Sansevieria atau Tanaman Lidah Mertua yang Kaya Manfaat

Tuesday, April 21st, 2015 - Biologi

Bunga sansevieria atau yang lebih dikenal dengan bunga lidah mertua merupakan marga tanaman hias yang cukup populer di Indonesia. Bunga lidah mertua sering kali digunakan sebagai penghias interior rumah karena tanaman ini bisa tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan dengan kondisi cahaya matahari yang minim. Tanaman lidah mertua ini memiliki karakteristik daun yang keras, tegak, sukulen, dengan ujung-ujung daun yang meruncing.

Tanaman Lidah Mertua

Tanaman Lidah Mertua

Tanaman Lidah Mertua

Selain bentuknya yang cantik dan mudah dipelihara, bunga lidah mertua ini punya banyak sekali kelebihan. Bunga lidah mertua diketahui dapat menyerap lebih dari 107 jenis polutan di daerah padat lalu lintas dan ruangan yang penuh asap rokok. Tidak hanya itu, tanaman hias ini juga mampu menyerap radiasi yang dipancarkan dari peralatan elektronik di dalam rumah.

Keistimewaan Bunga Lidah Mertua

Berikut ini merupakan beberapa keistimewaan dan manfaat dari tanaman lidah mertua atau sansevieria.

  • Sansevieria atau bunga lidah mertua merupakan jenis tanaman hias dengan tingkat penyerapan paling tinggi terhadap polutan. Sangat cocok dipelihara di dalam rumah yang berada di daerah yang memiliki tingkat polusi dan radiasi tinggi.
  • Cara merawat tanaman ini sangat mudah dan murah karena bisa hidup dalam kondisi air dan cahaya matahari yang minim.
  • Mampu menghasilkan zat O2 (oksigen) dalam jumlah yang melimpah tanpa menghasilkan zat CO2 sehingga sangat cocok di taruh di dalam ruangan, terlebih untuk anda para perokok supaya asap rokok anda tidak meracuni penghuni rumah lainnya.

Manfaat Bunga Lidah Mertua

  1. Kerap dimanfaatkan sebagai pagar rumah pembatas wilayah karena sifatnya yang keras dan indah.
  2. Orang-orang Jepang kerap memanfaatkan serat bunga lidah mertua ini sebagai bahan pembuat kain dan kreasi anyaman.
  3. Bunga lidah mertua akan menghasilkan wangi yang lembut ketika sore hari, apalagi ketika sedang berbunga sehingga sangat cocok sebagai pereda stress atau sebagai aromatheray dan penyerap bau. Beberapa orang kerap menyimpannya di kamar mandi dan dapur.
  4. Bunga lidah mertua digunakan sebagai bahan parfum di beberapa negara maju, seperti China dan Prancis dan beberapa negara lainnya.
  5. Getah lidah mertua dapat digunakan sebagai obat antiseptik alami.
  6. Akar lidah mertua dapat dimanfaatkan sebagai penyegar rambut atau bisa digunakan sebagai hair tonik dan juga obat untuk mengatasi wasir.
  7. Daun lidah mertua dapat menyembuhkan sakit kepala dengan cara dibakar.
  8. Daun lidah mertua dapat dijadikan sebagai obat diabetes dengan cara direbus, dan diambil air rebusannya sebagai minuman.
  9. Mampu mereduksi radiasi gelombang elektromagnetik yang dihasilkan dari komputer dan televisi, sehingga tanaman ini sangat baik di simpan di ruang kerja atau di ruang keluarga.
  10. Ternyata ada banyak sekali manfaat bunga lidah mertua. Karenanya, tidak ada salahnya mencoba untuk menanam tanaman hias ini di pekarangan rumah kita.

Morfologi dan Fisiologi Sansevieria atau Bunga Lidah Mertua

Sansevieria atau lidah mertua adalah marga tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Sansevieria memiliki daun keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing.

Sanseviera dikenal dengan sebutan tanaman lidah mertua karena bentuknya yang tajam. Sanseviera tak hanya sebagai tanaman hias, tapi juga memiliki manfaat untuk menyuburkan rambut, mengobati diabetes, wasir, hingga kanker ganas. Sementara seratnya digunakan sebagai bahan pakaian. Di Jepang, Sanseviera digunakan untuk menghilangkan bau perabotan rumah di ruangan. Dibanding tumbuhan lain, Sanseviera memiliki keistimewaan menyerap bahan beracun, seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene.

Sansevieria dibagi menjadi dua jenis, yaitu jenis yang tumbuh memanjang ke atas dengan ukuran 50–75 cm dan jenis berdaun pendek melingkar dalam bentuk roset dengan panjang 8 cm dan lebar 3–6 cm. Kelompok panjang memiliki daun meruncing seperti mata pedang, dan karena ini ada yang menyebut Sansevieria sebagai tanaman pedang-pedangan.

Tumbuhan ini berdaun tebal dan memiliki kandungan air sukulen, sehingga tahan kekeringan. Namun dalam kondisi lembap atau basah, sansiviera bisa tumbuh subur. Warna daun Sansevieria beragam, mulai hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak, dan warna kombinasi putih kuning atau hijau kuning. Motif alur atau garis-garis yang terdapat pada helai daun juga bervariasi, ada yang mengikuti arah serat daun, tidak beraturan, dan ada juga yang zig-zag.

Keistimewaan lidah mertua adalah memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan. Penelitian NASA bekerja sama dengan ALCA telah menemukan bukti-bukti bahwa tanaman ini secara alami mampu mengurangi polusi tersebut.

Ditinjau berdasarkan jenisnya sansevieria ada dua jenis yakni yang pertama yaitu sansevieria keturunan asli/spesies sedangkan yang kedua adalah jenis hasil persilangan/hibridasi yang bisa disebut dengan jenis sansevieria hibrid.

Dari bentuk hibrid inilah sansevieria akan tercipta dengan karakter dan fisik yang berbeda dari induknya atau yang sering disebut dengan spesies hibrid atau sansevieria hibrid. Mutasi sansevieria juga dapat terjadi dari perbanyakan melalui stek daun.

Demikian ulasan mengenai Sansevieria atau Tanaman Lidah Mertua yang Kaya Manfaat, semoga bermanfaat.

[Lihat juga Perkembangbiakan Tumbuhan, dan Tumbuhan Langka].

Kata Kunci:

bunga lidah mertua,lidah mertua,Olahan Sansevieria untuk diabetes,manfaat tanaman sansivera,manfaat sanseviera untuk minuman,manfaat lidah mertua dan bunga matahari dan ciri cirinya,manfaat lidah mertua dalam ruangan,manfaat lida mertua untuk kamar mandi,lidah mertua sansivera,laporan tentang keunggulan dan manfaat tanaman hias
Sansevieria atau Tanaman Lidah Mertua yang Kaya Manfaat | Wawang Armansyah | 4.5