Belajar Huruf Jepang yang Mirip dengan Huruf Bugis atau Lontara Ogi

Wednesday, April 15th, 2015 - Belajar, Belajar Bahasa

Belajar Huruf Jepang yang Mirip dengan Huruf Bugis atau Lontara Ogi – Belajar Huruf memang membutuhkan ketekunan, apalagi bila huruf itu bukan huruf yang biasa kita baca atau tulis. Tapi belajar huruf yang satu ini agak unik dibandingkan dengan belajar huruf yang lainnya. Ini kemungkinan baru disadari oleh sebagian besar orang Indonesia terutama orang bugis, ternyata antara huruf Jepang sama huruf Bugis atau Lontara Ogi itu penyebutannya hampir sama.

Belajar Huruf

Belajar Huruf Jepang yang Mirip dengan Huruf Bugis atau Lontara Ogi yaitu antara huruf Hiragana dalam bahasa Jepang dan Lontara Ogi dalam bahasa bugis. Berikut ini penjelasan dari penyebutan yang hampir sama antara belajar huruf Jepang sama Huruf Bugis.

Belajar Huruf Jepang

Huruf hiragana itu adalah huruf standard jepang (kayak abjad di alphabet lah). jadi biasanya anak2 tk kalau belajar tulisan, mulai dari hiragana dulu. sementara kalau udah sd, udah mulai belajar kanji. oh iya, kalo mau blajar jepang, at least harus bisa baca hiragana. gampang kok, coba2 aja di ulang2, paling dalem sehari juga udah apal.

Belajar Huruf

Belajar Huruf Jepang

Belajar Huruf Bugis atau Lontara Ogi

Huruf Bugis atau Lontara Ogi merupakan sebuah huruf yang sakral bagi masyarakat bugis klasik. Itu dikarenakan epos la galigo di tulis menggunakan huruf lontara. Huruf lontara tidak hanya digunakan oleh masyarakat bugis tetapi huruf lontara juga digunakan oleh masyarakat makassar dan masyarakat luwu. Yah dahulu kala para penyair-penyair bugis menuangkan fikiran dan hatinya di atas daun lontara dan dihiasi dengan huruf-huruf yang begitu cantik sehingga tersusun kata yang apik diatas daun lontara dan karya-karya itu bernama I La Galigo.

Belajar Huruf Lontara Bugis

Belajar Huruf Lontara Bugis

Tulisan Bugis tradisional tidak mempunyai tanda konsonan. Sebab itu amat sukar membacanya kalau tidak melihat kepada ayat keselurhannya. Apabila membaca satu perkataan saja boleh mengelirukan kerana ia boleh dibunyikan dengan berbagai bunyi.

Hal itu merupakan keunikan yang dimiliki oleh huruf Lontara Ogi dan kelebihan tersendiri dibandingkan dengan sebagian besar huruf tradisional dari berbagai daerah dan negara. Dengan keunikan tersebut sehingga ada segolongan orang, terutama golongan lama yang masih mempertahankan tulisan tradisional ini.

Namun ramai sarjana bahasa bugis sudah mencipta tanda konsonan untuk mengatasi yang mungkin dianggap sebagian orang sebagai kelemahan tulisan ini supaya pembaca mampu memahami semua perkataan bugis tanpa perlu melihat kepada keseluruhan ayat. Ada berbagai tanda yang digunakan. Ada yang menggunakan tanda bulat diatas huruf dan ada guna apostropi didepan huruf dan sebagainya.

Nah apabila diperhatikan antara huruf Jepang dengan Huruf Bugis jelas memiliki kesamaan pada penyebutannya, namun pada penulisan hurufnya tetap berbeda.

Demikian penjelasan mengenai Belajar Huruf Jepang yang Mirip dengan Huruf Bugis atau Lontara Ogi, semoga bermanfaat.

(Baca juga penjelasan mengenai Manfaat Belajar, dan Gaya Belajar).

Kata Kunci:

lontara bugis,belajar huruf abjad jepang abc,bugis di jepany,bugis jep,huruf abjad aksara bugis,huruf abjad bugis,huruf jepang mirip huruf indonesia,kesamaan bentuk aksara lontar,Persamaan bahasa jepang dengan bahasa bugis
Belajar Huruf Jepang yang Mirip dengan Huruf Bugis atau Lontara Ogi | Wawang Armansyah | 4.5