Manfaat Kurma sebagai Menu Berbuka Puasa

Wednesday, June 17th, 2015 - Puasa, Ramadhan

Manfaat Kurma – Marhaban ya Ramadhan, Berpuasa berarti menahan lapar selama waktu tertentu dan diwaktu magrib tiba, tibalah juga waktu berbuka puasa. Berbuka puasa dengan yang manis adalah sunnah Rasulullah seperti makan buah kurma yang telah diolah. Ternyata banyak manfaat kurma sebagai menu berbuka puasa di bulan suci Ramadhan.

Manfaat Kurma

Manfaat Kurma

Manfaat Kurma

Buah Kurma yang Identik dengan Masyarakat Arab ini merupakan buah dari pohon jenis Palma, dalam bahasa arab di kenal dengan nama Tamr dan dalam bahasa Latin buah Kurma memilki nama Latin Phoenix dactylifera. Untuk asal Muasal dari pohon kurma tidak di ketahui secara pasti di mana pohon ini berasal namun banyak yang pastinya pohon kurma banyak tumbuh di Timur Tengah tepatnya di Saudi Arabiah. Buah Kurma memiliki Kandungan Gula 80% selebihnya mengandung Protein, Lemak, Mineral dan Juga Temaga, Magensium, Besi dan Asam Folat, Buah Kurma Kaya akan Serat, sehingga Rasulullah sendiri menganjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma ketika akan berbuka puasa.

[Ketahui Tanda tanda Malam Lailatul Qadar Menyambut Bulan Suci Ramadhan]

Berbuka puasa di bulan suci Ramadhan dengan kurma tentunya akan dirasakan manfaatnya bagi tubuh. Berbagai kandungan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh seseorang yang baru menyelesaikan ibadah puasa Ramadhannya dalam sehari itu. Nach berikut ini akan dipaparkan berbagai manfaat kurma sebagai menu berbuka puasa di Bulan Suci Ramadhan.

Manfaat Kurma sebagai Menu Berbuka Puasa di Bulan Suci Ramadhan

Inilah manfaat buah kurma yang bisa diperoleh jika anda berbuka puasa dengan buah yang manis ini:

  1. Rasa yang manis akan membuat tenaga menjadi pulih setelah seharian berpuasa dan tentunya akan memberikan tenaga untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  2. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksida dismutase.
  3. Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah.
  4. Magnesium sangat penting bagi pertumbuhan tulang.
  5. Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.
  6. Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks, yaitu  piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah  dan metabolisme tulang.
  7. Kaum Arab Badui, yang makan kurma secara teratur, menunjukkan tingkat kejadian yang sangat rendah dari kanker dan penyakit jantung.
  8. Sebagai makanan laksatif (laxative food), manfaat kurma melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.
  9. Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.
  10. Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.
  11. Kurma adalah sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukan menjaga kulit tetap sehat. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A  diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
  12. Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah.
  13. Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf.

Dengan perkembangan distribusi antar negara, kini untuk mengkonsumsi buah kurma tidak perlu menunggu musim Haji, namun Buah kurma dapat kita temukan di Super market ataupun di pasar buah yang biasanya sudah menjual buah kurma yang kaya akan manfaat kurma tersebut. Satu lagi yang perlu penulis sarankan kepada sahabat, berbuka dengan apappun jika berlebihan tentunya akan berefek negatif, jadi berbuka puasalah dengan sewajarnya saja. Dan semoga penjelasan di atas bermanfaat bagi kita semua.

Lihat juga Jadwal Buka Puasa Khusu Wilayah Makassar dan Sekitarnya, dan Doa Buka Puasa.

Manfaat Kurma sebagai Menu Berbuka Puasa | Wawang Armansyah | 4.5