Keutamaan Bulan Ramadhan

Thursday, June 4th, 2015 - Puasa, Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan – Begitu banyak keutamaan bulan Ramadhan bulan suci umat Islam di muka bumi. Telah diwajibkan kepada umat Islam untuk berpuasa sebulan penuh pada bulan Ramadhan. Bulan kesembilan pada penanggalan Hijriah ini memiliki banyak keutaaman bagi umat Islam, bahkan beberapa menyebutnya bulan seribu bulan.

Keutamaan Bulan Ramadhan

Khusus pada bulan Ramadhan ini, amal kebaikan umat Islam akan dibalas dengan berkah pahala yang berlipat ganda, bahkan bila kita menjalani puasa dengan sempurna, ketika hari lebaran datang, kita akan bersih dari dosa seperti bayi yang baru lahir kembali. Maka kita sebagai umat muslim sudah seharusnya tidak melewatkan bulan Ramadhan dengan kegiatan yang sia-sia, agar lebih termotivasi menjalani bulan puasa dan lebih memahami makna bulan ramadhan itu sendiri, mari kita ketahui bersama apa saja keutamaan bulan Ramadhan, bulan penuh berkah.

Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan

1. Al Qur’an Diturunkan pada Bulan Ramadhan

Keutamaan bulan Ramadhan yang pertama yaitu sebagai bulan di mana Al Qur’an diturunkan kepada Rasulullah Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi segenap umat Islam. Pada bulan Ramadhan, Al Qur’an pertama kali diturunkan yaitu tepatnya pada malam ke 17 Bulan Ramadhan. Dalam artian keutamaan ini memberikan bukti bahwa betapa mulianya bulan Ramadhan sehingga Al Qur’an pertama kali diturunkan pada bulan suci ini bukan di bulan-bulan Hijriah lainnya.

2. Setan-setan Dibelenggu, Pintu-pintu Neraka Ditutup dan Pintu-pintu Surga Dibuka Ketika Ramadhan Tiba

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

Artinya:

“Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.” (HR. Muslim)

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah mengatakan,”Pintu-pintu surga dibuka pada bulan ini karena banyaknya amal saleh dikerjakan sekaligus untuk memotivasi umat islam untuk melakukan kebaikan. Pintu-pintu neraka ditutup karena sedikitnya maksiat yang dilakukan oleh orang yang beriman. Setan-setan diikat kemudian dibelenggu, tidak dibiarkan lepas seperti di bulan selain Ramadhan.” (Majalis Syahri Ramadhan, hal. 4, Wazarotul Suunil Islamiyyah)

3. Diampuninya Dosa-dosa Di Bulan Suci Ramadhan

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

من صام رمضان إيماناً واحتساباً غُفر له ما تقدم من ذنبه

Artinya: 

“barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa – dosanya yang telah lalu “ (diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim).

Dalam hadits lain beliau bersabda :

رغم أنف رجل دخل عليه رمضان ثم انسلخ قبل أن يغفر له

 Artinya:

“celakalah seseorang, ia memasuki bulan Ramadhan kemudian melaluinya sedangkan dosanya belum diampuni “ (diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ahmad).

4. Dilipat Gandakan Pahala pada Bulan Ramadhan

Keutamaan bulan Ramadhan selanjutnya yakni pahala akan dilipatgandakan. Rasulullah shallallah alaihi wa sallam bersabda :

عمرة في رمضان تعدل حجة

Artinya:

“pahala umrah pada bulan Ramadhan menyamai pahala ibadah haji “ (diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim), Dalam riwayat Muslim disebutkan “……..menyamai pahala ibadah haji bersamaku “.

5. Lailatul Qadr Ada Di Bulan Ramadhan

Kemudian keutamaan bulan Ramadhan yakni adanya malam Lailatul Qadr. Lailatul Qadr (malam kemuliaan) adalah suatu malam yang ada pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, yang mana malam tersebut memiliki banyak sekali barakah dan kemuliaan, bahkan satu malam tersebut lebih baik dari seribu bulan.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar “ (Al Qadr : 1-5)

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“sesungguhnya bulan (Ramadhan) telah dating kepada kalian, di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan, barang siapa yang tidak mendapatinya maka ia telah kehilangan banyak sekali kebaikan “ (diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan dihasankan oleh Al Mundziry)

6. Puasa Ramadhan Salah Satu Sebab Masuk Surga

Pada masa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ada dua orang dari bani Qudha’ah yang masuk islam, kemudian salah seorang dari mereka mati syahid, sementara yang satunya wafat setahun kemudian, salah seorang sahabat bernama Thalhah bin Ubaidillah radhiallahu anhu berkata : aku bermimpi melihat surga, lalu aku melihat orang yang wafat setahun kemudian tersebut masuk surga sebelum orang yang mati syahid, akupun terheran – heran, maka tatkala pagi hari aku memberitahu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, beliaupun bersabda :

“bukankah setelah itu (dalam waktu setahun) ia berpuasa Ramadhan, shalat enam ribu rakaat atau shalat sunnah beberapa rakaat ? “ (diriwayatkan oleh Ahmad dan dishahihkan oleh Albani)

7. Bulan Ramadhan Adalah Bulan Penuh Berkah, Rahmat, dan Mustajabnya Doa

Dan keutamaan bulan Ramadhan yang terakhir yakni sebagai bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, rahmat, dan mustajabnya doa. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

  • “telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh berkah ….. “ (diriwayatkan oleh An Nasai dan dishahihkan oleh Albani)
  • “apabila telah masuk bulan Ramadhan, maka dibukalah pintu – pintu rahmat, sedangkan pintu – pintu neraka jahannam ditutup, dan setanpun dibelenggu “ (diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dan ini adalah lafadz Muslim)
  • “sesungguhnya setiap muslim pada tiap siang dan malam hari – pada bulan Ramadhan – memiliki doa yang mustajab “ (diriwayatkan oleh Al Bazzar dan dishahihkan oleh Albani)

Demikian ulasan mengenai beberapa keutamaan bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat bagi kita semua serta apabila ada kesalahan itu karena penulis semata-mata hanyalah seseorang yang jauh dari kesempurnaan. Kritik dan sarannya terhadap penjelasan di atas sangat penulis harapkan. Terima kasih.

Baca juga Kumpulan Kata kata Ramadhan 1438 H Tahun 2017 M, dan Bacaan Niat Puasa Senin Kamis.

Keutamaan Bulan Ramadhan | Wawang Armansyah | 4.5