Proses Belajar dan Strategi Belajar Mengajar

Monday, April 13th, 2015 - Belajar

Proses Belajar dan Strategi Belajar Mengajar – Proses belajar berarti suatu kegiatan belajar yang merujuk pada suatu tujuan yang akan digapai. Dalam proses ini ada dua hal yang tidak bisa terlepaskan antara satu dengan yang lainnya yakni belajar dan mengajar. Proses belajar mengajar (PBM) yang juga dikenal proses pembelajaran merupakan gabungan dua konsep yaitu berlajar yang dilakukan oleh siswa dan mengajar yang dilakukan oleh instruktur atau guru.

Proses Belajar

Proses Belajar

Proses Belajar

Belajar tertuju oleh apa yang harus dilakukan oleh seseorang sebagai subjek yang menerima pelajaran, sedangkan mengajar tertuju pada apa yang harus dilakukan oleh instruktur atau guru sebagi pemberi pelajaran. Dua konsep tersebut menajdi terpadu pada suatu kegiatan pada saat terjad interaksi antara guru dan siswa, siswa dengan siswa pada saat proses belajar-mengajar itu berlangsung.

Untuk sampai pada suatu rumusan penngertian proses belajar-mengajar terlebih dahulu harus diungkapkan pengertian belajar dan mengajar. Banyak ahli pendidik mengemukakan pendapatnya tentang pengertian tersebut. Pada bagian berikut ini penulis uraikan beberapa pendapat dari para ahli yang dianggap mewakili untuk mendapat rumusan yang tepat dan sesuai dengan ilmu pengetahuan dewasa ini.

Pengertian proses belajar mengajar secara umum dapat diartikan sebagai suatu proses dimana terdapat perubahan tingkah laku pada diri siswa baik dari aspek pengetahuan, sikap dan psikomotor yang dihasilkan dari pentransferan dengan cara pengkondisian situasi belajar serta bimbingan untuk mengarahkan siswa sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Proses belajar-mengajar merupakan interaksi antara komponen-komponen pembelajaran sehingga tercipta situasi belajar-mengajar yang

memungkinkan tercapainya tujuan yang telah direncanakan. Adapun komponenkomponen pembelajaran terdiri dari tujuan, bahan, metoda dan media evaluasi.

Tujuan pembelajaran harus dirumuskan secara jelas operasional. Kemudian ditentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan tesebut. Setelah itu metoda dan alat ditentukan atas dasar tujuan dan bahan yang telah ditetapkan sehinga betul-betul penggunaannya dapat efektif dan efisien.

Kriteria untuk menetapkan apakah pembelajaran itu berhasil atau tidak secara umum dapat dilihat dari dua segi yaitu segi proses dan segi hasil. Keberhasilan proses pembelajaran banyak dipengaruhi oleh variabel siswa dan lingkungan yang memadai untuk tumbuhnya proses pembelajaran. Sedangkan keberhasilan pembelajaran banyak dipengaruhi oleh proses pembelajaran yang telah terjadi.

Strategi Belajar Mengajar dalam Proses Belajar

Pengertian strategi dalam proses belajar mengajar yaitu rencana pembelajaran yang digunkan untuk suatu tujuan. Seperti diungkapkan Djadja Djadjuri bahwa “ Di dalam konteks belajar mengajar, strategi ialah pola umum perbuatan dan guru siswa di dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar, di dalamnya terkandung macam dan urutan perbuatan yang dimaksud”.

Ada beberapa strategi proses belajar mengajar, diantaranya adalah strategi belajar mengajar individual. Pembelajaran individual sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi kelemahan dari pembelajaran yang bersifat klasikal. Strategi pembelajaran individual memberi kemudahan pada siswa untuk mengatasi kelemahan guru baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Pembelajaran individual ini tidak hanya dilaksanakan di sekolah saja, dapat juga dilaksanakan di luar sekolah. Salah satu bentuk strategi pembelajaran individual selain modul adalah pengajaran berprogama.

Demikian penjelasan mengenai Proses Belajar dan Strategi Belajar Mengajar, semoga bermanfaat bagi kita semua.

[Setelah ini lihat juga Pengertian Motivasi Belajar, dan Ciri-ciri dari Belajar].

Kata Kunci:

apa makna belajar dan strategi belajar,belajar merujuk pada proses,cara pengkondisian proses belajar,penjelasan proses belajar dan tujuan proses belajar,strategi dalam konteks belajar mengajar,tujuan proses belajar
Proses Belajar dan Strategi Belajar Mengajar | Wawang Armansyah | 4.5