Cara Belajar dengan Baik

Saturday, May 2nd, 2015 - Belajar, Cara

Cara Belajar dengan Baik – Banyak cara belajar dengan baik, namun untuk kali ini Belajar Bagus akan berbagi cara yang mungkin akan berbeda dari sebagian besar cara belajar yang pernah anda dapatkan. Sobat, tinggal hitungan jari lagi liburan sekolah usai. Mengetahui cara belajar yang benar, tentunya seseorang ingin mendapatkan ilmu yang banyak, bermanfaat. Lebih-lebih mendapatkan prestasi yang membanggakan.

Cara Belajar dengan Baik

Cara Belajar dengan Baik

Cara Belajar dengan Baik

Untuk itu, berikut saya paparkan cara belajar dengan baik.

1. Tanamkan rasa senang belajar

Tumbuhkan di hati bahwa belajar adalah sesuatu yang menyegarkan. Hadapi dengan penuh keceriaan dan hati bahagia. Aktivitas apapun jika dikerjakan dengan hati senang hasilnya akan memuaskan.

2. Konsentrasi penuh

Usahakan untuk berkonsentrasi penuh saat guru mengajar dalam kelas.

3. Membuat catatan sendiri

Menulis kembali pelajaran yang telah diajarkan juga akan membantu, karena sama juga dengan membaca.

4. Baca ulang dan buat kesimpulan sendiri

Setelah membaca ulang pelajaran, cobalah buat kesimpulan dengan kalimatmu sendiri. Ini akan membantu agar materi tersebut membekas tajam dalam memorimu.

5. Mengajari teman

Mengulang pelajaran tidak harus membaca atau menulis ulang pelajaran tapi bisa juga dengan mengajari teman tentang materi yang baru saja diulang. Jangan ragu atau pelit berbagi ilmu dengan teman! Ingat, ilmu itu semakin dibagi akan semakin bertambah.

Menurut penelitian, kita akan mengingat 5% dari yang kita dengar, 10% dari yang kita baca, 20% dari yang kita dengar dan baca, 30% dari yang diperagakan, 50% dari diskusi kelompok, 75% dari yang kita latihan/praktek, 90% dari yang kita ajarkan. Jadi berlomba-lombalah untuk lebih duluan belajar, sehingga bisa mengajari teman. Selain itu, ilmu yang kita ajarkan akan bermanfaat dan mendatangkan pahala.

6. Jangan belajar mendadak

Hindari belajar mendadak sebelum ulangan karena kurang efektif.

Buat ringkasan atau kesimpulan pada setiap pelajaran!

Jangan lupa untuk selalu membuat ringksan atau kesimpulan pada setiap pelajaran. Kalau perlu, pakai tabel atau gambar ilustrasi supaya mudah diingat.

7. Istirahat yang cukup

Badan yang capek akan tidak baik bagi otak kita. Selain itu, konsentrai juga akan sulit tercapai. Bagilah waktu belajar, bermain, dan istirahat secara seimbang! Yang terpenting, hindari begadang karena dampaknya kurang baik bagi kesehatan.

8. Ulangi kembali pelajaran yang didapat

Setelah di rumah, baca kembali pelajaran yang telah kamu dapatkan di sekolah. Baca juga pelajaran yang akan diajarkan esok hari secara singkat, buat kerangkanya saja. Begitu pelajaran itu diterangkan esoknya, kamu sudah mempunyai gambaran. Dan sepulang sekolah kamu tinggal mengulang untuk bikin kesimpulan atau ringkasan saja.

9. Menghafal menjelang tidur

Jika kamu ingin menghafal, misalnya UUD dan semacamnya, sebaiknya dilakukan menjelang tidur. Karena disaat tersebut kamu akan lebih mudah ingat akan sesuatu yang kamu pelajari saat bangun pagi harinya. Usahakan tidur dalam kondisi remang (dengan pencahayaan sedikit), sehingga otak kita juga ikut sitirahat.

[Coba lihat Kesulitan Belajar]

10. Belajar kelompok

Belajar kelompok akan menjadi sangat menyenangkan karena ada temannya. Belajar secara kelompok sebaiknya mengajak teman yang pandai dan rajin belajar agar bisa termotivasi dan ketularan pintar.

11. Selalu disiplin dan tekun belajar

Yang penting di sini adalah kualitas belajarnya. Walaupun hanya 1-2 jam sehari tapi kalau dilakukan setiap hari pasti akan lebih baik dari pada belajar yang sangat lama oada waktu tertentu saja. Misalnya hanya belajar kalau ada ulangan atau ujian saja..

12. Bagi yang sudah mau ujian, jangan takut atau cemas

Apakah kamu sudah mau ujian tapi merasa belum siap? Jangan takut atau cemas, kesempatan akan selalu ada jika kita pandai mengambilnya. Belajar dari sekarang belum terlambat, karena sesuatu yang terlambat sebenarnya sesuatu yang tidak pernah dimulai. Jadi mulai dari sekarang, belajarlah yang baik, karena jka kita berniat sungguh-sungguh, berusaha keras dan berdo’a dengan khusu’ maka impian kita akan jadi kenyataan.

13. Bersungguh-sungguh dan berdo’a

Mau berusaha dan bekerja keras. Hal ini mutlak diperlukan, karena semuanya butuh disiplin dan tekad yang kuat untuk menjadi lebih baik. Serta yang paling utama adalah berdo’a hanya kepada yang Maha menentukan. Maka selalu berdo’alah dengan khusu’ agar diberi kemudahan.

Nach Cara Belajar dengan Baik di atas bisa anda terapkan, dan semoga semuanya dapat berjalan dengan baik sehingga usaha anda untuk mencapai tujuan dapat dimudahkan dengan cara di atas.

Baca juga Belajar Adobe Illustrator.

Cara Belajar dengan Baik | Wawang Armansyah | 4.5