Doa Sesudah Belajar serta Arti dan Kekuatan Doa

Saturday, April 4th, 2015 - Doa

Doa Sesudah Belajar serta Arti dan Kekuatan Doa – Doa sesudah belajar merupakan permohonan yang dipanjatkan kehadirat Allah SWT. Dalam berdoa sesudah belajar, begitu beragam permohonan yang dipanjatkan oleh setiap orang, tergantung apa yang mereka harapkan. Baik itu siswa maupun santri ataukah para mahasiswa seyogyanya memanjatkan doa sesudah belajar agar Insya Allah apa yang diharapkan dari proses belajar yang telah dilaluinya dapat tercapai.

Doa Sesudah Belajar

Doa Sesudah Belajar

Doa Sesudah Belajar

Berikut ini salah satu doa sesudah belajar yang bisa dibaca setiap orang:

Doa sesudah belajar 1

اللَّهُمَّ انْفَعْنَا بِمَا عَلَّمْتَنَاوَعَلِّمْنَا الَّذِى يَنْفَعُنَاوَزِدْنَا عِلْمًاوَاْلحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

ALLAHUMMANFA’NAA BIMAA ‘ALLAMTANAA WA’ALLIMNAL LADZII YANFAUNAA WAZIDNA ‘ILMAA WAL_HAMDU LILLAHI ‘ALA KULLI _HAAL.

(HR. Ibnu Maajah no.247 & At Turmudzi no.3523)

Artinya:

“Ya Alloh kami berilah kemanfaatan bagi apa yang telah Engkau ajarkan pada kami, Ya Alloh kami ajarkanlah pada kami sesuatu yang bermanfaat bagi kami dan tambahkanlah ilmu pada kami seegala puji hanya milik Alloh pada setiap saat”.

Doa sesudah belajar 2

اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهوَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

AALLOHUMMA ARINAL_HAQQO _HAQQON WARZUQNATTIBAA’AHU WA ARINALBAATHILA BAA-THILAN WARZUQNAJTINAABAHU.

Artinya:

“Ya Alloh, tunjukkanlah kepada kami kebenaran sehinggga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya”.

Manusia berusaha biarlah Tuhan yang menentukan, demikian ungkapan yang seringkali kita dengar tentang makna dari tawakal. Untuk kebaikan bagi manusia dalam menjalani kehidupan di dunia dan kelak di akherat, kita semua –sebagai manusia- diperintahkan untuk senantiasa berserah diri atau bertawakal, termasuk memanjatkan doa sesudah belajar dan doa sebelum belajar.

Di balik sikap berserah diri manusia wajib berdoa dan berusaha saat memiliki tujuan atau rencana yang tengah ditargetkan. Dengan berdoa dan berusaha, setiap manusia akan melewati tantangan, rintangan yang pada akhirnya akan mendapatkan kebahagiaan.

Arti Doa

Secara harfiah, doa berarti memohon, doa pun identik dengan kata lain; dakwah. Sehingga doa bisa juga berarti mengajak atau mengundang agar datang. Doa yang berarti permohonan mekanismenya melakukan permohonan langsung kepada Allah swt agar diberikan kebaikan, keberkahan, kemudahan, kesehatan dan jalan keluar dari kesulitan dan lain-lain.

Doa yang dilakukan dengan baik dan benar maka pemohonnya akan memiliki kekuatan serta daya ubah yang sangat luar biasa. Sebuah hadits menyebutkan, “Tidak ada yang mampu mengubah takdir selain berdoa dan tidak ada yang bisa menambah umur kecuali kebaikan.” 

Maka setiap doa yang baik akan senantiasa dikabulkan, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad di dalam sebuah hadits, “Tidak ada seorang muslim pun yang berdoa kepada Allah, yang mana doanya tidak diarahkan kepada kemaksiatan atau perbuatan dosa dan memutus tali famili, kecuali Allah akan mengabulkannya.”

Ada yang mengatakan bahwa doa terbagi menjadi 3 pengabulan, antara lain;

  1. Doa seorang hamba akan langsung dikabulkan oleh Allah.
  2. Doa akan ditunda oleh Allah yang kemudian akan Allah kabulkan di lain waktu atau nanti di Akherat.
  3. Doa akan diganti oleh Allah swt. dengan hal lain yang menurut Allah lebih baik semisal; terhindar dari bencana (karena sesuatu yang menurut manusia baik belum tentu baik bagi Allah swt).

Demikian ulasan singkat mengenai Doa Sesudah Belajar, semoga bermanfaat.

(Pelajari juga Kumpulan Doa Mau Belajar, Kesulitan Belajar dan Cara Memahaminya pada Seorang Anak, dan  Tips Cara Belajar Efektif dengan Benar).

Kata Kunci:

kumpulan doa sesudah belajar,doa sesudah belajar,doa tawakal setelah belajar,hadits mengenai belajar lebih baik daripada berdoa,hadits tentang doa sebelum sesudah belajar,اللهم ارناالحق حقا artinya
Doa Sesudah Belajar serta Arti dan Kekuatan Doa | Wawang Armansyah | 4.5