Doa Buka Puasa di Bulan Suci Ramadhan 1437 H 2016 M

Monday, June 1st, 2015 - Doa, Puasa, Ramadhan

Doa Buka Puasa – Berpuasa di bulan suci Ramadhan setiap harinya di akhiri dengan berbuka puasa. Doa buka puasa seyogyanya dilakukan sebelum berbuka puasa agar nantinya puasa yang kita jalannka lebih mendapatkan pahala yang berlebih dari Allah SWT. Berbuka puasa merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu bagi siapa saja yang menjalankan ibadah puasa. Setelah seharian menahan haus dan lapar serta segala hal yang membatalkan puasa, berbuka puasa merupakan suatu hal yang dapat meredakan lapar dan dahaga.

Doa Buka Puasa

Doa Buka Puasa

Doa Buka Puasa

Namun penting untuk diketahui bahwa makna berpuasa bukannlah hanya menahan haus dan lapar, namun juga seseorang harus menaha diri dari berbagai hal yang dilarag oleh Allah, karena kesemua hal yang dilarang oleh Allah bisa saja membatalkan puasa. Nah sebaknya sebelum berbuka puasa alangkah baiknya jika kita membaca doa buka puasa. Berikut ini doa buka puasa yang bisa penulis bagikan kepada sahabat.

Doa buka puasa di bulan suci Ramadhan

doa-buka-puasa-1

Dibaca

“Allahuma laka shumtu wabika amantu wa ‘ala rizqika aftartu birahmatika ya arhama rohimin”.

Artinya:

“Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rizki-Mu aku berbuka, Maha besar Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang”.

Tetapi bagi sebagian orang, berbuka puasa tetap saja berbuka dengan nafsu ingin mengenyangkan diri sekenyang yang diinginkan. Ketika berbuka, langsung menyiapkan makanan yang banyak. Ketika berbuka, seluruh hidangan langsung disantap hingga perut terasa kenyang. Kemudian setelah kenyang, terasa malas untuk melakukan shalat maghrib. Apalagi melakukan kegiatan ibadah yang lainnya seperti shalat tarawih.

Tata cara berbuka puasa yang baik bagi kesehatan

Hal yang demikian merupakan cara berbuka yang tidak baik. Rasulullah mengajarkan berbuka puasa dengan sederhana dan penuh dengan adab. Bagaimana tata cara berbuka puasa yang baik dan benar sesuai dengan sunnah. Menurut Para Pakar Kesehatan dan Ahli Islam Berikut adalah Tata cara berbuka puasa yang telah direkomendasi.

1. Persiapan berbuka

Tentunya ketika hendak berbuka menyiapkan beberapa hidangan untuk buka. Tidak usah terlalu banyak, yang penting bisa membatalkan puasa dan mengisi perut yang kosong. Sunah Rasulullah adalah berbuka dengan yang manis. Maksud manis di sini adalah kurma (bukan Teh Botol ). Jika tidak ada kurma, tentu bisa diganti dengan makanan manis lainnya. Salah satu sunnahnya adalah dengan satu gelas air putih dan tiga buah kurma.

2. Mendengarkan adzan hingga selesai

Ketika adzan dikumandangkan, hendaknya kita mendengarkan adzannya dulu hingga selesai. Namun hal ini terkadang sulit untuk dilakukan. Mengingat adzan yang dilakukan oleh masyarakat kita adalah adzan yang cukup lama (keburu laper lagi dong ). Oleh karena itu, bagi para muadzin khusus pada bulan puasa sebaiknya melakukan adzan itu mirip dengan iqomah tetapi tidak terlalu cepat. Sambil mendengarkan adzan, tentunya kita juga menjawab adzan tersebut. Untungnya di tempat saya adzannya tidak terlalu lama. Setelah mendengarkan adzan, kita baca do’a setelah adzan.

3. Batalkan puasa dengan minum air dan makanan

Membatalkan Puasa Dengan Segelas Air Putih Itu adalah Sunah Rasul, dan jika berbuka Sebaiknya yang Manis Manis Didahulukan, kenapa Bukan Makanan yang mengenyankan Karena nanti kita tidak dapat melakukan aktifitas ibadah sebab terlalu kenyan, jadi sebaiknya berbukalah dengan Sewajarnya.

4. Shalat, berdoa, kemudian makan lagi bila perlu

Setelah berbuka, langsung kita ambil air wudhu kemudian shalat maghrib. Dilanjutkan dengan membaca wirid dan berdo’a. Setelah selesai shalat dan berdo’a, barulah kita lanjutkan dengan makan jika masih merasa lapar. Tetapi tentunya jangan sampai kekenyangan pula, karena kita harus persiapkan kondisi yang nyaman untuk melakukan shalat tarawih.

Emm terus terang penulis juga kadang berbuka puasa sampai kekenyangan, namanya juga manusia biasa. Akan tetapi berusaha untuk melakukan yang terbaik dengan mengetahui hal-hal yang baik dalam berpuasa seperti doa buka puasa dan tata cara berbuka puasa yang baik bagi kesehatan kemudian merealisasikannya. Satu lagi semoga share di atas bermanfaat bagi kita semua.

Lihat juga Doa Sholat Tarawih, dan Keutamaan Bulan Ramadhan.

Doa Buka Puasa di Bulan Suci Ramadhan 1437 H 2016 M | Wawang Armansyah | 4.5