Manfaat Belajar Menulis Membaca dan Belajar dari Pengalaman

Tuesday, April 14th, 2015 - Belajar

Manfaat Belajar Menulis Membaca dan Belajar dari Pengalaman – Manfaat belajar sangat erat kaitannya dengan manfaat yang akan diperoleh seseorang dari sebuah usaha belajar. Ada beberapa hal yang dimaksud sebagai manfaat dari belajar, diantaranya manfaat belajar membaca, belajar menulis, dan belajar dari pengelaman atau keadaan yang pernah terjadi sebelumnya.

Manfaat Belajar

Manfaat Belajar

Manfaat Belajar

Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat belajar dari beberapa kegiatan belajar yang telah disebutkan sebelumnya:

Manfaat Belajar Menulis

  • Menulis memiliki peran yang sangat penting bagi manusia yang selalu dituntut untuk bersosialisasi dengan orang lain, banyak manfaat yang bisa diperoleh dari aktivitas menulis. Komaidi (2007:12) menyebutkan beberapa manfaat dari aktivitas menulis sebagai berikut.
  • Kalau kita ingin menulis pasti menimbulkan rasa ingin tahu (curiocity) dan melatih kepekaan dalam melihat realitas di sekitar. Kepekaan dalam melihat suatu realitas lingkungan itulah yang kadang tidak dimiliki oleh orang yang bukan penulis.
  • Dengan kegiatan menulis mendorong kita untuk mencari referensi seperti buku, majalah, Koran, jurnal dan sejenisnya. Dengan membaca referensi-referensi tersebut tentu kita akan semakin bertambah wawasan dan pengetahuan kita tentang apa yang akan kita tulis.
  • Dengan aktivitas menulis, kita terlatih untuk menyusun pemikiran dan argumen kita secara runtut, sistematis dan logis.
  • Dengan menulis secara psikologis akan mengurangi tingkat ketegangan dan stres kita. Segala uneg-uneg, rasa senang, atau sedih bisa ditumpahkan lewat tulisan di mana dalam tulisan orang bisa bebas menulis tanpa diganggu atau diketahui oleh orang lain.
  • Dengan menulis di mana hasil tulisan kita dimuat oleh media massa atau diterbitkan oleh suatu penerbit kita akan mendapatkan kepuasan batin karena tulisannya dianggap bermanfaat bagi orang lain, selain itu juga memperoleh honorarium (penghargaan) yang membantu kita secara ekonomi.
  • Dengan menulis dimana tulisan kita dibaca oleh banyak orang (mungkin puluhan, ratusan, ribuan, bahkan jutaan) membuat sang penulis semakin popular dan dikenal oleh publik pembaca.

Manfaat Belajar Mambaca

  1. Membaca menghilangkan kecemasan dan kegundahan.
  2. Ketika sibuk membaca, sesorang terhalang masuk dalam kebodohan.
  3. Dengan sering membaca, seseorang bisa mengembangkan keluwesan dan kefasihan dalam bertutur kata.
  4. Membaca membatu mengembangkan pemikiran dan menjernihkan cara berpikir.
  5. Membaca meningkatkan pengetahuan seseorang dan meningkatkan memori dan pemahaman.
  6. Dengan sering membaca, seseorang dapat mengambil manfaat dari pengalama orang lain, seperti mencontoh kearifan orang bijaksanan dan kecerdasan para sarjana.
  7. Dengan sering membaca, seseorang dapat mengembangkan kemampuannya baik untuk mendapat dan merespon ilmu pengetahuan maupun untuk mempelajari disiplin ilmu dan aplikasi di dalam hidup.
  8. Keyakinan seseorang akan bertambah ketika dia membaca buku – buku keagaman. Buku itu adalah penyampai ceramah terbaik dan ia mempunyai pengaruh kuat untuk menuntun seseorang menuju kebaikan dan menjauhkan dari kejahatan.
  9. Membaca membantu seseorang untuk menyegarkan pikirannya dari keruwetan dan menyelamatkan waktunya agar tidak sia2.
  10. Dengan sering membaca, seseorang bisa menguasai banyak kata dan mempelajari berbagai model kalimat, lebihlanjut lagi ia bisa meningkatkan kemampuannya untuk menyerap konsep dan untuk memahami apa yang tertulis “di antara baris demi baris” (memahami apa yang tersirat).

Manfaat Belajar dari Pengalaman atau sesuatau yang telah terjadi sebelumnya

1. Mengantisipasi kegagalan berikutnya

Pengalaman adalah guru terbaik, lebih dari sekedar teori dan motivasi. Untuk bisa belajar dari pengalaman, kita harus mempelajari sesuatu dari kegagalan yang terjadi sebelumnya. Jik tidak, maka yang terjadi adalah kegagalan berikutnya.

2. Meningkatkan kualitas diri

Setiap saat ilmu pengetahuan terus berkembang, hal itu tidak ada kata berhenti untuk proses belajar. Jika kita berhenti belajar, kita akan tertinggal, sementar hidup terus bergerak maju, bukan mundur. Galihlah ilmu pengetahuan dari berbagai sumber, seperti internet, buku, koran atau lainnya. Pendek kata rajinlah membaca.

3. Setiap peristiwa ada hikmanya

Setiap peristiwa yang kita jalani pasti ada pelajaran baik yang dapat kita ambil. Tidak ada yang sia-sia dalam hidup selagi melakukan pekerjaan yang bermanfaat dan dengan belajar kita memiliki kepribadian kuat yang tidak mudah digoyahkan oleh kejadian apapun.

4. Membantu menyikapi kegagalan secara positif

Lihatlah suatu peristiwa dari sudut pandang positif, dengan demikian kita lebih dekat dengan keberhasilan daripada pesimis dan tidak punya semangat. Yakinkan diri cepat atau lambat kita akan berhasil mewujudkan cita-cita kita.

5. Membantu bangkit dari kekecewaan

Rasa kecewa harus dihadapi dengan pribadi bijak, jika tidak akan membuat semangat jatuh. Sikap dan tindakan sangat menentukan apakah kita kecewa atau tidak. Walaupun ada orang yang sengaja membuat kita kecewa, tetapi diri kita sendiri yang bisa menentukan apakah kita benar-benar kecewa atau tidak.

6. Membantu dalam berfikir

Dari kejadian yang kita alami, kita bisa mengambil hikmahnya, dengan demikian kita punya solusi baru, teknik baru untuk menyempurnakan kesalahan yang terjadi.

Manfaat dari Belajar Secara Umum

Secara umum manfaat belajar yang dilakukan secara rutin oleh seseorang akan memperoleh manfaat berikut ini:

  • Manusia akan selalu mendapatkan pengetahuan baru yang belum diketahuinya.
  • Adanya peningkatan kualitas kehidupan manusia yang mau selalu belajar. Sebagai contoh, penemuan teknologi yang banyak digunakan manusia, merupakan salah satu hasil yang diperoleh dari sebuah proses belajar.
  • Hasil belajar yang dimiliki seseorang, bisa digunakan untuk membantu orang lain yang membutuhkan.
  • Manusia bisa memecahkan masalah yang dihadapinya, jika mau untuk terus belajar, terutama jika manusia mau belajar dari sesuatu yang pernah dihadapinya di masa lalu. 
  • Dengan belajar maka manusia akan bisa memanfaatkan semua potensi yang ada di sekelilingnya untuk menunjang kebutuhan manusia itu sendiri.

Demikian penjelasan mengenai Manfaat Belajar Menulis Membaca dan Belajar dari Pengalaman, semoga bermanfaat.

(Baca juga bagaimana Strategi Belajar, dan Teori-teori Belajar Kognitif).

Kata Kunci:

manfaat belajar dari pengalaman,manfaat pengalaman belajar,apa manfaat belajar dari pengalaman,manfaat belajar terus ?,manfaat menulis pengalaman,manfaat menulis secara ekonomis
Manfaat Belajar Menulis Membaca dan Belajar dari Pengalaman | Wawang Armansyah | 4.5