Belajar Bahasa Belanda Praktis

Monday, April 6th, 2015 - Belajar, Belajar Bahasa

Belajar Bahasa Belanda Praktis – Belajar bahasa Belanda merupakan suatu aktivitas belajar dengan tujuan ingin menguasai bahasa Belanda, hal ini hampir sama jika belajar bahasa lain seperti bahasa Rusia atau bahasa Perancis. Menguasai bahasa Belanda tentunya membutuhkan perjuangan, dan juga metode yang tepat. Agar betul-betul dapat menguasai bahasa Belanda dan lebih mempermudah anda dalam mempelajari bahasa Belanda, berikut ini diberikan sedikit keterangan tambahan tentang istilah-istilah tata bahasa yang akan ditemukan dalam Tata belajar Bahasa Belanda Praktis ini untuk mempermudah pemahaman.

Belajar Bahasa Belanda

Belajar Bahasa Belanda

Belajar Bahasa Belanda

1. Pengucapan

• Pepet [Inggris: reduced vowel]

Yang dimaksud pepet adalah pengucapan vokal tanpa tekanan. Seperti pada kata het, yang pengucapannya lebih terdengar seperti ‘t atau hem yang hanya diucapkan ’em. Vokal e pada kata-kata tersebut sama sekali tidak memiliki penekanan. Bandingkan dengan e pada kata Indonesia tengah; semua.

• Trema [Inggris: diaeresis]

Trema adalah tanda titik dua di atas huruf vokal (ë, ä, ï, ö, ü). Tanda ini menandakan bahwa huruf tersebut harus diucapkan dengan jelas. Pada kata Indonesië, misalnya, huruf ë harus diucapkan jelas dan terpisah dari huruf sebelumnya.

2. Susunan kata – Tata belajar bahasa Belanda praktis

• Verba bentuk persona [Belanda: persoonsvorm] atau verba finit (nws) Verba bentuk persona adalah kata kerja yang berubah seiring dengan subjek – persona kesatu, kedua, ketiga dan jumlah (jamak, tunggal). Pada induk kalimat, verba ini selalu ditempatkan pada posisi kedua. Apa pun yang terjadi, verba bentuk persona selalu diletakkan setelah Subjek (pada susunan kalimat normal), atau setelah keterangan (jika terjadi inversi). Tetapi, pada anak kalimat verba ini diletakkan di bagian paling akhir.

• Verba bantu

Verba bantu adalah verba yang hanya memiliki arti secara gramatikal. Verba semacam ini digunakan untuk menunjukkan konstruksi gramatika tertentu. Contoh: Hebben artinya mempunyai/memiliki, namun ketika ia menjadi verba bantu dalam kalimat Ik heb mijn huiswerk gedaan, ia tidak lagi berarti mempunyai, hebben dalam kalimat tersebut hanya memiliki fungsi gramatikal; sebagai penunjuk waktu bahwa Pekerjaan Rumah telah selesai dikerjakan.

• Verba bantu modalitas

Yang dimaksud dengan verba bantu modalitas adalah verba-verba seperti kunnen, mogen, willen, dll. Verba ini selalu diikuti dengan bentuk infinitif di akhir kalimat.

Contoh:

Kalimat asli: Ik ga volgende week naar Utrecht.

Saya akan pergi ke Utrecht minggu depan. 

 

Dengan verba bantu modalitas:

Ik wil volgende week naar Utrecht gaan.

Saya ingin pergi ke Utrecht minggu depan.

 

• Verba dengan preposisi terikat [Inggris: phrasal verb]

Phrasal verb adalah verba yang harus digunakan dengan preposisi tertentu. Seperti wachten yang harus selalu muncul dengan preposisi op, beginnen met, dan gaan naar.

• Verba yang dapat dibelah

Dalam bahasa Belanda terdapat verba yang terdiri dari dua bagian yang dapat dipisahkan. Misalnya, bentuk infinitif opbellen (menelepon) yang akan terpisah jika diletakkan dalam kalimat Ik bel je morgen op (Saya akan meneleponmu besok). Jenis verba ini hanya dapat dipelajari dengan cara dihafalkan.

3. Pronomina/kata ganti – Tata belajar bahasa Belanda praktis

• Pronomina persona [Inggris: personal pronoun]

Kata ganti orang yang terdiri dari dua jenis: bentuk subjek dan bentuk non-subjek.

 

• Pronomina demonstratif [Inggris: demonstrative pronoun]

Kata ganti ini berfungsi sebagai penunjuk, seperti: ini dan itu.

 

• Pronomina posesif [Inggris: possesive pronoun]

Kata ganti kepemilikan, seperti: -mu, -ku, -nya.

 

• Pronomina refleksif [Inggris: reflexive pronoun]

Kata ganti ini merupakan salah satu keunikan dalam bahasa Belanda. Kata ganti ini digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang dikerjakan untuk atau kepada diri sendiri. Seperti zich wassen (=mandi/memandikan diri sendiri). Bentuk zich selalu berubah seiring subjek.

 

• Pronomina resiprokal [Inggris: reciprocical pronoun]

Pronomina resiprokal digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang dilakukan secara dua arah. Pronomina yang dipakai adalah elkaar (satu sama lain; saling).

 

• Pronomina relatif [Inggris: relative pronoun]

Pronomina relatif adalah pronomina yang menerangkan subjek yang terletak di depannya.

 

Contoh:

De man is mijn vader.

(Lelaki itu adalah ayah saya)

 

De man die daar loopt, is mijn vader.

(Lelaki yang berjalan di sana, adalah ayah saya)

 

die pada klausa yang digarisbawahi adalah pronomina relatif.

4. Nomina

• Kata sandang [Belanda: lidwoord]

Setiap kata benda pada tata belajar bahasa Belanda pasti memiliki kata sandang. Terdapat dua jenis kata sandang dalam bahasa Belanda: kata sandang tentu (de, het) dan kata sandang tak tentu (een, ø).

• Bentuk diminutif

Bentuk diminutif adalah bentuk pengecilan dalam bahasa Belanda. Pengecilan ini dibentuk dengan menambahkan –je pada akhir kata. Selain berfungsi untuk menunjukkan pengecilan (het boek: buku; het boekje: buku kecil), bentuk ini juga dipakai untuk menunjukkan rasa saying (seperti pada schatje, liefje, dll). Selain –je terdapat beberapa variasi bentuk diminutif seperti, -pje, -kje, -etje. Pilihan bentuk tergantung dari huruf terakhir pada kata yang mengalami pengecilan.

• Kata benda tak terhitung

Jenis ini mewakili benda-benda yang tidak bisa dihitung, seperti air, gula, kopi, susu.

5. Kala

• Kala kini [Belanda: onvoltooid tegenwoordige tijd]

Dalam bahasa Inggris: Simple Present Tense. Kala kini dipergunakan untuk mengungkapkan sesuatu yang sedang terjadi, kebiasaan, atau fakta umum. (Penggunaannya sama seperti simple present tense pada bahasa Inggris). Verba dalam kala ini akan berubah seiring subjek.

• Kala lampau imperfektif [Belanda: onvoltooid verleden tijd]

Dalam bahasa Inggris: Simple Past Tense. Kala ini menunjukkan sesuatu yang terjadi di masa lampau.

• Kala kini perfektif [Belanda: voltooid tegenwoordige tijd]

Dalam bahasa Inggris: Present Perfect Tense. Kala ini menunjukkan sesuatu yang terjadi pada suatu waktu di masa lampau dan telah selesai.

• Kala lampau perfektif [Belanda: voltooid verleden tijd]

Dalam bahasa Inggris: Past Perfect Tense. Kala ini menunjukkan sesuatu yang terjadi di masa yang sangat lampau dan telah selesai sebelum suatu kejadian lain di masa lampau.

• Kala akan datang [Belanda: toekomende tijd]

Dalam bahasa Inggris: Future Tense. Kala ini menunjukkan sesuatu yang akan dilakukan di masa yang akan datang.

6. Er

Er adalah salah satu keunikan dalam belajar bahasa Belanda yang tidak dimiliki oleh bahasa lain. Er sebenarnya merupakan bentuk singkat dari daar [inggris: there]. Selain merujuk pada tempat, er juga berfungsi sebagai kata ganti benda yang telah disebut sebelumnya pada verba berpreposisi (Ik houd van films. Ik houd er veel van.) Selain itu, er juga digunakan sebagai pengganti subjek yang tidak tentu (Een kind speelt in het park [salah] Æ Er speelt een kind in het park).

Demikian penjelasan mengenai Belajar Bahasa Belanda Praktis yang penting untuk dipahami sebelum anda benar-benar mempelajari bahasa Belanda lebih dalam lagi, semoga bermanfaat.

(Sebelum belajar lebih jauh mengenai Bahasa, alangkah baiknya jika anda tahu Doa Mau Belajar).

Kata Kunci:

cara belajar bahasa belanda,cara membàca kalimat belanda,jenis persoonsvorm dalam bahasa belanda,liefje artinya apa,pronoun bahasa belanda,tips cepat belajar bahasa belanda
Belajar Bahasa Belanda Praktis | Wawang Armansyah | 4.5