Jadwal Buka Puasa 1436 H Tahun 2015 Khusus Wilayah Makassar dan Sekitarnya

Friday, June 19th, 2015 - Puasa, Ramadhan

Jadwal Buka Puasa – Berikut akan dibagikan kepada sahabat jadwal buka puasa 1436 H tahun 2015 M khusus wilayah Makassar dan sekitarnya. Bulan puasa merupakan bulan yang penuh berkah bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa wajib. Jadwal buka puasa 1436 H tahun 2015 M berikut khusus untuk wilayah Makassar dan sekitarnya.

Jadwal Buka Puasa

Jadwal Buka Puasa

Jadwal Buka Puasa

Tidak hanya jadwal buka puasa 1436 H tahun 2015 M yang terdapat di jadwal yang akan kami bagikan kepada sahabat, namun tersedia juga jadwal imsak puasa dan jadwal shalat lima waktu. Nach berikut ini jadwal buka puasa khusus wilayah Makassar dan sekitarnya:

Beberapa Sunnah-sunnah saat Jadwal Buka Puasa Ramadhan Tiba

Sunna merupakan apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak apa-apa.

1. Berdo’a ketika berbuka dengan do’a yang shahih

Dari Abdullah bin ‘Amr al ‘Ash berkata bahwa Rasulullah bersabda,

“Sesungguhnya bagi orang berpuasa, pada waktu berbuka tersedia do’a yang makbul, diantaranya dengan membaca: Doa Buka Puasa

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِى وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ أَنْتَغْفِرْلِيْ.

Artinya:

“Ya Allah, aku memohon ampun kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu”.(HR. Ibnu Majah)

Kemudian diriwayatkan dari Ibnu Umar ra ia berkata bahwa Rasulullah SAW bila telah berbuka puasa, beliau membaca:

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَ ثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْشَاءَ اللهُ.

Artinya:

“Telah pergi rasa haus dan menjadi basah semua urat, dan pahala telah tetap, insyaa Allah”. (HR. Abu Dawud dan An-Nasa’i)

Dan apabila seseorang yang berpuasa mendapatkan makanan berbuka dari orang lain, maka disunnahkan kepadanya untuk berdo’a:

أَفْطَرَ عِنْدَكُمْ الصَّائِمُوْنَ وَ أَكَلَ طَعَامَكُمْ الْأَبْرَارُ وَ صَلَّتْ عَلَيْكُمْ الْمَلاَئِكَةُ.

Artinya:

“Telah berbuka di tempatmu orang-orang yang berpuasa, makananmu telah dikonsumsi oleh orang-orang yang bertaqwa, dan malaikat telah memanjaatkan do’a untukmu”. (HR. Abu Dawud)

2. Ta’jil

Yaitu menyegerakan berbuka puasa sebelum menunaikan sholat maghrib.

Dari Sahl bin Sa’ad ra bahwasanya Rasulullah saw bersabda,

لَا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيٍرٍ مَا عَجَلُّوْا الفِطْرَ

Artinya:

“Senantiasa manusia (umat Islam) dalam keadaan baik selama ia menta’jilkan (menyegerakan) berbuka“. (HR. Bukhari dan Muslim)

Dan dari Anas ra ia berkata,

يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَ تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُتْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ.

Artinya:

“Rasulullah berbuka dengan beberapa butir ruthab (kurma basah yang baru masak) sebelum sholat maghrib, bila tidak ada (beliau) berbuka dengan beberapa butir tamar (kurma kering), kalau tidak ada (beliau) minum beberapa teguk air”. (HR. Abu Dawud)

Begitu juga dengan hadits Qudsi dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah saw bersabda,

قَالَ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ: أَحَبَّ عِبَادِى إِلَىَّ أَعْجَلُهُمْ فِطْرَا.

Artinya:

“Allah ‘azza wa jalla berfirman, “Hamba yang paling Aku cintai adalah yang paling sepat berbuka”.(HR. At-Tirmidzi)

3. Berbuka puasa dengan kurma

Dari Anas ra ia berkata,

يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَ تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُتْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ.

Artinya:

“Rasulullah berbuka dengan beberapa butir ruthab (kurma basah yang baru masak) sebelum sholat maghrib, bila tidak ada (beliau) berbuka dengan beberapa butir tamar (kurma kering), kalau tidak ada (beliau) minum beberapa teguk air”. (HR. Abu Dawud)

Dari Sulaiman bin ‘Amir ad-Dhobbiy ra, bahwasanya Rasulullah saw bersabda,

إِذَا إِفْطرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ لَمْ يَجِدْ

Artinya:

“Apabila salah seorang dari kamu berbuka, maka berbukalah dengan kurma. Jika tidak menemukan, berbukalah dengan air, karena sesungguhnya air itu pembersih”. (HR. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, dan Ibnu Majah)

4. Tidak berlebihan ketika berbuka

Rasulullah saw mengajarkan kepada umatnya untuk tidak memenuhi hawa-nafsunya terhadap makanan yang dikonsumsinya. Beditupun saat menghadapi waktu berbuka puasa karena beliau saw bersabda,

مَا مَلأَ ابْنُ آدَمَ وِعَاءً شَرًّا مِنْ بَطْنٍ بِحَسَبِ ابْنِ آدَمَ لُقَيْمَاتٌ يُقِمْنَ صُلْبَهُ فَإِنْ كَانَ فَاعِلاً فَثُلُثُ لِطَعَامِهِ وَثُلُثُ لِشَرَابِهِ وَثُلُثٌ لِنَفَسِهِ

Artinya:

“Tidak ada tempat paling buruk yang dipenuhi isinya oleh manusia, kecuali perutnya, karena sebenarnya cukup baginya beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Kalaupun ia ingin makan, hendaknya ia atur dengan cara sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya, dan sepertiga lagi untuk nafasnya”. (HR. Ahmad, an-Nasa’i dan At-Tirmidzi)

Penentuan 1 Ramadhan dan 1 Syawwal 1436 H sesuai dengan Keputusan Menteri Agama RI yang merujuk kepada sidang itsbat. Itulah informasi Jadwal buka puasa Ramadhan khusus wilayah Makassar 1436 H tahun 2015 M yang dapat dibagikan kepada sahabat, terima kasih semoga bermanfaat, mari berlomba-lomba dalam kebaikan selama bulan ramadhan, salah satunya dengan share info ini ke teman-teman anda di facebook, BBM, maupun twitter juga google plus, mudah-mudahan Allah SWT menjadikan perbuatan baik kita sebagai ibdah di sisiNya, Insya Allah.

Lihat juga Doa Malam Lailatul Qadar, dan Jadwal Puasa.

Jadwal Buka Puasa 1436 H Tahun 2015 Khusus Wilayah Makassar dan Sekitarnya | Wawang Armansyah | 4.5