Belajar Elektronika Berupa Komponen dan Alat-alat Elektronik

Thursday, April 9th, 2015 - Belajar, Elektronika

Belajar Elektronika Berupa Komponen dan Alat-alat Elektronika – Belajar elektronika berarti mempelajari berbagai peralatan listrik yang memiliki arus tergolong lemah. Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai elektronika ini, terlebih dahulu dipahami dengan baik arti dar elektronika itu sendiri. Elektronika merupakan ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik, termokopel, semikonduktor, dan lain sebagainya.

Belajar Elektronika

Belajar Elektronika

Belajar Elektronika

Di dalam belajar elektronika secara tidak langsung seseorang juga mempelajari disiplin ilmua Fisika. Ilmu yang mempelajari alat-alat seperti ini merupakan cabang dari ilmu fisika, sementara bentuk desain dan pembuatan sirkuit elektroniknya adalah bagian dari teknik komputer, teknik elektro, dan instrumentasi dan ilmu atau teknik dalam elektronika.

Belajar elektronika berarti juga memahami alat-alat yang menggunakan dasar kerja sebagai peralatan elektronik (electronic devices). Contoh peralatan (piranti) elektronik ini: Tabung Sinar Katode (Cathode Ray Tube, CRT), radio, TV, kamera digital, komputer pribadi desk-top, komputer Laptop, PDA (komputer saku), robot, smart card, perekam kaset, perekam kaset video (VCR), perekam VCD, perekam DVD, dan kamera video.

Komponen dan Alat-alat dalam Belajar Elektronika

Komponen elektronika berupa sebuah alat berupa benda yang menjadi bagian pendukung suatu rangkaian elektronik yang dapat bekerja sesuai dengan kegunaannya. Mulai dari yang menempel langsung pada papan rangkaian baik berupa PCB, CCB, Protoboard maupun Veroboard dengan cara disolder atau tidak menempel langsung pada papan rangkaian (dengan alat penghubung lain, misalnya kabel).

Komponen elektronika ini terdiri dari satu atau lebih bahan elektronika, yang terdiri dari satu atau beberapa unsur materi dan jika disatukan, untuk desain rangkaian yang diinginkan dapat berfungsi sesuai dengan fungsi masing-masing komponen, ada yang untuk mengatur arus dan tegangan, meratakan arus, menyekat arus, memperkuat sinyal arus dan masih banyak fungsi lainnya.

Belajar elektronika digital akan memerlukan pemahaman tentang sistem elektronika yang menggunakan isyarat digital. Elektronika digital adalah representasi dari aljabar boolean dan digunakan di komputer, telpon genggam dan berbagai produk konsumen lainnya. Dalam sebuah sirkuit digital, sinyal direpresentasikan dengan satu dari dua macam kondisi yaitu 1 (high, active, true,) dan 0 (low, nonactive, false). Atau jika direspresentasika dalam tegangan 1 dapat berarti tegangan maksimum (umumnya 5 V atau 3 V) dan 0 berarti tegangan minimum (umumnya 0 v, tapi ada pula yang 2,5 V). hal ini dikarenakan varian dari bahan pembuatnya.

Dalam fisika dan teknik, pengukuran merupakan aktivitas yang membandingkan kuantitas fisik dari objek dan kejadian dunia-nyata. Alat ukur adalah alat yang digunakan untuk mengukur benda atau kejadian tersebut. Seluruh alat pengukur dapat terkena kesalahan peralatan yang bervariasi. Bidang ilmu yang mempelajari cara-cara pengukuran dinamakan metrologi.

Fisikawan menggunakan banyak alat untuk melakukan pengukuran mereka. Ini dimulai dari alat yang sederhana seperti penggaris dan stopwatch sampai ke mikroskop elektron dan pemercepat partikel. Instrumen virtual digunakan luas dalam pengembangan alat pengukur modern.

Berikut ini contoh alat ukur yang penting untuk diketahui dalam belajar elektronika:

  • Voltmeter
  • Multimeter
  • Generator fungsi
  • Ohm-meter
  • Amper-meter
  • Digital Signal Analyzer
  • Spectrum meter
  • Multitester Analog/Digital
  • Oscilloscope

Di dalam elektronika ada juga yang disebut dengan sirkuit analog atau rangkaian Analog yang merupakan jenis rangkaian elektronika yang dipakai untuk memproses signal atau isyarat yang bersifat kontinyu. Perubahan signal dalam rangkaian Analog ini adalah sedikit demi sedikit meliputi semua titik pada amplitudo signal maximum dan minimumnya. Hal ini berbeda dengan watak dalam signal digital, di mana signal hanya dua macam tingkat saja yaitu tinggi (menyatakan 1) dan rendah (menyatakan 0).

Demikian penjelasan mengenai beberapa penjelasan yang penting untuk dipahami dalam Belajar Elektronika, semoga brmanfaat.

[Lihat juga penjelasan mengenai Pengertian Belajar dan Pembelajaran, dan Dasar Belajar Menggambar].

Kata Kunci:

contoh belajar elektronik,belajar fisika elwktronik,belajar elektronik,unsur yang digunakan didalam sirkuit alat alat listrik,contoh electronic devices,contoh elektronik dalam belajar,www blajar elektronik dasar y dn fungsi,elektronika adalah ilmu yang mempelajari alat,komponen alat medis yang menggunakan sinyal dan piranti,komponen yg berupa benda atau peralatan disebut
Belajar Elektronika Berupa Komponen dan Alat-alat Elektronik | Wawang Armansyah | 4.5