Tips Cara Cepat Belajar English

Wednesday, April 8th, 2015 - Belajar, Belajar Bahasa

Tips Cara Cepat Belajar English – Cara cepat belajar English kini sudah tidak asing lagi bagi siapa saja yang ingin benar-benar tahu berbahasa English. Terlepas dari hal tersebut, semuanya tergantung dari pribadi dan potensi masing-masing. Banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk belajar dan menguasai bahasa inggris, mulai dari belajar di school, english course, bimbel ikut seminar, workshop atau browsing untuk belajar bahasa pengantar no.1 di dunia ini.

Cara Cepat Belajar English

Cara Cepat Belajar English

Bahkan tak jarang anda membeli buku-buku tentang cara cepat belajar english, mulai dari buku grammar, kamus digital, buku conversation hingga kamus atau dictionary yang tentunya mengharuskan anda untuk merogoh kocek dari kantong saku anda. Berikut ini, saya akan sedikit share kepada teman-teman sekalian, cara mudah yang sudah dipraktekkan.

Cara Cepat Belajar English

Berikut ini kami bagikan tips-tips atau cara cepat belajar English yang bisa membantu teman-teman yang ingin bisa mendalami bahasa inggris:

1. Niat yang Kuat Untuk Bisa 

Yups, tanpa niat yang kuat, tentu anda akan sulit sekali belajar bahasa inggris. Jadi, Jika anda ingin belajar serta mendalami ilmu bahasa inggris ini, pastikan dulu anda sudah memiliki niat  dan tekad yang kuat untuk bisa berbicara bahasa inggris. 

Niat dan tekad yang kuat harus selalu berkobar dalam hati anda agar cara cepat belajar English yang diterapkan dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Anda harus bisa merasakan, mendengar dengan emosionil bagaimana jika anda suatu saat bisa berbicara dengan bule atau native speaker, anda bisa berjalan-jalan ke luar negeri, melanjutkan cita-cita anda untuk kuliah diluar negeri. Anda bisa ketik dan tempel alasan-alasan anda diatas, sebagai penyemangat anda ketika mengalami rasa malas dalam belajar ataupun praktek berbahasa inggris.

Oia, Disini saya bukan bermaksud untuk menggurui anda, melainkan ini adalah cara sederhana yang sudah dipraktekkan. Ketika rasa malas mulai datang, mulai menulis dan membayangkan jika suatu hari nanti saya bisa berbicara dengan bule dengan otomatis.

2. Belajar Bahasa Inggris Otodidak 

Belajar tanpa guru memang sangat sulit. Namun, jika anda sudah mencoba untuk mencari teman atau kerabat yang jago bahasa inggris, tapi anda tidak menemukan orangnya. Atau anda menemukan orang yang jago, hanya saja dia sibuk dengan pekerjaannya. Maka cara yang bias anda tempuh adalah belajar otodidak (Belajar sendiri). 

Anda bisa mulai belajar dari buku, kamus offline atau online, ebook, audio, video yang masih mengupas bahasa inggris. Anda bisa belajar grammar, belajar tenses, atau belajar pronunciation.

3. You Can If You Think You Can

Ya, bila anda berpikir anda bisa, maka andapun PASTI BISA!!. Jika anda katakan tidak bisa, maka otak andapun akan menutup kemungkinan-kemungkinan untuk berpikir kreatif. Cara cepat belajar English dengan melakukan hal ini juga akan membantu dalam mengasai bahasa English. Coba anda lakukan hal diatas, misalnya saja ketika anda belajar grammar yang sulit, anda ingin  mengatakan tidak bisa, tapi dengan suara yang lantang anda katakan BISA, Saya PASTI BISA. So, bias saja pikiran anda terbuka.

Mungkin anda menelpon teman anda yang jago bahasa inggris, datang ke tempat kursus, buka kamus, buka buku bahasa inggris, browsing di internet, dll. Tuh kan, selalu ada jalan jika anda katakan BISA. “Keep This Wise Words In Our Mind “Where There is a will, There is a way”.

4. Cari Waktu Terbaik untuk Belajar Bahasa English

Setiap orang memiliki persamaan waktu, 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 365 hari dalam setahun. Namun anehnya, ada yang jago berbahasa inggris, dan ada yang biasa-biasa saja. Lalu apa yang membedakan? Ya, salah satunya adalah cara cepat belajar English dan waktu belajar.  Mungkin anda kadang suka heran dengan teman atau kerabat anda. Wah si “A” kok jago banget bahasa inggrisnya ya. Padahal dia gak pernah ikut kursus bahasa inggris sebelumnya. Nah, jika anda merasakan hal serupa seperti diatas, maka mungkin saja teman anda itu memanfaatkan waktu luangnya untuk belajar.

Menemukan waktu yang pas untuk belajar dengan baik dan efektif. Ada yang cepat menangkap pelajaran jika belajar di waktu malam hari, ada yang habis tidur, ada yang waktu terbaiknya siang hari, dll. Silahkan anda tanyakan kepada diri anda sendiri, kapan waktu terbaik bagi anda untuk belajar? Anda bisa mulai meluangkan waktu anda sekitar 25 menit/hari atau 1 bab sehari, itu jauh lebih efektif dari pada anda belajar 5 jam perhari yang anda lakukan 1 minggu sekali.

5. Belajar English dari Teman, Family atau Kerabat Anda

Memang cara terbaik untuk cepat dan mudah dalam belajar bahasa inggris adalah “Dengan Belajar Langsung Dari Yang Terbaik”. Namun, hal tersebut tentu membutuhkan biaya yang cukup mahal. Lalu bagaimana solusinya?? Yups, that’s right. Belajar dari teman, family atau kerabat anda yang jago atau lebih mahir dari anda. Ini adalah jurus yang bisa dikatakan “Jurus Dahsyat”. Bagaimana tidak, anda bisa belajar bahasa inggris dengan mudah, murah, dan tentu terarah. Sudahkah anda belajar kepada teman atau family anda?

Shobat, cara inilah yang dulu pernah dilakukan saat seseorang masih newbie (pemula) banget sama bahasa inggris. Minta diajarin sama teman yang kebetulan jago bahasa inggris. Dan semoga temannya bisa sabar dan mau meluangkan waktunya untuk mengajari anda.

6. Ubah Metode Pembelajaran Anda dengan Cara Cepat Belajar English yang Lebih Baik

Dalam belajar satu hal yang menjadi musuh terbesarnya adalah “Rasa Malas”. Untuk memerangi rasa malas ini adalah hal yang cukup sulit, namun bukan berarti anda menyerah. Untuk memeranginya anda bisa mengubah metode pembelajaran anda. Mungkin hari ini anda belajar listening, esok hari anda belajar dengan menonton video pembelajaran.

Cara cepat belajar English apakah yang paling anda sukai ketika belajar bahasa inggris? Apapun itu yang TERPENTING adalah anda melakukannya terus menerus dan selalu merasa senang.

Apabila cara cepat belajar english yang anda telah lalui dan merasakn manfaatnya serta jika anda sudah merasa memiliki ilmu bahasa inggris. Walaupun masih dalam proses belajar, tapi tak ada salahnya anda bagikan sedikit ilmu anda kepada orang lain. Silahkan Luangkan sedikit waktu anda untuk berbagi. Berbagi tidaklah selalu identik dengan uang atau benda tertentu, berbagi juga bisa dengan Ilmu. Berbagi uang akan habis, namun berbagi ilmu tidak pernah akan mengurangi ilmu anda. Justru dengan mengamalkan ilmu, maka anda akan terlihat lebih professional dan kompeten sehingga ilmu anda semakin tajam dan bertambah karena bisa berguna dan dimanfaatkan oleh orang lain.

Demikian penjelasan mengenai Cara Cepat Belajar English, semoga bermanfaat.

(Lihat juga Pengertian Hasil Belajar).

Tips Cara Cepat Belajar English | Wawang Armansyah | 4.5