Strategi Belajar dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar

Monday, April 13th, 2015 - Belajar

Strategi Belajar dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar – Strategi belajar yang akan diterapkan oleh sesorang tentunya masing-masing memiliki tujuan tertentu. Defenisis atau pengertian strategi itu sendiri merupakan usaha untuk memperoleh kesuksesan dan keberhasilan dalam mencapai tujuan. Dalam dunia pendidikan strategi dapat diartikan sebagai a plan, method, or series of activities designed to achieves a particular educational goal (J. R. David, 1976).

Strategi Belajar

Strategi Belajar

Strategi Belajar

Strategi belajar dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Strategi ini merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam belajar yang disusun untuk mencapai tujuan tertenu. Dalam hal ini adalah tujuan belajar yang efektif dan efisien.

Pada mulanya istilah strategi banyak digunakan dalam dunia militer yang diartikan sebagai cara penggunaan seluruh kekuatan militer untuk memenangkan suatu peperangan. Sekarang, istilah strategi banyak digunakan dalam berbagai bidang kegiatan yang bertujuan memperoleh kesuksesan atau keberhasilan dalam mencapai tujuan.

Misalnya seorang manajer atau pimpinan perusahaan yang menginginkan keuntungan dan kesuksesan yang besar akan menerapkan suatu strategi dalam mencapai tujuannya itu, seorang pelatih akan tim sepak takrawnya akan menentukan strategi yang dianggap tepat untuk dapat memenangkan suatu pertandingan. Begitu juga seorang guru yang mengharapkan hasil baik dalam proses pembelajaran juga akan menerapkan suatu strategi agar hasil belajar siswanya mendapat prestasi yang terbaik.

Strategi belajar adalah suatu kegiatan belajar yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan belajar dapat dicapai secara efektif dan efisien. Kaitannya belajar dan pembelajaran, ternyata strategi pembelajaran memiliki arti tersendiri. Menurut Dick & Carey menyatakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu set materi dan prosedur pembelajaran yang digunakan secara bersama-sama untuk menimbulkan hasil belajar pada siswa.

Strategi pembelajaran merupakan hal yang perlu di perhatikan oleh seorang instruktur, guru, widyaiswara dalam proses pembelajaran. Paling tidak ada 3 jenis strategi yang berkaitan dengan pembelajaran dan akan menunjang strategi belajar peserta didik, yakni:

  • Strategi pengorganisasian pembelajaran.
  • Strategi penyampaian pembelajaran.
  • Strategi pengelolaan pembelajaran.

Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar

Dalam menerapkan strategi belajar, ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar tujuan belajar dapat tercapai dan motivasi belajar peserta didik dapat ditingkatkan. Berikut ulasannya:

1. Membangkitkan dorongan kepada peserta didik untuk belajar

Strateginya adalah dengan memberikan perhatian maksimal ke peserta didik. Selain itu, guru juga dapat membuat siswa tertarik dengan materi yang disampaikan dengan cara menggunakan metode yang menarik dan mudah dimengerti siswa.

2. Membentuk kebiasaan belajar yang baik

Kebiasaan belajar yang baik dapat dibentuk dengan cara adanya jadwal belajar.

3. Membantu kesulitan belajar peserta didik, baik secara individual maupun kelompok

Membantu kesulitan peserta didik dengan cara memperhatikan proses dan hasil belajarnya.  Dalam proses belajar terdapat beberap unsur antara lain yaitu penggunaan metode untuk mennyampaikan materi kepada para siswa. Metode yang menarik yaitu dengan gambar dan tulisan warna-warni akan menarik siswa untuk  mencatat dan  mempelajari materi yang telah disampaikan.

4. Menjelaskan tujuan kepada peserta didik

Pada permulaan belajar mengajar seharusnya terlebih dahulu seorang guru menjelaskan mengenai Tujuan Instruksional Khusus yang akan dicapainya kepada siswa. Makin jelas tujuan maka makin besar pula motivasi dalam belajar.

5. Memberikan Hadiah

Hadiah akan memacu semangat mereka untuk bisa belajar lebih giat lagi. Berikan hadiah untuk siswa yang berprestasi. Di samping itu, siswa yang belum berprestasi akan termotivasi untuk bisa mengejar siswa yang berprestasi.

6. Menggunakan metode yang bervariasi

Meningkatkan motivasi belajar dengan menggunakan metode pembelajaran yang variasi. Metode yang bervariasi akan sangat membantu dalam proses belajar dan mengajar. Dengan adanya metode yang baru akan mempermudah guru untuk menyampaikan materi pada siswa.

7. Menggunakan media pembelajaran yang baik, serta harus sesuai dengan tujuan pembelajaran.

8. Saingan atau kompetisi

Guru berusaha mengadakan persaingan di antara siswanya untuk meningkatkan prestasi belajarnya, berusaha memperbaiki hasil prestasi yang telah dicapai sebelumnya.

9. Pujian

Siswa yang berprestasi sudah sewajarnya untuk diberikan penghargaan atau pujian. Pujian yang diberikan bersifat membangun. Dengan pujian siswa akan lebih termotivasi untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik lagi.

10. Hukuman

Cara meningkatkan motivasi belajar dengan memberikan hukuman. Hukuman akan diberikan kepada siswa yang berbuat kesalahan saat proses belajar mengajar. Hukuman ini diberikan dengan harapan agar siswa tersebut mau merubah diri dan berusaha memacu motivasi belajarnya. Bentuk hukuman yang diberikan kepada siswa adalah hukuman yang bersifat mendidik seperti mencari artikel, mengarang dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan mengenai Strategi Belajar dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar, semoga bermanfaat.

(Baca juga Konsep dari Belajar, dan Teori Belajar Kognitif).

Kata Kunci:

strategi belajar,pengertian strategi belajar,strategi belajar siswa,upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar,keberhasilan belajar dan berbagai upaya untuk memotifasi siswa dalam belajar,teori apa yang cocok untuk meningkatkan pembelajaran siswa,strategi meningkatkan motivasi belajar,strategi mengembangkan motivasi,strategi motivasi belajar siswa,strategi pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa
Strategi Belajar dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar | Wawang Armansyah | 4.5