Doa Sholat Tarawih di Bulan Penuh Berkah Bulan Suci Ramadhan

Thursday, June 18th, 2015 - Ramadhan

Doa Sholat TarawihDoa sholat tarawih merupakan doa yang dipanjatkan kehadirat Allah SWT setelah mengerjakan sholat tarawih baik secara berjamaah maupun dikerjakan sendirian. Sholat Sunnah Tarawih meupakan salah satu sholat sunah yang dikerjakan pada malam hari setelah mengerjakan Sholat Wajib Isya sampai waktu sholat subuh di bulan suci Ramadhan. Hukum mengerjakan sholat tarawih sendiri yakni sunnah muakkad artinya sunnah yang sangat di anjurkan untuk dikerjakan bagi setiap Pria, wanita dan remaja yang sudah baligh dan sehat karena Sholat Sunah Tarawih mempunyai banyak sekali keutamaan dan keistimewaan’nya sehingga sangat disayangkan jika anda tidak mengerjakan sholat sunnah tarawih di bulan ramadhan.

Doa Sholat Tarawih

doa-sholat-tarawih

Artinya:

doa-sholat-tarawih-1

Setelah anda selesai mengerjakan Sholat Tarawih anda bisa membaca Doa Setelah Sholat Tarawih seperti Dzikir Istighfar, Sholawat Nabi Muhammad SAW, Bacaan Tasbih dan Tahmid karena hal tersebut bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kemudian setelah selesai Dzikir setelah sholat tarawih maka bisa dilanjutkan dengan membaca Bacaan Doa Setelah Sholat Tarawih di Bulan Puasa.

Beberapa Hadits Terkait – Doa Sholat Tarawih

Selain penjelasan mengenai doa sholat tarawih, berikut ini juga penulis juga akan sedikit membagikan beberapa hadist terkait dengan sholat tarawih itu sendiri.

“Sesungguhnya rasulullah S.A.W pada suatu malam salat di masjid lalu para sahabat mengikuti salat Dia, kemudian pada malam berikutnya (malam kedua) Dia salat maka manusia semakin banyak (yang mengikuti salat nabi), kemudian mereka berkumpul pada malam ketiga atau malam keempat. Maka rasulullah S.A.W tidak keluar pada mereka, lalu ketika pagi harinya Dia bersabda: ‘Sungguh aku telah melihat apa yang telah kalian lakukan, dan tidaklah ada yang mencegahku keluar kepada kalian kecuali sesungguhnya aku khawatir akan diwajibkan pada kalian,’ dan (peristiwa) itu terjadi di bulan Ramadan.” (Muttafaqun ‘alaih).

“Dari Jabir bin Abdullah radyillahu ‘anhum, ia berkata: Rasulullah S.A.W pernah salat bersama kami di bulan Ramadan (sebanyak) delapan raka’at dan witir (satu raka’at). Maka pada hari berikutnya kami berkumpul di masjid dan mengharap dia keluar (untuk salat), tetapi tidak keluar hingga masuk waktu pagi, kemudian kami masuk kepadanya, lalu kami berkata: Ya Rasulullah ! Tadi malam kami telah berkumpul di masjid dan kami harapkan engkau mau salat bersama kami, maka sabdanya “Sesungguhnya aku khawatir (salat itu) akan diwajibkan atas kamu sekalian”.(Hadits Riwayat Thabrani dan Ibnu Nashr).

“Aku perhatikan salat malam rasulullah S.A.W, yaitu (Ia) salat dua raka’at yang ringan, kemudian ia salat dua raka’at yang panjang sekali, kemudian salat dua raka’at, dan dua raka’at ini tidak sepanjang dua raka’at sebelumnya, kemudian salat dua raka’at (tidak sepanjang dua raka’at sebelumnya), kemudian salat dua raka’at (tidak sepanjang dua raka’at sebelumnya), kemudian salat dua raka’at (tidak sepanjang dua raka’at sebelumnya), kemudian witir satu raka’at, yang demikian adalah 13 raka’at”.Diriwayatkan oleh Malik, Muslim, Abu Awanah, Abu Dawud dan Ibnu Nashr.

“Dari Abi Salamah bin Abdurrahman bahwasanya ia bertanya kepada ‘Aisyah radyillahu anha tentang salat rasulullah S.A.W di bulan Ramadan. Maka ia menjawab ; Tidak pernah rasulullah S.A.W kerjakan (tathawwu’) di bulan Ramadan dan tidak pula di lainnya lebih dari sebelas raka’at 1) (yaitu) ia salat empat (raka’at) jangan engkau tanya tentang bagus dan panjangnya, kemudian ia salat empat (raka’at) 2) jangan engkau tanya panjang dan bagusnya kemudian ia salat tiga raka’at”.[Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim].

Demikian penjelasan mengenai Doa Sholat Tarawih yang bisa menjadi pegangan sahabat setelah selesai mengerjakan sholat tarawih di bulan suci Ramadhan. Dan semoga bermanfaat bagi kita semua, juga apabila ada kekeliruan dalam pembahasan di atas mohon saran dari sahabat.

Lihat juga Bacaan Niat Sholat Tarawih, dan Kata kata Ramadhan.

Doa Sholat Tarawih di Bulan Penuh Berkah Bulan Suci Ramadhan | Wawang Armansyah | 4.5