Memelihara Ikan Arwana yang Merupakan Ikan Hias Paling Populer

Tuesday, April 28th, 2015 - Dunia Ikan Hias, Tips

Memelihara Ikan Arwana yang Merupakan Ikan Hias Paling Populer Ikan Arwana merupakan ikan hias air tawar yang sangat popuer di kalangan pecinta ikan hias. Ikan Arwana merupakan ikan yang awalnya berasal dari Kalimantan Selatan. Ikan ini merupakan ikan dengan bentuk tubuh yang unik serupa dengan pisau dengan mulut yang unik.

Berbagai jenis ikan arwana yang tersebar di seluruh dunia, dengan ciri khas yang berbeda dari masing-masing jenisnnya. Ada ikan arwana Afrika, Ikan Arapaima, Ikan arwana Perak, Arwana hijau, arwana emas, ikan arwana Papua, dan yang paling cantik adalah Ikan Arwana Merah.

Ikan Arwana memiliki keunikan jika dilihat dari segi warna dan gerakan. Warnanya yang indah dan gerakannya yang sangat lincah berwibawa menjadikan ikan semakin banyak peminatnya di kalangan pecinta ikan hias. Menjadi primadona ikan hias dan banyak di cari. Ikan Arwana tercantik dan termahal berada di Indonesia yairu ikan Arwana Super Red yang banyak dibudidayakan di Kalimantan Selatan tepatnya di daerah Pontianak.

Ikan ini termasuk ke dalam sederetan satwa yang dilindungi oleh pemerintah, dan memang populasinya saat ini telah jarang ditemui di alam liar. Ikan arwana Indonesia yaitu ikan jenis Super Red banyak diminati di seluruh dunia walaupun harganya fantastis bisa mencapai ratusan juta rupiah perekornya. Di kontes ikan hias tahun ini Ikan arwana menjadi juara kontes dalam hal ini Arwana Super Red.

Dalam memelihara ikan arwana tidak semudah seperti memelihara ikan lainnya. Makannya saja sangat beda dengan ikan hias lainnya. Salah satu makanan yang sangat digemari oleh ikan Arwana yaitu ulat Hongkong. Ulat yang sengaja dibudidayakan ini dan biasanya dijual dengan harga 90ribu/kg nya menjadi faforit dari ikan Arwana. Terlepas dari makanan faforitnya, ikan arwana juga biasany diberi makan insekta ataukah berupa udang yang telah dikupas kulitnya agar nantnya mudah untuk ditelan oleh arwana itu sendiri.

Ika Arwana berkembangbiak dengan cara bertelur, kemudian setelah kawin antara jantan dan betina dari ikan Arwana, telurnya di masukkan kembali ke dalam mulut ikan untuk kemudian nantinya akan menetas di dalam tubuh ikan itu sendiri dan dikeluarkan juga ewat mulutnya. Anakan dari ikan ini pada saat pertama kali keluar memiliki keunikan, karena di bagian bawah ikan ini masih terdapat tonjolan kuning telur dari telur yang menetas menjadi anakan ikan.

Anakan Ikan Arwana

Anakan Ikan Arwana

Tonjolan kuning telur di perut ikan-ikan kecil Arwana nantinya berfungsi sebagai cadangan makanan ikan kecil ini sampai nantinya ikan ini bisa mencari makanan sendiri. Tonjolan diperut biasany diberi nama dengan Katung Kuning Telur. Setelah anakan ikan ini menanjak dewasa mereka juga sudah bias memakan jengkrik ataukah makanan lainnya seperti ulat Hongkong ataukah udang.

Memelihara ikan Arwana sangat mebutuhkan kesabaran, karena dalam pemijahannya pasangan jantan dan betina harus ditempatkan dalam satu tempat, dimana hanya induk betina dan ikan jantan dewasa yang berada di tempat itu agar tidak diganggu oleh ikan Arwana lainnya.

Ikan arwana yang berkualitas eksport harus mendapatkan perawatan yang sangat khas. Sebelum melakukan packing, ikan-ikan arwana akan diberikan obat khusus agar nantinya keadaannya akan tetap baik sampai encapai negara tujuan eksport. Namun perlu diperhatikan bahwa ikan arwana sekarang ini adalah ikan langka, sehingga pengeksporan ikan ini telah memperoleh pengewasan dari pemerintah. Ikan ini banyak diminati oleh warga negara lain karena keindahan yang dimilikinya.

 

Demikian sedikit ulasan mengenai bagaimana cara memelihara ikan Arwana yang merupakan ikan hias paling populer. Semoga bermanfaat.

Kata Kunci:

arwana liar,cari ulat hongkong pontianak
Memelihara Ikan Arwana yang Merupakan Ikan Hias Paling Populer | Wawang Armansyah | 4.5