hias | Wawang Armansyah | 4.5