Media Belajar Guru dan Instruktur serta Perancang Program Pembelajaran

Thursday, April 9th, 2015 - Belajar, Media Belajar

Media Belajar Guru dan Instruktur serta Perancang Program Pembelajaran – Beragam media belajar dapat digunakan untuk mendukung aktivitas pembelajaran yang efektif, efisien, dan menarik. Untuk memudahkan dalam memilih dan menggunakannya ragam media tersebut kerap diklasifikasikan dalam beberapa klasifikasi.

Media Belajar

Media Belajar

Media Belajar

Karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berlangsung pesat beberapa jenis media seperti OHP, Slide suara, dan presentasi multi gambar sudah digantikan oleh teknologi media yang lebih canggih yaitu komputer multimedia dan jaringan. Penggunaan OHP digantikan dengan perangkat lunak computer yang penggunaannya diproyeksikan dengan LCD.

Heinich dan kawan-kawan mengemukakan beberapa jenis media belajar yang dapat digunakan oleh guru, instruktur, dan perancang program pembelajaran. Berikut ini merupakan deskripsi singkat tentang ragam media berdasarkan klasifikasinya.

1. Media cetak

Media cetak merupakan jenis media belajar yang telah lama digunakan sebagai bahan untuk belajar. Media cetak juga dipandang sebagai jenis media yang relatif murah dan sangat fleksibel penggunaannya. Media cetak atau teks memiliki ragam yang bervariasi yang meliputi: buku, brosur, leaflet, dan hand out.

Siswa dapat memanfaatkan media cetak di mana saja, kapan saja, dan tanpa memerlukan peralatan khusus. Bahan grafis juga tergolong sebagai media cetak yang memuat informasi dan pengetahuan yang spesifik misalnya; gambar; diagram, chart, grafik, dan poster, serta kartun.

Walaupun teknologi komputer dan digital telah berkembang sangat pesat, namun media cetak tetap digunakan secara luas. Hali ini disebakan media cetak memiliki beberapa keunggulan yaitu:  

  • Bentuk fisiknya mudah dibawa-bawa, memudahkan pengguna untuk membacanya sewaktu-waktu kapan saja dan di mana saja.
  • Ekonomis, mudah pendistribusiannya, serta mudah untuk dipindahpindah.
  • Pembaca diberi kesempatan untuk mencerna isi informasi yang terkandung di dalamnya sesuai dengan kecepatan dan kemampuan  
  • Memungkinkan pembaca mengulang-ulang isi/materi yang dibacanya.
  • Mampu menghasilkan kesamaan pengertian terhadap informasi yang terkandung di dalamnya.
  • Memungkinkan pembaca menentukan isi/materi yang akan dipelajari (random access).

2. Media pameran atau display

Media pameran atau display media digunakan sebagai sarana informasi dan pengetahuan yang menarik bagi penggunanya. Sama halnya seperti media cetak, jenis media belajar ini juga bervariasi mulai dari benda sesunguhnya (real object) sampai kepada benda tiruan atau replica dan model. Penggunaan media ini dilakukan dengan cara memamerkannya di  suatu tempat tertentu sehingga pesan dan informasi yang terdapat didalamnya dapat diamati dan dipelajari oleh siswa. Contoh media pameran yaitu: realia, model, diorama, dan kit.

3. Media audio

Media audio merupakan jenis media spesifik yang efektif dan efisien untuk digunakan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Walaupun jenis media ini dapat digunakan untuk menyampaikan hamper semua jenis informasi dan pengetahuan, namun sejumlah ahli berpandangan bahwa media audio sangat tepat untuk digunakan dalam pembelajaran tentang kemampuan berbahasa dan juga seni.

Belajar tentang cara pengucapan bahasa asing (pronounciation) misalnya, akan lebih efektif dan efisien  jika menggunakan jenis media audio. Demikian pula halnya dengan pelajaran seni musik dan olah suara (vocal) akan berlangsung lebih baik jika menggunakan jenis media audio.

Secara umum penggunaan media audio sebagai sarana pembelajaran memiliki beberapa keunggulan antara lain:

  • Relatif murah untuk mengkomunikasikan informasi
  • Mudah untuk diperoleh dan mudah untuk digunakan
  • Fleksibel untuk digunakan dalam proses belajar baik berkelompok maupun individu
  • Bentuknya ringkas dan mudah dibawa.

4. Gambar bergerak atau motion pictures

Gambar bergerak atau motion pictures merupakan jenis media yang mampu memperlihatkan gambar bergerak yang terintegrasi dengan unsure suara. Contoh jenis media ini yaitu film dan video. Kedua jenis media belajar ini memiliki features atau kemampuan yang luar biasa sebagai sebuah media komunikasi. Video dan film mampu menampilkan informasi dan pengetahuan dalam sebuah tayangan yang realistik.

5. Multimedia

Multimedia merupakan produk dari kemajuan teknologi digital. Media ini mampu memberikan pengalaman belajar yang kaya bagi penggunanya. Multimedia dapat menampilkan pesan dan pengetahuan dalam bentuk gabungan atau kombinasi antara beberapa unsur seperti: teks, audio, grafis, video, dan animasi secara simultan. Dengan kemampuan ini program multimedia dapat menayangkan informasi yang sangat komprehensif untuk dipelajari oleh siswa.

6. Perangkat komputer

Perangkat komputer telah berkembang dan kini banyak digunakan sebagai media belajar serta tidak lagi hanya berfungsi sebagai sarana komputasi, tapi telah menjadi sarana untuk berkomunikasi. Penggunaan komputer telah membentuk jaringan (network) yang mendunia. Sebagai pengguna jaringan komputer, Anda dapat berkomunikasi dengan jaringan komputer yang berada di belahan dunia lain. Selain untuk melakukan komunikasi antar jaringan, kita juga dapat mencari dan menemukan beragam informasi dan pengetahuan yang kita perlukan dari berbagai situs jaringan (website).

Sejumlah mesin pencari atau searching machine seperti google dan yahoo dapat membantu kita dalam menemukan informasi dan pengetahuan yang  diperlukan. Kita dapat mengembangkan isi atau materi pelajaran dari beragam situs jaringan yang tersedia. Hal penting yang perlu diperhatikan dalam mengunakan jaringan komputer adalah apakah materi pelajaran yang kita pilih tersebut sesuai dengan minat dan kemampuan siswa (learner).

Demikian penjelasa mengenai Media Belajar Guru dan Instruktur serta Perancang Program Pembelajaran, semoga bermanfaat.

[Lihat juga Belajar Mengetik 10 Jari, dan Prestasi dalam Belajar].

Media Belajar Guru dan Instruktur serta Perancang Program Pembelajaran | Wawang Armansyah | 4.5