Cara Belajar yang Efektif

Tuesday, April 7th, 2015 - Belajar, Cara

Cara Belajar yang Efektif – Cara belajar yang efektif memang saat ini banyak menjadi perbincangan di kalangan pengajar dan di kalangan pelajar. Namun berkaitan dengan itu maka pemilihan metode belajar tertentu dalam upaya mencapai hasil belajar yang efektif, memerlukan beberapa indikator untuk memastikan berlangsung tidaknya cara belajar yang efektif.

Cara Belajar yang Efektif

Cara Belajar yang Efektif

Cara Belajar yang Efektif

Berikut ini Indikator cara belajar yang efektif antara lain:

  1. Kesiapan subjek belajar dalam artian telah memiliki dan berada dalam suasana psikologis yang mantap dan tidak dalam keadaan labil atau kurang menentu.
  2. Bahan yang akan dipelajari benar-benar mempunyai tingkatan yang diutamakan pada saat itu sehingga kepadanya tertuju segala perhatian atau konsentrasi.
  3. Alat bantu yang memadai tersedia guna terjadinya proses belajar secara normal terutama aspek lingkungan belajar yang bila perlu menekan semaksimal mungkin adanya gangguan yang akan memecah perhatian subjek belajar. 
  4. Penggunaan waktu belajar yang efisien dalam artian hasil yang ingin dicapai secara terukur dapat dibandingkan dengan jumlah waktu yang dihabiskan untuk itu. 
  5. Tingkat kepuasan jiwa dalam menghadapi perubahan yang cukup berarti sebagai salah satu hasil belajar secara kualitatif didapatkan dari proses tersebut.

Kelima indikator cara belajar yang efektif tersebut dapat menjadi perangkat yang perlu dipertimbangkan dalam menilai serta mengukur sejauhmana kegiatan belajar tersebut dapat dikatakan efektif dan mencapai hasil yang memadai.

Proses pembelajaran menuju pencapaian tujuan instruksional secara efektif dapat dijelaskan sebagai Pembelajaran terstruktur sering menampakkan suatu rangkaian peristiwa pembelajaran yang sangat formalistik, artinya pihak yang terlibat di dalamnya terseret ke dalam situasi yang bersifat mekanis dengan urutan-urutan tertentu yang nyaris dianggap “haram” untuk diubah dan dimodifikasi.

Padahal sesungguhnya pembelajaran tersebut dapat dilakukan dengan berbagai variasi serta pengembangan yang diperlukan. Katakanlah diperlukan improvisasi yang variatif guna memberikan ruang yang bersifat manusiawi kepada para peserta didik yang memiliki kekurangan dan segala kelebihannya masing-masing.

Ada beberapa indikator cara belajar yang efektif yang penting untuk dimiliki oleh seorang pendidik atau guru:

  1. Berusaha mengendalikan apapun masalah yang tersisa pada pihak peserta didik dalam proses pembelajaran.
  2. Memberikan solusi terhadap masalah belajar yang dihadapi oleh setiap peserta didik.
  3. Terciptanya hubungan timbal balik yang harmonis yakni hubungan personal yang akrab tetapi sangat demokratis.
  4. Menjauhkan secara bertahap kemungkinan adanya konflik antara guru dengan peserta didik. 
  5. Mempertahankan kekuatan motivasi belajar para peserta didik, berdasarkan suatu pandangan dan paradigma baru dalam pengajaran yakni “pupil centered”.

Berdasarkan indikator tersebut di atas, maka pembelajaran terstruktur dapat dinilai dengan baik dan menghasilkan suatu gambaran yang mendekati nilai obyektifitas yang sesungguhnya.

Beberapa Kebutuhan sebagai Penunjang Cara Belajar yang Efektif

Ada beberapa pendapat yang menyebutkan bahwa salah satu cara belajar yang efektif adalah belajar mandiri. Belajar mandiri memerlukan suatu kondisi yang baik dari mulai dari dalam diri subjek belajar sampai kepada lingkungan belajar yang bersangkutan. Maslow misalnya berpendapat sebagaimana dimuat dalam Ivor K. Davies memberikan suatu pendekatan dalam rangka memperkuat kondisi yang dimiliki seseorang yang menjalani kegiatan belajar efektif melalui pendekatan kebutuhan manusia antara lain:

  • Kebutuhan fisiologis, yakni menghindari rasa lapar, haus dan sebagainya.
  • Kebutuhan kemanan, yakni jangan sampai ada gangguan dalam proses yang sedang dijalani.
  • Kebutuhan berkerabat, yakni terjalinnya suatu suasana yang bersahabat dengan orang-orang sekitar.
  • Kebutuhan penghargaan, bahwa apa yang dilakukannya itu cukup mendapatkan pengertian dari manusia lainnya.
  • Kebutuhan berusaha, bahwa apa yang sedang dijalani itu merupakan suatu proses pengembangan diri secara konstruktif.

Berdasarkan klasifikasi kebutuhan tersebut di atas, dapat dikatakan bahwa manusia sebenarnya memiliki peluang yang besar untuk melakukan cara belajar yang efektif secara mandiri dengan syarat adanya suatu situasi yang kondusif untuk memenuhi kebutuhan belajar yang sangat kompleks itu.

Sedangkan pembelajaran dapat dipahami sebagai suatu kegiatan yang melibatkan paling tidak dua pihak yakni subyek belajar dan pendukung kegiatan belajar dalam hal ini fasilitator dan motivator belajar baik dalam bentuk guru, tutor maupun pembimbing lainnya.

Demikian penjelasan mengenai hal-hal penting dalam menempuh cara belajar yang efektif agar tujuan dapat tercapai, semoga bermanfaat

(Baca juga Beberapa Tips Belajar Efektif, dan bagaimana Dasar Belajar Melodi Gitar).

Kata Kunci:

cara belajar teori yg efektif,metode bekajar yg efektif untuk semua kalangan pelajar,pendapat tentang belajar efektif,pendapat tentang proses belajar yang efektif,Tanggapan tentang belajar efektif
Cara Belajar yang Efektif | Wawang Armansyah | 4.5