Belajar Sambil Bermain yang Bisa Dipraktekkan

Monday, April 20th, 2015 - Belajar

Belajar Sambil Bermain yang Bisa Dipraktekkan – Belajar sambil bermain dilakukan agar anak diharapkan tidak akan terasa bila dirinya sedang belajar, sehingga membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih luwes dan tidak kaku. Lingkungan belajar dibuat bersahabat dengan anak sehingga mereka merasa tidak asing. Pasalnya, jika lingkungan belajar tidak akrab dengan mereka, maka belajar akan dianggap fobia dan berkembang menjadi momok.

Belajar Sambil Bermain

Belajar Sambil Bermain

Belajar Sambil Bermain

Anak-anak seusia siswa TK memiliki karakter yang unik, salah satunya adalah mereka suka bermain. Oleh karena itu, salah satu tantangan para guru dalam mengajar mereka adalah bagaimana mengontrol mereka supaya tetap fokus dalam belajar sambil bermain. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah menjadi teman sekaligus guru bagi mereka dalam bermain sambil belajar. Untuk dapat melakukan ini, guru harus dapat mengajar secara komunikatif, dimana harus ada interaksi yang kuat diantara guru dan anak didik. Mengajar secara komunikatif menyangkut banyak hal, baik metode mengajar, materi, maupun sarana.

Metode belajar ini sudah dikembangkan dalam berbagai jenjang pendidikan, termasuk sekolah usia dini yang justru sangat dekat dengan bermain. Garis merahnya, para pendidik mencoba murid-muridnya untuk tidak hanya duduk diam, tapi mereka didorong untuk aktif. Komunikasi pun dilangsungkan secara berdialog-komunikasi dua pihak. Dengan begitu, murid pun akan lebih berkembang dan dipacu untuk berpikir.

Murid bukan hanya duduk diam dan mendengar, tapi juga berinteraksi dengan guru dan teman-temannya. Oleh karena itu, banyak sekolah usia dini yang sangat mengutamakan fasilitas bermain mereka. Sekolah banyak memberikan stimuli-stimuli kepada anak untuk melatih keseluruhan sistem motorik anak.  

Banyak cara dalam belajar sambil bermain dan permainan yang bisa dilakukan untuk maksud di atas.

  • Membuat tempat bermain lengkap dengan berbagai peralatan yang diletakkan di tempat tertentu. 

Di tempat itu, semua anak dari beberapa kelas bisa bermain bersama. Mereka semua bias berkolaborasi dan menciptakan kebersamaan serta membangun sifat kepemimpinan (bila mereka bermain dengan anak yang lebih muda).

  • Membuat replika dari kantor pos, pasar, bank, atau lainnya.

Dengan replika tersebut, anak bisa bermain peran menjadi apa yang diinginkan oleh mereka. Sekaligus melatih interpretasi dengan menjadi objek atau subjek dari peran mereka. Dengan begitu, mereka pun bisa memahami berbagai hal di sekitar mereka dan mengenal karakteristik pekerjaan yang biasa dilakukan oleh orang dewasa.

  • Bukan hanya di sekolah, sebenarnya cara belajar sambil bermain ini pun sudah banyak ditemui di berbagai arena bermain.

Di mal misalnya, di sana banyak dijumpai arena atau metode bermain yang edukatif. Mulai dari kegiatan menggambar sampai puzzle.

Rumah merupakan tempat bermain anak yang ternyaman, sebab disanalah mereka dapat bermain dengan orang-orang yang dicintainya. Buatlah rumah anda senyaman dan seaman mungkin untuk anak bermain, berikan ruang yang cukup leluasa untuk bermain, berikan sarana bermain yang aman dan edukatif, serta, yang paling penting, sediakan diri dan waktu anda untuk bermain bersama mereka. Dalam belajar sambil bermain di rumah dengan anak tidak ada aturan yang harus diikuti (kecuali aturan keamanan) serta dapat bertindaklah spontan.

Beberapa Ide Belajar Sambil Bermain

1. Bermain Balok

Bermain balok terlihat seperti hanya menyusun dan menghancurkannya kembali. Tapi bagi anak, bermain balok adalah latihan motorik halus. Mereka melatih jari-jari mereka untuk memegang balok tersebut, mengangkatnya dan membuatnya seimbang berdiri di atas balok yang lain. Hal ini merupakan hal yang tidak mudah bagi anak.

2. Bermain air

Semua anak senang bermain air, walaupun kelihatannya hanya membuat berantakan, menuang air dan menumpahkannya kembali. Mereka belajar bahwa tidak semua benda itu padat, ada benda cair. Ada konsep kosong dan penuh ketika mereka menuang dan menumpahkan.

3. Main cilukba

Cilukba juga sangat mengasyikkan. Sekarang ada, sekarang tidak ada. Anak kecil senang sekali dengan permainan sederhana ini. Mereka belajar bahwa walaupun suatu benda tidak terlihat, tidak berarti benda tersebut tidak ada, hanya sembunyi. Ibu mungkin sembunyi dibalik tangan itu, tapi ibu masih ada disini (anak bahkan mungkin tidak tahu bahwa itu tangan ibu, tapi itu merupakan proses belajar lain lagi).

Demikian penjelasan mengenai belajar sambil bermain yang beisa direalisasikan dalam proses pembelajaran, semoga bermanfaat.

(Lihat juga belajar bahasa pemrograman, dan gaya bahasa yang bisa diterapkan).

Kata Kunci:

belajar sambil bermain dg anak,belajar sambil bermain untuk remaja,bermain sambil belajar adalah metode yang baik bagi anak,bermain sambil bermain yang unik
Belajar Sambil Bermain yang Bisa Dipraktekkan | Wawang Armansyah | 4.5